Sat. May 18th, 2024
    Cara Membuat Kartu Nikah Online, DisiniCara Membuat Kartu Nikah Online, Disini

    Cara membuat kartu nikah online perlu diketahui karena Kementerian Agama (Kemenag) menghentikan kartu nikah fisik sejak Agustus 2021. Selanjutnya diterbitkan kartu nikah digital yang sudah diumumkan sejak akhir Mei 2021. Kartu nikah adalah dokumen resmi negara bagi pasangan yang sudah menikah dan sebagai bukti tanda pernikahan.

    Perubahan kartu nikah fisik ke kartu digital telah diputuskan dalam Surat Edaran Ditjen Bimas Islam Nomor B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021. Surat tersebut telah menadapat tandatangani Plt.Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Muhammad Adib Machrus.

    Sehingga, sejak bulan Agustus 2021, Kemenag tidak akan lagi menerbitkan kartu nikah fisik. Sedangkan sisanya akan dihabiskan. Oleh karena, bagi kamu yang mau menikah cari tahu cara cetak kartu nikah online.

    Cara Membuat Kartu Nikah Online dengan Mengakses Situs simkah.kemenag.go.id

    Pelayanan kartu nikah digital dapat diperoleh dan diakses pada  seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang terintegrasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web). Setidaknya terdapat 5.819 KUA yang telah dapat mengakses Simkah Web. Nantinya, Jumlah tersebut akan bertambah dan dilakukan peningkatan kualitas pelayanan di KUA.

    Pasangan yang menikah cukup mudah mendapatkan kartu nikah digital. Adapun cara membuat kartu nikah online sebagai berikut:

    1. Datang ke Kantor Urusan Agama tempat menikah.
    2. Pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah lewat Simkah Web di https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb.
    3. Mengisi data-data secara lengkap, seperti nomor telepon, dan alamat email aktif.
    4. Selanjutnya kartu nikah akan dikirim melalui email yang didaftarkan lewat Simkah Web dalam bentuk soft file.

    Jadi, kartu nikah digital dapat diterima pasangan pengantin setelah melakukan akad nikah. Namun untuk sementara masih melalui melalui email pengiriman tautan atau ‘link’ tersebut.

    Sementara itu, pasangan pengantin yang ingin mendapatkan kartu nikah fisik dapat mengajukan permohonan kepada Kepala KUA. Jika di KUA masih tersedia. Kartu nikah online bukan hanya diberikan kepada pasangan yang baru menikah. Tetapi bagi pasangan yang sudah lama menikah. Proses mengurusnya tidak butuh banyak syarat.

    Untuk diketahui kartu nikah digital bukan bukan pengganti buku nikah.  Jadi, pasangan pengantin tetap mendapatkan buku nikah fisik atau bisa juga cetak kartu nikah online.

    Kartu nikah digital disediakan gratis dan merupakan layanan baru dari Kemenag. Tujuannya untuk memudahkan pasangan pengantin membawa dokumen nikah dalam bentuk digital. Sehingga pasangan tidak repot membawanya ketika berpergian. Jadi, ingat-ingat cara membuat kartu nikah online ya!

    Artikel menarik lainnya: Bencana Tanah Bergerak Sukabumi yang Membutuhkan Bantuan Donasi dari Kita Semua

    One thought on “Cara Membuat Kartu Nikah Online 2021, Lakukan Login Melalui simkah.kemenag.go.id”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *