Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Lingkungan Hidup

Tips Menghadapi Gempa Bumi Seperti Hari ini dari BNPB

Tips menghadapi gempa bumi perlu diketahui untuk menghindari ancaman yang bisa terjadi hampir seluruh wilayah Kepulauan Indonesia, baik dalam skala kecil hingga skala besar yang merusak. Gempa bumi adalah peristiwa berguncangnya bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas sesar (patahan), aktivitas gunung api, atau runtuhan batuan. Jenis bencana ini bersifat merusak, dapat terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat. Gempa bumi dapat menghancurkan bangunan, jalan, jembatan, dan sebagainya dalam sekejap.

Hingga saat ini, para ahli dan institusi belum mampu memperkirakan waktu terjadinya gempa bumi. Namun, bisa melaporkan informasi kejadian setelah terjadi. Institusi yang berwenang untuk mengeluarkan informasi kejadian gempa bumi adalah BMKG. Sehingga, kita bisa mengetahui informasi dari berbagai parameter mengenai besaran
suatu gempa bumi, titik pusat gempa bumi, kedalaman,dan potensi tsunami. Buka saja situs www.bmkg.go.id) atau dari aplikasi gawai BMKG berbasis android atau IOS.  Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi bencana gempa seperti terjadi hari ini?

Tindakan yang Disiapkan Sebelum Bencana Gempa Bumi Terjadi Seperti Hari ini

Sebelum terkaget-kaget karena gempa bumi, sebaiknya kita menyiapkan untuk menghadapinya, seperti berikut ini.

  • Melakukan latihan untuk menghadapi reruntuhan saat gempa bumi. Seperti merunduk, perlindungan terhadap kepala, berpegangan ataupun dengan bersembunyi di bawah meja.
  • Menyiapkan alat pemadam kebakaran, alat keselamatan standar, dan persediaan obat-obatan.
  • Membangun konstruksi rumah tahan guncangan gempa bumi dengan fondasi yang kuat. Selain itu, sebaiknya merenovasi bagian bangunan yang sudah rentan.
  • Mawas diri terhadap daerah rawan gempa bumi dan aturan seputar penggunaan lahan yang dikeluarkan oleh
    pemerintah.

Lakukan Tips Menghadapi Gempa Bumi Berikut ini

Guncangan gempa akan terasa beberapa saat, maka segera bertindak dengan mengupayakan keselamatan diri. Lakukan beberapa hal ini ketika sedang terjadi gempa bumi:

  • Berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan hindari jendela kaca. Karena kepala kamu tidak terbuat dari beton, maka segera lindungi dengan bantal atau helm. Jika kondisi dirasa aman, segera lari keluar rumah dan jangan santai saja seperti di pantai.
  • Jika sedang memasak, matikan kompor segera. Jangan lupa mencabut dan mematikan semua peralatan yang
    menggunakan listrik agar menghindari kebakaran.
  • Jika ke luar rumah, lihat kondisi sekitar, mana tahu terdapat pecahan kaca, genteng, atau material lain. Kepala kamu yang tidak terbuat dari beton itu harus tetap dilindungi dan segera pergi ke lapangan terbuka. Jangan  berdiri dekat tiang, pohon, atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.
  • Stop. Jangan naik lift, jika terasa guncangan. Pakailah tangga darurat untuk evakuasi keluar
    bangunan. Apabila sudah di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan.
  • Ketahui pula bagian bangunan yang mempunyai  struktur kuat, seperti pada sudut bangunan. Jika masi di dalam bangunan yang memiliki petugas keamanan, ikuti instruksi evakuasi.

Baca Tips Gempa Lainnya: Sudahkah Anda Mengajarkan Anak Tentang Gempa Bumi?

Jangan Merasa Tenang Dulu, Perhatikan Kondisi Pasca Gempa Bumi

Tetap waspada terhadap kondisi bencana gempa bumi, mana tahu terjadi gempa susulan. Maka ada baiknya lakukan ha berikut ini:

  • Saat berada di dalam bangunan, evakuasi diri kamu setelah gempa bumi berhenti.
  • Perhatikan reruntuhan maupun benda-benda yang membahayakan pada saat evakuasi. Apabila berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat.
  • Periksa keberadaan api dan potensi terjadinya bencana kebakaran.
  • Berdirilah di tempat terbuka jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air.
  • Apabila di luar bangunan dengan tebing di sekeliling, hindari daerah yang rawan longsor.
  • Apabila berada di dalam mobil, berhentilah tetapi tetap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu-rambu lalu lintas.

Demikian hal penting yang dapat dilakukan ketika terjadi bencana gempa bumi seperti hari ini. Jika  mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi, seperti bukit dan bangunan tinggi. Mari jaga keselamatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Informasi menarik lainnya: Menemukan Simbol Keramahan Jogja Dalam Wisata Kuliner Angkringan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close