Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Lingkungan Hidup

Bencana Tanah Bergerak Sukabumi yang Membutuhkan Bantuan Donasi dari Kita Semua

Bencana tanah bergerak Sukabumi belum berhenti dan terus dilaporkan oleh relawan yang ada di sana, terutama melalui website disasater.id. Dari catatan relawan,  menyebutkan lokasi tanah bergerak berada di Dusun Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat.

Pergerakan tanah mengakibatkan terjadinya retakan pada dinding sejumlah rumah, rekahan tanah, kerusakan jalan, dan lahan persawahan. Bencana tersebut tidak pernah berhenti. Ketika memasuki awal bulan Januari 2021, beberapa keluarga mulai mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga, serta di gedung SDN Ciherang.

Karena kondisi rumah yang mengkhawatirkan, ada pula warga yang membongkar rumah sendiri, terutama rumah panggung. Mereka memilih pindah ke tempat yang aman. Pada bulan akhir Januari 2021, tanah yang tadinya terlihat retak saja, ternyata berubah melebar menjadi rekahan. Bahkan sampai amblas beberapa meter.

Salah satu kejadian terjadi di kaki perbukitan Gunung Beser yang terletak di atas ketinggian 930 m dpl. Tanah bergerak secara sporadis diiringi guyuran air hujan. Terdengar pula beberapa kali bunyi gemuruh dan dentuman. Suara tersebut sempat didengar warga pada siang maupun malam hari.

Bencana Tanah Bergerak Sukabumi Membuat Warga Tidak Punya  Pilihan Selain Mengungsi

Pemkab Sukabumi melalui BPBD pernah memutuskan masa Tanggap Darurat Bencana 4-10 Februari 2021. Karena terjadi tanah amblas hingga 15 meter. Akibatnya, rumah ambruk dan ratusan lain terancam rusak juga.

Kondisi tempat tinggal yang rusak tersebut membuat sebagian para penyintas memilih pindah mengungsi dan tinggal di hunian sementara yang dibangun mandiri. Mereka berupaya untuk bertahan di lokasi terutama yang rumahnya masih terancam. Setiap hujan mengguyur deras rasa khawatir dan ketakutan itu selalu muncul tiba-tiba. Kadang membuat tangan merinding.

Sementara itu, komunikasi di lokasi bencana tanah bergerak sangat sulit dilakukan. Sinyal handphone sangat terbatas dan harus mencari titik yang pas agar bisa berhubungan dengan dunia luar. Kalaupun ada sinyal, kerap kali tiba-tiba bisa mati.

Sedangkan, alat komunikasi pesawat handy talkie (HT) sayangnya pernah hilang di lokasi bencana. Padahal itu satu-satunya alat komunikasi. Sehingga, mau tidak mau relawan harus tinggal di lokasi bencana tanah bergerak Dusun Ciherang Sukabumi.

Hal itu dilakukan untuk memantau perkembangan bencana dan memastikan 456 jiwa penyintas tetap sehat dan aman daalam aktivitas sehari-hari. Bagaimana kebutuhan mereka dan apakah masih terpenuhi? Jangan sampai para penyintas mengalami kelaparan.

Relawan yang tinggal di sana bisa mendengarkan keluh kesah dan cerita dari warga. Sehingga, menjadi tahu kalau banyak hal yang perlu diberikan bantuan bagi penduduk di sana. Para pembaca tulisan ini mungkin bisa turut membantu mereka dengan gerakan donasi yang sedang dilakukan disaster.id.

Mari Berbagi Donasi untuk Penyintas Bencana Tanah Bergerak Sukabumi

Bencana tanah bergerak Sukabumi tidak hanya meruntuhkan rumah saja, melainkan juga membuat kondisi keuangan menjadi sangat sulit. Apalagi masa pandemi Covid-19 belum juga usai dan membuat warga di sana kesulitan mencari pekerjaan.

Oleh karena itu, DisasterS.id membuka donasi melalui kitabisa.com. Selain itu, donasi juga bisa diberikan dlaam bentuk barang, makanan, minuman dan lain-lain.

Donasi melalui kitabisa silakan buka link berikut ini: kitabisa.com/donasidisastersid

Dukungan donasi dari pembaca tulisan ini menjadi dukungan bagi penyintas bencana tanah bergerak Sukabumi. Disaster.id berdoa semoga harta yang telah didonasikan para donatur menjadi catatan amal baik dan keberkahan.

Tahukah kawan Sabumi, Disastar.id melakukan kegiatan lapangan di lokasi bencana tanah bergerak sejak bulan Januari 2021. Adapun lokasinya sebagai berikut

  • DusunSuradita, Desa Ciengang, Gegerbitung.
  • Dusun Ciherang, Desa Cijangkar, Nyalindung.

Terimakasih kepada orang baik yang memberikan dukungan dan berdonasi. Sekali lagi, donasi bencana tanah bergerak Sukabumi bisa disalurkan melalui: kitabisa.com/donasidisastersid.

Artikel menarik lainnya: Bahaya Masker Sekali Pakai Bagi Binatang Liar dan Lingkungan Kita

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close