Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kuliner Nusantara

9 Makanan Khas Sumatera Utara Rasanya Enggak Kaleng-Kaleng

Pernah coba makanan khas kota Medan, Enggak?

Makanan khas Sumatera Utara jangan sampai tidak dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Utara. Sebagian besar sangat dipengaruhi dari Suku Batak dan Suku Deli. Bagi wisatawan yang mau mencoba kuliner Kota Medan dan daerah lainnya, berikut ini beberapa makanan khas Sumatera Utara yang terkenal akan ramuan bumbu dan kelezatannya.

Soto Medan dan Sup Deli Makanan Berkuah dengan Bumbu nan Khas

Soto Medan. Foto https://kwapf.blogspot.com/
Soto Medan. Foto https://kwapf.blogspot.com/

Bagi wisatawan yang gemar makanan berkuah, cobalah soto medan dan sup deli. Masakannya berbahan yang beragam dari soto ayam, daging, babat, ususu, paru dan limpa. Rasanya tentu saja lezat sekali.

Selain soto, cobalah sup tapanuli yang berbahan daging kambing. Sup kambing yang pernah terkenal adalah kedai sup kambing Al-Hamra yang berada di Jalan Tapanuli. Kelezatan bumbunya sangat khas karena langsung didatangkan dari Jedah, Timur Tengah. Bunga lawangnya berasal dari Thailand dan  cengkihnya dari Aceh.

Ikan Sale yang Hitam Warnanya

Makanan ikan Sale diolah dengan cara dipanggang hingga warnya kehitam-hitaman dan mengeluarkan minyak. Wisatawan akan banyak menemukannya di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan. Dari cerita rakyat, makanan ini diolah secara tidak sengaja. Ada petani yang menemukan banyak ikan di pinggir sungai.

Kemudian, cara memasaknya dilakukan dengan diasapi dan namanya disebut ikan sale. Ikan sale dapat bertahan selama dua minggu dan umumnya dibuat dari daging ikan lele, belut, jurung, dan bahum.

Pakkat Rotan Makanan Khas Pahit Sumatera Utara Tetapi Banyak Dicari

Pakkat Rotan. Foto: https://medaninside.com/
Pakkat Rotan. Foto: https://medaninside.com/

Orang batak mandailing memiliki  makanan khas yang dinamakan pakkat rotan. Jenis makanan yang berbentuk mirip bambu kecil yang sebenarnya rotan getah. Bukan rotan yang biasanya dibuat untuk menjadi kursi dan meja. Makanan ini dapat dengan mudah ditemukan saat bulan Ramadan.

Rotan getah tidak bisa dimakan mentah-mentah, melainkan harus dibakar dulu. Kulitnya dikupas dengan pisau atau tangan. Setelah itu, didalamnya ditemukan daging putih dan itulah yang disantap. Rasanya tidak manis, melainkan justru lebih pahit dari daun papaya dan biasanya dikonsumsi dengan saus atau sambal.Tetapi jangan salah, Pakkat rotan banyak dicari, karena pucuknya dipercaya bisa menambah tenaga, mengobati darah tinggi, rematik, dan menguatkan otot.

Lemang Tebing Tinggi dengan Rasa yang Gurih

Lemang Khas Tebing Tinggi Sumatera Utara. Foto: brisik.id
Lemang Khas Tebing Tinggi Sumatera Utara. Foto: brisik.id

Kamu pernah memakan lemang? Lemang banyak ditemukan di Kota Tebing Tinggi. Dibuat dari beras ketan yang ciampur santan dan dibungkus daun pisang. Lalu dibakar hingga matang. Ketan memiliki rasa yang gurih. Banyak orang biasanya mencarinya ketika bulan Ramadhan. Orang sumater utara biasanya memakannya ditambah cocolan manis atau dengan lauk asin.

Mi Tiau Medan yang Banyak di Temukan di Warung-Warung Kota Medan

Makanan mi tiau dapat ditemukan di banyak warung di kota medan. Cara memasaknya dengan mencampur bumbu berupa bawang putih, bawang merah, merica, cabai giling, dan jahe dengan mi tiau. Mi Tiau biasanya dimasak dengan acar yang dibuat sejak malam hari agar bumbunya lebih meresap.

Saksang: Makanan Khas Berbahan Daging Babi Lezat dari Sumatera Utara

Bagi orang batak, saksang dikenal makanan terenak. Saksang adalah makanan berbahan daging cincang yang biasanya ditemukan di Lapo-lapo (makanan khas batak). Cara pembuatan makanan ini dengan cara merebus lebih dulu daging babi dikuali dan menggiling semua bumbu.

Lalu, dipindahkan dari kuali dan cincang. Kemudian, semua bumbu ditumis dengan irisan bawang merah dan daging cincang. Selanjutnya, diberikan air, andaliman beserta bumbu kelapa yang digiling.

Bika Ambon Oleh-Oleh Setiap Orang yang Berkunjung ke Kota Medan

Kota Medan sudah sangat identic dengan bika ambon dan dijual di kawasan Jalan Mojopahit. Ada banyak penjual bika di sana bahkan dengan berbagai merek. Awalnya yang terkenal adalah Bika Ambon ‘Ati”. Lalu, muncullah banyak merek bika ambon lain yang lebih terkenal.

Bika ambon adalah kue berwarna kuning mempunyai rasa manis, kenyal, legit dan teskturnya berongga. Warna kuningnya membuat banyak orang tergoda untuk memakannya.Pewarna juga alami yang terbuat dari kunyit.

Mi Keling Resepnya Asli dari India Makanan Khas Sumatera Utara

Mi Keling Makanan Khas Sumatera Utara. Foto: adrianizulivan.blogspot.co.id
Mi Keling Makanan Khas Sumatera Utara. Foto: adrianizulivan.blogspot.co.id

Setiap orang yang datang ke kota Medan pasti ingin mencobanya. Penamaan Mi kelling karena orangnya berasal dari orang-orang keling seperti di Jalan Pagaruyuang. Mi keling adalah mi rebus yang disajikan taoge, selada, irisan kentang, tahu, ketimun, telur dan ditaburi seledri.  Yang khas dari mi keling adalah bumbu saus yang istimewa.  Resepnya asli dari nenek moyang orang India.

Nani Arsik Masakan dengan Bumbu Khas Batak Toba

Makanan Nani Arsik adalah masakan khas yang berasal dari batak toba yang tidak hanya disajikan di rumah makan daerah, tetapi sudah masuk restoran dan menu hotel. Bumbunya asli diperoleh dari tanaman dari tanah batak. Masyarakat batak biasanya memasak ikan arsik tidak dengan membersihkan sisiknya. Ikan dilumuri bumbu dan diungkep hingga mtang.

Informasi kuliner nusantara lainnya: 5 Makanan Kemasan yang Bisa Menjadi Stok Lauk Tahan Lama di Kala Pandemi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close