Fri. Apr 12th, 2024
    Cara Cek IMEI SamsungCara Cek IMEI Samsung

    Cara cek IMEI Samsung sepertinya harus diketahui pengguna yang mungkin tidak hafal kodenya. Padahal sangat penting bagi pemilik handphone. Fungsinya di beberapa negara maju adalah untuk  menemukan sebuah ponsel yang hilang dan  mudah untuk melacak melalui kode IMEI.

    Tidak ada kode yang sama antara satu ponsel dengan ponsel lainnya, bisa dikatakan identitasnya unik. Jadi, kamu harus tahu info Kode IMEI handphone Samsung dan cara mengeceknya.

    Apakah Kode IMEI itu?

    Kode IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan identitas unik dari setiap HP secara internasional. Setiap handphone identitasnya pasti berbeda dan tidak akan pernah sama. Keunikan penomorannya membuat kode tersebut dicantumkan dalam nota pembelian, dus box, ataupun nota garansi dan berbagai keperluan lain. Identitas HP sangat penting.

    Ciri yang jelas dari kode IMEI memiliki susunan angka terdiri dari 14 sampai 16 digit, kalau HP terbaru terdiri 16 digit kode. Fungsi utamanya sebagai identifikasi ponsel. Selain itu, kode tersebut dapat berfungsi untuk memblokir jaringan saat terdapat penyalahgunaan HP. Kaau dipikir-pikir seperti nomor rekening tabungan bank ya. Nah, dari kode IMEI tersebut, handphone yang hilang atau dicuri dapat ditemukan dengan melaporkan ke provider untuk dilakukan pemblokiran. Sehingga, handphone tidak dapat dipakai oleh pencuri.

    Gabungan dari angka dan huruf pada format kode IMEI berdasarkanformat standar sudah ada sejak tahun 2004. Begini formatnya terdiri dari AA-BBBBBB-CCCCCC-D yang disebut Type Allocation Code alias TAC. Hanphone Samsung Galaxy memiliki kode yang tercantum TAC 35-853704. Pada bagian C merupakan serial number yang dicantumkan perusahaan secara unik setiap HP. Digit terakhir atau bagian D merupakan verifikasi IMEI info samsung.

    Cara Cek IMEI Samsung : Kode Tidak Terkait SIM CARD

    Tahukah kamu kalau kode IMEI yang ada di handphone tidak terkait SIM Card. Kalaupun SIM Card dilepas atau tidak terpasang, kode IMEI tetap menempel. Sekalipun ponsel di-reset sekalipun, kodenya tetap sama sebagai nomorunik untuk identifikasi. Namun, ada saja orang yang bisa memanfaatkan kelemahan yang ada pada kode dengan mengganti kombinasi kode IMEI lama dengan kode baru.

    Tujuannya, agar handphone yang sudah diblokir bisa dipakai lagi. Karena kodenya sangat unik, maka tidak boleh menyebarkan kode IMEI ponsel kepada siapa saja. Karena bisa disalahgunakan orang tak bertanggung jawab. Oh ya, perusahaan handphone bikin kode IMEI sesuai standar jenis type allocation code (TAC). Deretan angka – angka diformat khusus untuk membedakan tipe atau model ponsel serta perusahaan yang memproduksinya.

    Cara Cek IMEI Samsung Ikuti Langkah-Langkahnya

    Bagi Pengguna Samsung,  kode IMEI dapat dicek dengan 2 Cara, berikut tahap-tahapnya:

    1. Dicek Melalui Keypad
    – Di keypad, silakan tekan kode *#06#.
    – Lalu, tekan tombol call.
    – Maka, kode IMEI akan segera tampil di layar.

    Cara Cek IMEI Samsung ini berlaku bagi semua jenis handphone berbagai tipe dan merek.

    2. Melalui Setting
    – Di menu aplikasi, silakan klik Settings.
    – Lalu Cari About Phone.
    – Temukan kode IMEI.

    Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, pengguna bisa mengunjungi website IMEI.info. Di situs tersebut, Ada berbagai info rinci mengenai kode IMEI ponsel, meliputi model, perusahaan produsen, dan rilis tahunnya.

    Setelah Mengetahui kode IMEI Segera Dicatat. Kalau sudah mengecek kode IMEI, silakan catat agar dapat digunakan untuk pelacakan ketika hanphone hilang atau dicuri. Nah, kamu sudah tahu cara cek IMEI Samsung, jangan ragu lagi handphone asli atau palsu. Ya kalau palsu, enggak bisa digunakan lagi dong, karena kode tersebut harus terdaftar dan bagi Kominfo IMEI sangat penting.

    Baca juga : Jangan Biarkan Pelita Guru Honorer di Pelosok Sukabumi Padam Karena Virus Corona

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *