Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Lingkungan Hidup

Mari Lestarikan dan Jangan Membunuh Elang Jawa yang Merupakan Satwa Dilindungi

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Apabila Anda Menemukan hewan ini sedang bertengger dipohon atau sedang bersama anak-anaknya, tolong jangan membunuh Elang Jawa. Alasan utamanya dilarang membunuh Elang Jawa adalah karena burung tersebut merupakan burung yang dilindungi.

Dikutip dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, baru baru ini sekitar 13 April 2019 ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Pihak tim monitoring mengaku senang karena satwa endemik jawa tersebut masih terus berkembang biak. Hewan yang identik dengan simbol “Burung Garuda” tersebut bersarang bersama anak-anaknya.

Baca juga: Fakta Sampah Plastik di Indonesia yang Sangat Mengejutkan, Apakah Anda Sudah Tahu?

Dilarang Membunuh Elang Jawa Karena Berstatus Terancam Punah

Setelah menemukan Elang Jawa tersebut, tim monitoring tidak bisa terlalu sering mengamatinya, agar tidak mengganggu aktivitas hewan tersebut.

Tahukah Anda, Elang Jawa adalah salah satu raptor berstatus terancam punah dalam IUCN Red List. Hewan tersebut ditetapkan sebagai satwa dilindungi sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 106 tahun 2018. Sehingga, keberadaan burung tersebut di TNGGP sangat diperhatikan dan masuk satwa prioritas untuk dijaga dan diupayakan terus dilestarikan populasinya.

Membunuh Elang Jawa dapat dikatakan kejahatan yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apalagi keberadaan sang burung yang dilindungi di alam menjadi salah satu indikator kesehatan ekosistem. Ketika ditemukan generasi penerus “Burung Garuda tersebut, maka muncul harapan bahwa satwa tersebut masih merasa nyaman untuk tinggal di kawasan hutan, seperti TNGGP.

Sehingga, tidak heran kalau Balai Besar TNGGP berupaya untuk melindungi keberadaan elang jawa bersama jenis satwa dilindungi lainnya. Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjadi habitat yang harus terus menjadi hutan konservasi, agar banyak hewan terus bertahan hidup dan berkembang biak sampai kapan pun. Namun, sayangnya masih saja ada orang yang berupaya membunuh burung elang dengan cara memburu dan menembak dengan senapan angin.

Baca juga: Puasa Sudah Dekat, Inilah Doa Berbuka Puasa Rasullullah yang Hendaknya Kamu Ketahui

Anda Tidak Boleh Membunuh Jenis Elang Apapun Apalagi Elang Jawa yang Dilindungi

Dibalik penemuan Elang Jawa oleh Tim Monitoring Balai Besar TNGGP, keberadaan Burung Elang tidak bisa dikatakan aman. Karena ada saja orang yang memburunya.

Pembunuhan hewan yang dilindungi tidak bisa dibenarkan dan dibiarkan begitu saja. “Pekerjaan rumah” untuk menjaga kelestarian burung Elang dimana pun habitatnya, masyarakat sekitar hutan harus diberi edukasi bahwa burung elang dengan jenis apapun tidak boleh diburu dan dibunuh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close