Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kuliner Nusantara

Rogan Soup Khas Cianjur ini Ternyata Sangat Laris dan Banyak Dijual di Sukabumi

Rogan Soup khas Cianjur, Jawa Barat semakin menjadi makanan yang digemari dan banyak dijual termasuk pada bulan Ramadan di kota Sukabumi. Makanan ini memang sangat pas dimakan ketika berbuka puasa sebagai takjil.

Bahan Rogan Soup adalah roti dan dawegan (kelapa muda). Diolah dari roti yang lembut dan dibalut dengan dawegan yang dicampur sedikit kuah santan dan susu. Hasilnya membuat rasa yang sangat nikmat hingga dicari oleh masyarakat Cianjur dan Sukabumi.

Makanan Khas Cianjur Rogan Soup ini memang dikenal dengan rasanya yang nikmat, gurih, manis, dan enak sekali. Produknya sangat unik karena rogan dibungkus daun pisang dan sangat pas dikonsumsi saat hangat-hangatnya. Pembuatnya sangat pintar membuat peluang usaha makanan hingga dikenal luas dan sangat dicari oleh masyarakat.

Rogan Soup khas Cianjur Dirintis Sejak Tahun 2010

Usaha Rogan Soup dimulai sejak tahun 2010 oleh seorang ibu bernama Empat Kurniawati. Ia membuatnya dari ide jenis makanan kudapan yang sering dibuat oleh orang tuanya, yaitu Jojongkong. Jika Joojongkong dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan kinca (gula merah), Rogan Cianjur ini dikombinasikan dari bahan roti dan sup susu serta santan.

Pada awalnya, Rogan Soup dibuat hanya buat anak-anaknya dan keluarga. Lalu, perlahan mulai dijual ke sejumlah saudara. Menariknya, banyak orang yang suka dengan makanannya. Aroma kuliner Cianjur ini khas daun pandan dan daun pisang yang membuat konsumennya tergodoa untuk menyantapnya.

Rogan dari Cianjur ini dibuat dari roti, kelapa muda, santan, dan susu. Kemudian, roti yang bentuknya oval disimpan di daun pisang. Setelah itu, ditambah potongan kelapa, diberikan campuran santan dan susu. Selanjutnya kukus dalam waktu 25 menit. Menurut pembuatnya, makanan Cianjur ini enak dimakan hangat dan enak juga dalam kondisi dingin (suhu lemari es).

Resep Rogan Soup Cianjur ini memang spesial bisa dijual sekitar 200-400 buah per hari yang disediakan hangat, dingin, bahkan beku. Jenis yang beku dibuat bagi orang yang ingin membawa sebagai oleh-oleh dan perjalanannya jauh. Tetapi, makanan ini harus diperlakukan dengan baik, karena santan yang sensitif dan mudah rusak apabila disimpan lama di tempat tertutup.

Hingga saat ini, semakin banyak pembelinya dari dalam luar Cianjur bahkan luar Jabar. Menariknya, di Sukabumi begitu banyak yang menjualnya di pinggir jalan. Makanan Cianjur ini dipasarkan dari mulut ke mulut hingga sangat dikenal oleh banyak orang dan segmen pasar semakin luas.

Rogan Soup yang Khas Cianjur ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB. Proses pembuatannya hanya 25 menit dan perlu diingat jangan sampai dibiarkan dalam waktu yang lama.

Alamat Rogan Soup: Jl. Selamet No.27, Muka, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215.

Artikel menarik lainnya:

Etika Silaturahmi Lebaran Masa Pandemi Covid-19: Kayaknya Enggak Bisa Asal Berkunjung Deh

Daerah Zona Merah Jabar, Ridwan Kamil Putuskan Tempat Wisata Ditutup

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *