Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Literasi Digital

COD Belanja Online Viral, Sudah Tahu Belum Aturannya?

COD belanja online viral belakangan ini tampak pembeli memarahi kurir pengantar barang yang dibeli. Si pembeli membuka barang dan menolak melakukan pembayaran barang COD ketika menilai barang tak sesuai.

Dari ibu-ibu yang lok goblok goblokin kurir, minta uang dikembalikan, sampai beradu argumen dan pembeli merasa benar. Sebelum marah dan protes kepada kuris yuk ah ketahui dulu aturan COD belanja online, daripada sudah salah dan viral karena ketidak tahuan sendiri.

Berikut aturan belanja COD Shopee dan Tokopedia yang perlu diketahui pembeli.

Peraturan Pembayaran COD (Bayar di Tempat) Shopee

Bagi kamu yang melakukan jual beli melalui shopee sercahing dulu aturan pembayara COD (bayar di tempat atau buka Pusat Edukasi Penjual shopee. Marketplace ini sangat jelas membuat catatan:

Pembeli harus melakukan pembayaran kepada kurir sebelum menerima/membuka paket. Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2 kali dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD.

Selain itu dijelaskan pula bahwa hanya pesanan COD pertama s/d ke-6 kali tanpa biaya penanganan alias 0%. Bagi Pengguna lama, biayanya dihitung prorata, yaitu berdasarkan jumlah transaksi COD sebelum 25 Januari 2021. Ketika melakukan pesanan COD ke-7 dan seterusnya makan harus mengeluarkan biaya tambahan 3%.

Aturan mengenai Ketentuan Pembayaran COD di Tokopedia

Bagi kamu yang belanja di Tokopedia sebelum melakukan COD, baca dulu aturannya yang tertuang pada artikel Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat. Lalu, baca pada bagian pembeli. Pada poin 9 dituliskan bahwa Pembeli memberikan uang pembayaran kepada Mitra Kurir pada saat pesanan tiba di tujuan. Biayanya sesuai dengan jumlah yang tertera pada faktur tagihan/invoice.

Poin 10, ditegaskan kalau Pembeli tidak boleh membuka paket/kiriman Barang sampai memberikan uang pembayaran kepada Kurir. Jadi ingat pembeli tidak boleh membuka paket, kecuali sudah membayar COD pembelian di Tokopedia.

Kesimpulan

Demikian aturan COD alias bayar di tempat pembelian melalui Shopee dan Tokopedia. Jadi jangan marah-marah ke kurir. Kalau pembeli ingin melakukan protes dan ingin mengembalikan Barang harus melalui Tokopedia atau shopee.

Paket atau kiriman yang sudah dibuka dan dikembalikan atau retur, maka Pembeli herus membayar kepada Mitra Kurir. Selanjutnya, complain pengembalian Barang atau retur dilakukan melalui Pusat Resolusi kepada penjual.

Artikel menarik lainnya: Saring Sebelum Sharing Literasi Digital dari Kang Maman Bersama Tompi dan Glenn

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close