Literasi Digital

Libur Isra Miraj Senin 28 Februari 2022 Long Weekend Akan Digeser lagi? Berikut Penjelasan Kemenag

Libur Isra Miraj Senin 28 Februari 2022 sudah ditetapkan menjadi salah satu tanggal merah oleh pemerintah. Daftar libur nasional 2022 berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 dan Nomor 4 Tahun 2021.

Karena pada masa Pandemi Covid-19, Pemerintah sering mengubah waktu hari libur membuat banyak yang bertanya akankah diubah lagi? Jawabannya tanggal masih sesuai SKB 3 Menteri terbaru. Sehingga, akan menjadi libur panjang dari akhir pekan panjang atau long weekend.

Pemerintah tidak ada tanda-tanda mengubah tanggal merah yang bertepatan dengan long weekend. Jadi sepertinya hari libur Isra Miraj tetap seperti tanggal di kalender, yaitu tanggal 28 Februari 2022.

Libur Isra Miraj Senin 28 Februari dan Perjalanan Panjang Kisah Nabi Muhammad Saw

Para ulama telah meterima kesepakatan bahwa Isra Miraj tiba di satu malam 27 Rajab tahun kedelapan kenabian Rasullullah Muhammad Saw. Sekiranya dilihat dari Kalender Masehi, Isra Miraj tahun ini jatuh pada 28 Februari.

Isra Miraj adalah perjalanan penting yang dilaksanakan oleh Nabi untuk mendapatkan doa wajib 5 kali sehari. Dalam momen ini, Nabi dengan Malaikat Jibril mengiringi perjalanan Isra Miraj.

Sejarah Isra Miraj ditulis dalam surat dari Al-Quran bernama Al Isra. Pada ayat pertama, Allah SWT berkata, Nabi melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan naik ke Sidratul Muntaha untuk mendapatkan perintah salat langsung dari Tuhan.

Isra ‘dan Nabi Miraj Muhammad diimani umat Islam sebagai suatu perjalanan kebenaran. Sahabat Nabi Abu Bakar ketika ditanya tentang Isra dan Miraj menjawab orang-orang yang mempertanyakan sikapnya terhadap kisah Nabi Muhammad tersebut.

Kata Abu Bakar bahwa Nabi mengatakan kepada saya bahwa ada berita dari Tuhan dan saya percaya. Isra dan Miraj adalah bentuk Mukjizat dari Nabi Muhammad SAW. Umat Islam mengenang kisah tersebut menjadi bagian penting yang dilakukan Rasulullah.

Pemerintah Tidak Menggeser Hari Libur Panjang Isra Miraj

Sebelumnya pemerintah mengubah hari libur nasional yang membuat libur panjang, dengan tujuan agar tidak ada waktu long weekend. Karena masyarakat kerap memakainya sebagai waktu yang tepat untuk pergi ke luar kota. Seperti halnya Libur Isra Miraj Senin 28 Februari 2022 yang membuat terjadinya libur panjang.

Walau begitu, mengutip pemberitaan dari Kementerian Agama melalui Dirjen Bimbingan Islam, Kamarudin Amin. Ia mengatakan tanggal merah Isra Miraj berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri bernomor 963/2022. Isinya mengenai Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Artikel menarik lainnya: Ismail Marzuki Pahlawan Seorang Komponis yang Berjuang dengan Menciptakan Lagu

Kemenag Belum Menetapkan Tanggal Penting Perayaan Keagamaan Umat Islam 1 Ramadan 1443

Pemerintah atau Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan waktu awal menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah. Untuk diketahui, cara menentukan permulaan Ramadhan dan Idul Fitri, dilakukan dengan 2 cara, yaitu hisab dan juga rukyatul hilal.

Cara penentuan awal puasa Ramadan dan Idul Fitri harus dilakukan dengan perhitungan matematis dan astronomis. Selain itu, perlu dilakukan pengamatan langsung terhadap bulan. Lalu, keputusan dibuat dengan melakukan sidang isbat.

Sementara itu, Muhammadiyah telah membuat perkiraan permulaan puasa 1 Ramadhan dan Idul Fitri 2022. Dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, puasa Ramadhan tahun 2022 hari pertama diperkirakan tepat jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Demikian penjelasan mengenai Libur Isra Miraj Senin 28 Februari 2022 Long Weekend yang tidak diubah pemerintah.

Artikel menarik lainnya: Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 untuk Rekan Kerja, Teman, Keluarga, dan Bos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *