Kuliner Nusantara

Rumah Makan Cibiuk Garut tempat Wisata Kuliner Khas Sunda Pesan Sambal Sampai Ikan Gurame

Rumah makan Cibiuk Garut adalah tempat wisata kuliner yang kerap di cari ketika orang datang ke kabupten yang dikenal dengan adu dombanya ini. Nama cibiuk juga identic dengan nama sambal, yaitu sambal cibiuk.

Sebagian orang menilai makan terasa tidak lengkap tanpa adanya sambal. Begitu pula bagi penduduk Jawa Barat, orang Sunda biasa lekat dengan Sambal menjadi bagian menu makanan sehari-hari. Baik itu untuk menu hidangan pagi hari, siang hari, dan malam hari.

Salah satu sambal yang sangat terkenal dan rasanya khas adalah sambal cibiuk. Wisatawan dapat mencobanya ketika berkunjung ke Kabupaten Galut. Ternyata sambal ini bukan sambal biasa, tetapi ada cerita latar belakangnya.

Cerita Asal Mula Sambal Cibiuk Garut

Berdasarkan cerita masyarakat lokal, kehadiran sambal Cibiuk Garut tidak dapat dipisahkan dari kehadiran tokoh agama yang datang ke Cibiuk untuk menyebarluaskan ajaran Islam.

Namanya adalah Syekh Ja’far Shidiq, yang makamnya menjadi tempat wisata rohani para peziarah. Seiring waktu, sambal terus dikembangkan oleh putri sang tokoh agama, yaitu Nyimas Ayu Fatimah. Hingga bertahan sampai saat ini.

Sejauh ini, Sambal Cibiuk memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan hadir sebagai ciri khas rumah makan spesial dari tanah Sunda. Sebuah restoran yang menawarkan sambal ini adalah Rumah Makan Cibiuk. Jadi bisa dikatakan, sambal ini merupakan bagian sajian kuliner Garut yang telah ada secara turun temurun.

Kenapa Rumah Makan Cibiuk Garut Selalu Dikenal dengan Sambal yang Khas?

Ciri Khas Sambal Cibiuk menggunakan tomat muda yang masih hijau dan daun-daunan dengan rasa khas, seperti Pokpohan dan daun kemangi serta ditambah terasi.

Sementara itu, cabai yang dipakai adalah cabai hijau dan cabai rawit. Sehingga, hasilnya sambal akan memiliki warna dominan hijau. Hasilnya membuat rasanya pedas dan khas yang selalu dicari pecinta sambal ketika datang ke garut.

Menariknya, sambal ini pula yang menjadikan Rumah Makan Cibiruk menjadi berbeda dibandingkan restoran Sunda lainnya dan menjadi menu wajib yang harus disediakan.

Kesan Menikmati Kuliner Khas Sunda di Rumah Makan Cibiuk Garut

Setelah memasuki Cibiuk resto, pengunjung akan melihat beberapa gazebo yang menjadi khas dari restoran Sunda ini. Atapnya dibuat dari jerami dan dinding bilik. Adapula lukisan yang menggambarkan sawah dan rumah khas perkampungan di tanah sunda.

Sehingga, orang yang memakan masakan di Rumah Makan Cibiuk akan terbawa menikmati suasana makan di pedesaan yang indah. Setiap gazebo bisa menampung sekitar 6 orang. Apabila ingin memesan ruangan terpisah, maka bisa memesan terlebih dulu kepada pengelolanya.

Untuk merasakan lezatnya Sambal Cibiuk, pesan ikan gurame sebagai menu andalan di rumah makan ini. Ikan Gurame biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dibakar. Ada juga Pepes Peda yang begitu digemari pengunjung.

Selain itu, pengunjung dapat memesan menu makanan lain seperti tumis Genjer, kangkung, toge, jambal, sayur asam dan lainnya. Tumis kangkung bisa dipesan dengan berbagai pilihan olahan, seperti polos atau oncom. Sementara itu tumis toge jambal roti, membuat rasanya khas asin dengan rasa sentuhan toge.

Sebagai restoran khas Sunda kuliner nusantara, sambal dan lalapan, adalah hidangan wajib yang harus dicoba. Pengunjung dapat menemukannya di beberapa cobek batu berbentuk lingkaran besar.

Pada cobek tersebut, terdapat beberapa jenis sambal seperti oncom, sambal terasi, jenis sambal, serta sayuran sayuran. Jenis sayuran biasanya disediakan selada, daun kemangi, kubis dan mentimun.

Sambal Cibiuk ini bisa dimakan sepuasnya oleh para pelanggan. Namun harus membayar tergantung pada jenis sambal cibiuk yang dipilih. Misalnya, Sambal Cibiuk hijau (berbahan tomat hijau), Sambal Cibiuk merah (berbahan tomat merah) dan Cibiuk Cuerik Sambal (rasanya pedas sekali).

Artikel menarik lainnya: 10 Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan Tradisional yang Cocok Dibawa Setelah Pulang Liburan

Lokasi Rumah Makan Cibiuk Garut

Alamat Rumah Makan Cibiuk di Jalan Otista No.321, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Jawa Barat. Lokasinya mudah ditemukan dipinggir jalan dan gunakan google maps akan tidak kesasar.

Demikian penjelasan mengenai Rumah Makan Cibiuk Garut tempat Wisata Kuliner Khas Sunda. Bagi yang jalan-jalan ke Garut dan merasa kelaparan bolehlah singgah ke resto yang terkenal di Garut ini.

Artikel menarik lainnya: Resep Membuat Kolak Pisang, Ubi, Biji Salak untuk Berbuka Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *