Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Literasi Digital

Cara Memilih Game Mendidik di Gadget untuk Anak Anda

Cari tahu lebih mendalam game yang dimainkan oleh anak-anak di gadget

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Ketika anak-anak menggunakan teknologi, kita harus ikut memilih game mendidik di gadget. Jangan biarkan anak terfokus menggunakan gadget tanpa pengawasan orang tua. Ada banyak permainan ‘Game’ yang bisa diunduh dan bermanfaat bagi anak-anak.

Anak bisa belajar berbagai keterampilan dari game yang dimainkannya. Saat memilih permainan di gadget pertimbangkan usia dan keterapilan yang sedang ingin anak pelajari.

Memilih Game Mendidik di Gadget dengan Mempertimbangkan Usia Anak Anda

Pertimbangkan usia anak saat memilih game di gadget. Tidak semua permainan di handphone layak bagi semua usia. Orang tua harus memikirkan umur anak saat memilihnya. Sebagian besar game di playstore telah mencantumkan usia yang disarankan. Sehhingga orang tua dapat memilih produk game yang tepat sesuai usia si kecil.

Ada banyak permainan yang tidak sesuai usia anak, seperti game berbau pembunuhan dan peperangan. Sehingga, game tersebut justru berbahaya bagi cara berpikir anak.

Tentukan Kegiatan yang Ingin Dilakukan oleh Anak

Permainan pendidikan yang tersedia untuk anak-anak sangat beragam. Pilihlah permainan yang orang tua ingin anak Anda pelajari. Misalnya, Keterampilan untuk mempelajari matematika dasar, keterampilan mengeja, atau bahasa asing.

Anda dapat mencoba berbagai jenis permainan yang berfokus pada hal-hal yang berbeda sehingga anak Anda memiliki kemampuan untuk mempelajari berbagai keterampilan.

Baca juga:

The Silent Killer itu Bernama Penyakit Hipertensi

Si Kecil Tidak Dapat Bicara Sesuai Usianya Mungkin Terjadi Gangguan Pendengaran Pada Anak

Pertimbangkan Minat Anak Anda.

Pertimbangkan minat anak Anda saat memilih game. Pilih permainan tertentu yang sesuai dengan kegiatan yang disukai anak dan juga dapat membantu mereka mempelajari keterampilan. Hal tersebut akan membantu anak-anak tetap tertarik untuk belajar. Bahkan dapat membantu mereka menyimpan lebih banyak informasi.

Misalnya, jika anak Anda suka musik, cari permainan yang terkait dengan musik. Bisa juga mencari game pendidikan bahasa asing atau matematika dengan diiringi musik. Anak-anak mungin akan tetap tertarik untuk memainkan game-nya. Jadi anak bisa belajar dua hal sekaligus, yaitu belajar bahasa asing atau matematika sekaligus mengenal musik.

Cari Ulasan Produk Game Mendidik di Gadget yang Ingin Dimainkan Anak

Sebelum mengunduh permainan, orang tua bisa mencari ulasan produk game. Anda bisa mencari informasi lainnya di mesin pencarian google atau langsung dari situs web pemasok game. Ulasan game dapat membantu Anda memutuskan apakah permainan tersebut layak atau tidak bagi anak Anda.

Misalnya, anak Anda ingin memainkan game robot, cari ulasan permainan untuk mengetahui bagaimana manfaatnya bagi anak. Cari tahu juga fitur apa yang terbaik untuk setiap permainan. Setelah mengetahui lebih dalam tentang game, And abisa memutuskan kalau permainan itu tepat untuk dimainkan oleh anak.

Mintalah Saran dari Orang Tua Lainnya atau Guru Sekolah

Cara lain untuk menemukan permainan di game mendidik di gadget adalah bertanya kepada orang lain yang mengetahui kondisi anak. Anda bisa mencari game yang terkait dengan pelajaran sekolah, maka mintalah bimbingan dari guru anak Anda tentang permainan jenis apa yang cocok dengan mata pelajarannya.

Orang tua juga dapat bertanya kepada teman dan kerabat untuk memilih permainan edukatif yang baik untuk anak-anak.  Teman atau kerabat mungkin dapat merekomendasikan permainan yang layak dimainkan oleh anak-anak Anda.

Sehingga, Anda memiliki opsi yang lebih baik untuk menentukan game bagi anak. Pendapat orang lain menjadi referensi untuk memilih permainan di gadget ditambah dengan ulasan produk yang dicari dari google atau website produk game.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close