Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
literasi digitalUncategorized

Jadi 3 Digit Kode Negara Indonesia Secara Internasional itu IDN atau INA ?

Belakangan hari ada yang menarik yaitu berseliwerannya kode negara Indonesia yang digunakan untuk tagar kepentingan politik. Nah, penggunaan kode ternyata sudah ada aturannya dan tidak dibuat asal-asalan. Sehingga, ketika Anda menggunakan kode sebaiknya ketahui dulu, kode negara yang diakui secara internasional dan lembaga apa yang mengeluarkannya.

Misalnya begini, jika ingin mengangkat isu dalam negari, agar diketahui negara-negara internasional dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau UNITED Nations (UN), maka gunakaanlah kode dari PBB. Bukan kode dari lembaga lainnya, apalagi kode itu malah dikeluarkan dari organisasi olahraga.

Kan jadi aneh, mau protes masalah politik, sosial, atau kesehatan, namun kode yang dipakai malah kode olahraga. Memang olahraga baik baik bagi kesehatan, tapi tolong atuhlah gunakan kode negara dengan tepat.

Kode Negara Indonesia yang Dikeluarkan oleh PBB

Ada baiknya pembaca budiman tahu kode Negara Indonesia secara internasional yang dikeluarkan oleh PBB. Kenapa tulisan ini lebih menuliskan menuliskan kode negara dari PBB? Karena PBB sebagai lembaga internasional mengakui Hak-Hak Asasi Manusia dan dapat digunakan oleh bangsa-bangsa untuk menyuarakan penghargaan terhadap hak-hak dan kebebasan-kebebasan melalui jalan tindakan-tindakan progresif yang bersifat nasional maupun internasional.

PBB mengeluarkan 3 digit kode International Standards Organization (ISO) untuk negara-negara di dunia untuk berbagai kepentingan, seperti kode lokasi perdagangan dan transportasi. Lalu, apakah kode internasional untuk Negara Indonesia yang dikeluarkan oleh PBB?

3 digit kode Negara Indonesia berdasarkan standar organiasi internasional adalah IDN (Indonesia : IDN). Kode IDN tersebut sebagai nama pendek resmi dalam bahasa Inggris sesuai daftar kode ISO 3166-1-alpha-2. ISO 3166-1 adalah daftar sistem pengkodean standar untuk nama negara.

Daftar kode tersebut dipublikasikan pertama kali sejak tahun 1974 oleh International Organization for Standardization (ISO) yang terdiri atas tiga kode berbeda untuk setiap negara.

Kode tiga huruf tersebut sering digunakan pada acara-acara dengan peserta internasional dalam berbagai pertemuan negara internasional. Contoh singkatan negara lain, seperti CAN (untuk Kanada), DNK (untuk Denmark), AUS (untuk Australia).

Jadi demikianlah 3 digit kode negara yang dikeluarkan oleh PBB yang biasanya digunakn oleh negara-negara di dunia. Jangan lupa kode Indonesia adalah IDN. Kalau ada kode lainnya, seperti kode INA, maka ceklah penerbit kode tersebut. IDN sangat penting untuk menunjukkan kode Negara Indonesia dan dikenali secara resmi oleh negara-negara lain secara Internasional.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close