Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kuliner Nusantara

Makanan Khas di Kupang itu Sei Jawabannya

Nyamnyam sekali loh rasanya...

Jika kamu pergi ke Kupang, jangan sampai lupa mencoba makanan khas yang enak di sana. Sebagai kota besar di NTT, Kupang mempunyai aneka ragam makanan khas yang enaknya tiada dua. Tidak hanya dari Kupang saja, ada juga makanan khas dari daerah lain di NTT. Berikut ini makanan khas yang dapat ditemui di Kota Kupang.

Sei Tentu Saja Menjadi Makanan Khas Terenak di Kupang

Cobalah Sei ketika berkunjung ke Kupang. Makanan yang dimasak dengan aroma khas yang diproses dengan pengasapan yang mengggunakan kayu kosambi. Bayangkan daging berbumbu rempah diletakkan di atas kayu dengan api membara. Sei biasanya terbuat dari daging babi. Namun, ada juga yang menjual sei dengan bahan daging sapi dan ikan. Sei ikan biasanya menggunakan daging marlin. Jika bertanya ke orang Kupang, kamu pasti dibawa rumah makan Bambu Kuning yang terkenal dengan menu Sei babi yang nyamnyam sekali.

Sambal Lu’at Menemani Sajian Sei

Tidak lengkap makan Sei tanpa sambal Lu’at. Sambal khas yang dibuat dengan cabai NTT, bawang puting, potongan jeruk nipis, garam dan kemangi. Itu sudah, pas sekali makan Sei yang sangat enak ditambah dengan rasa pedas yang membuatnya semakin nikmat.

Makan Khas Kupang Bubur Jagung Bose Enak Toh

Di Kupang NTT, Jagung dijadikan bahan untuk membuat bubur. Jagung bose adalah jenis makanan bubur yang dibuat dari jagung putih, kacang hijau, dan kacang merah. Kadangkala dimasak dengan santan. Makanan yang biasanya dinikmati sebagai pengganti nasi.

Dodol Lontar Proses Memasaknya Saja Butuh Waktu Sehari Lebih

Makanan ini dibuat dari buah lontar, tepung ketan, gula lontar, dan santan. Dodol lontar dibuat memakan waktu yang lama memakan waktu sehari. Bahan utama yang dibutuhkan adalah pulp atau sari buah lontar. Lalu, diproses sampai menghasilkan sari yang dimasak sekitar empat jam. Setelah dimasak, dodol didiamkan dulu sehari agar teksturnya keras. Sesudah itu dipotong dan dikemas. Jadilah, dodol lontar yang bisa dijual.

Keripik Jagung Titi Bentuknya Pipih Seperti Emping

Makanan jagung titi mirip seperti keripik. Cara pembuatannya juga mirip seperti mengolah emping. Jagung disangrai  dan dititi atau dipukul sampai bentuknya pipih. Bentuknya juga kurang lebih akan seperti emping namun lebih kecil. Jagung ini lebih banyak ditemukan di daerah Flores dan bisa dijumpai juga di Kupang.

Kue Rambut Bentuknya Mirip Gumpalan Rambut

Makanan ini sangat renah dimakan. Kue rambut adalah jenis makanan kering yang dibuat dari dari bahan tepung beras dan gula merah. Penamaan kue rambut karena bentuknya yang seperti gumpalan rambut. Makanan ini biasanya dikonsumsi bersamaan dengan minum teh atau kopi.

Kalau ada sumur diladang dan melancong ke Kupang. Jangan lupa menikmati makanan khas Kupang yang enak. Oh iya, bagi kamu yang tidak makan babi, jangan sampai salah masuk ke warung makan ya. Bilang saja, mau mencoba sei sapi bukan yang berbaha daging babi.

Informasi kuliner nusantara lainnya: Ikan Arsik Masakan Ikan Mas yang Menjadi Simbol Kehidupan Orang Batak

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close