Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Literasi Digital

Cara Menghindari Informasi Hoax Virus Corona

Wabah  COVID-19 membuat kita mengalami ketakutan dan kabar burung berseliweran menjadi bingung mana yang benar atau tidak, maka harus tahu cara menghindari informasi hoax virus corona. Media online dan media sosial banyak sekali menyebar kabar palsu dan desas-desus tetang virus, bahkan ada pula yang mengatakan kalau virus tersebut sejenis senjata buatan manusia.

Syukurnya, pemerintah dan non pemerintah membuat banyak bahan edukasi untuk menghadapi masa darurat kesehatan yang terjadi di Indonesia. Informasi yang benar membuat kita dapat melewati kondisi saat ini sesuai fakta yang sebenarnya.

Mengindari Informasi Hoax Virus Corona dengan Membaca Berita dari Situs Web yang Dipercaya

Ketahui sumber informasi mengenai virus corona dari situs terpercaya, seperti dari Situs Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Situs web tersebut digunakan khusus mengenai informasi utama tentang virus corona di Indonesia yang dipaparkan oleh para ahli berbagai sudut pandang ilmu dan selalu diperbarui terus-menerus.

Dari situs tersebut memuat langkah-langkah yang diambil negara Indonesia dan Pemerintah Daerah untuk mencegah penyebaran virus, cara melindungi diri, dan berbagai protokol yang harus dilakukan menghadapi virus corona. Situs tersebut menjadi arus informasi utama bagi masyarakat untuk mengetahui kabar terbaru.

Ada pula situs lainnya yang dibuat oleh kementerian dan Pemerintah daerah terkait COVID-19. Berikut situs penting yang dapat menjadi rujukan dari sumber resmi terkait wabah virus corona di Indonesia:

  1. Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 :  https://www.covid19.go.id/
  2. Kementerian Kesehatan Indonesia : https://covid19.kemkes.go.id/
  3. Jakarta Tanggap COVID-19 :  https://corona.jakarta.go.id/id
  4. Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Pemerintah Jawa Barat : https://pikobar.jabarprov.go.id/

Gunakan juga situs web Organisasi Kesehatan Dunia terkait kondisi darurat yang terjadi di dunia saat ini. Halaman WHO terkait coronavirus, silakan kunjungi https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019.

Mari Dengarkan Instruksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

Pemerintah Pusat terus memberikan informasi terbaru terkiat instruksi yang harus dilakukan oleh warga se-Indonesia Raya. Begitu pula, Pemerintah Daerah pun membagikan berbagai kebijakan daerah yang diambil untuk mencegah penyebaran virus semakin besar. Ikuti arahan untuk tindakan pencegahan spesifik yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Selain situs web di atas, kamu juga bisa mencari informasi lain dari berita online dari media terpercaya dan jangan lupa diteliti dahulu kebenaran informasinya. Selain itu, informasi juga bisa dicari dengan google yang biasanya menunjukkan website di halaman pertama untuk direkomendasikan dengan informasi yang lebih tepat. Ikuti dan periksa pula halaman media sosial dari lembaga yang dipercaya. Hati-hati banyak informasi hoax dan dapat menyebar dengan cepat.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close