Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kuliner Nusantara

Makanan Khas Sumatera Barat yang Wajib Dicoba, Jangan Bilang Kamu Belum Memakannya

Makanan khas dari Sumatera Barat sangat khas dan menjadi makanan terbaik yang harus kamu coba. Apalagi kalau sedang berpergian beberapa kota seperti Bukittinggi, Batusangkar, Padang Kota Lama, dll. Jangan lupa untuk mencoba masakan khas minang dengan bumbu yang tidak Cuma pedas, melainkan juga berkhasiat sebagai antibiotik dan penawar panas dalam. Mari coba menu maknan khas berikut ini.

Teh Talua Minuman yang Nikmat Rasanya

Teh Talua Minuman Khas dari Sumatera Barat
Teh Talua Minuman Khas dari Sumatera Barat. Foto: saribundo.biz

Daerah Sumatra Barat juga terkenal dengan Teh Kayu Aro nya. Jenis Minuman yang biasanya dikonsumsi oleh para laki-laki. Mitosnya bisa menambah tenaga, nama minumannya Teh Talua yang dibuat dari Kuning telur ayam kampung dan diaduk dengan gula pasir. Setelah itu, seduh dengan air the mendidih dan susu kental manis. Teh Talua dapat didapatkan di kedai-kedai di Sumatra Barat. Diminum dipagi hari dan mempunyai rasa yang sangat nikmat.

Itiak Lado Mudo Makanan Khas Sumatera Barat dengan Rasa Pedas-Pedas Enak

Itiak lado mudo bebek cabe hijau Bukit Tinggi
Itiak lado mudo bebek cabe hijau Bukit Tinggi. Foto: cookpad.com

Bagi kamu yang berpergian ke Bukti Tinggi, jangan lupa melihat Jam Gadang, Panorama, Lobang Jepang, dan memandang Ngarai sianok. Jangan lupa mencari dan menikmati makanan khas Itiak Lado Hijau. Cara memasaknya dengan membakar Daging Itiak y dan dibumbui memakai bawang putih, bawang merah, jahe, damar, daun salam, dan serei. Setelah itu, tumus akan ditumis sampai empuk, dibaluri cabe hijau giling. Tidak heran Itiak Lado Mudo memiliki sensasi rasanya pedas-pedas enak.

Randang Padang Menjadi Makanan Khas Sumatera Barat yang Menjelajah Ke Seluruh Nusantara dan Dunia

Rendang Masakan Terlezat di Dunia Dijual Kemasan dan Lebih Mudah Disajikan
Rendang Masakan Terlezat di Dunia Dijual Kemasan dan Lebih Mudah Disajikan

Masakan Randang Padang sudah terkenal menjadi makanan terenak di dunia. Rasa daging yang menyatu dengan bumbu, cabai, rempah, santai dan lain-lain membuat makanan ini sangat lezat. Bahan-bahan yang menyatu dengan dgaing membuat lidah merasakan nikmatnya rasa pedas berbaur dengan olahan rempah-rempah. Ada beberapa jenis rendang seperti Randang Dagiang, Randang Baluik, Randang Lokan, Randang Rabu, dan Randang Talua.

Menikmati Sate Padang dengan Dagingnya yang Empuk

Sate Padang
Sate Padang. Foto: selerarasa.com

Sate padang juga ada dimana-mana di penjuru nusantara. Kenikmatannya sudah dirasakan jutaan orang. Jika kamu pergi ke daerah Sumatera Barat, nikmati sate Mak Syukur di Padang Panjang. Penggemar Sate Padang akan mengatahui ada tigas jenis rasa, antara lain: Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Padang Pariaman. Rasa kuahnya makanan khas padang berbeda-beda. Dagingnya yang empuk membuat dibaluri bumbunya membuat sate padang memiliki sensasi berbeda dengan jenis sate lainnya.

Lamang Tapai Makanan Khas Sumatera Barat Berbahan Beras Ketan dengan Rasa Manis-Manis Asam

Makanan Lamang Tapai dapat ditemukan di daerah Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar). Jenis panganan yang dapat ditemukan dalam acara-acara adat seperti Baralek Gadang (pesta pernikahan), ketika bulan puasa. menjamu tamu-tamu, dan lain-lain. Lamang tapai menjadi makanan pembuka dengan rasa asam-asam manis dengan bahan beras ketan dengan diisi kedalam bambu dan diberi santan. Lalu lamang dibakar di atas tungku sekitar ± 2 jam. Untuk menikmatinya, lamang dipotong-potong dan dibubuhi Tapai.

Talua Barendo Masakan dengan Sensasi Wangi yang Bikin Lupa Masakan Lain

Di jalan menuju kota Payakumbuh di sekitar daerah Garegeh, Bukittinggi singgahlah di kedai nasi dengan
nama “ Talua Barendo “. Kedai tersebut menyajikan masakan khas dari telur yang diaduk dengan bumbu dan didadarkan dengan cara khusus. Sensasi wangi masakannya  khas padang bikin orang yang memakannya lupa dengan masakan lain. Ada pula sajian ikan goreng air tawar yang lezat sekali rasanya, gurih dan berbeda dengan ikan goreng air tawar lainnya.

Martabak Kubang dengan Kuah Asam Manis

Martabak Kubang Makanan Khas Sumatera Barat
Martabak Kubang Makanan Khas Sumatera Barat. Foto: Tripadvisor.com

Kubang adalah nama desa yang terletak di Kota Payakumbuh. Daerah asal muasal banyak makanan khas yang bercitarasa tinggi khas Sumatra Barat. Penjual Martabak Kubang biasanya berasal dari Payakumbuh (Kubang). Mereka dikenal memiliki resep spesial yang berasal dari masakan India. Martabak Kubang sangat digemari masyarakat lokal maupun pendatang.

Ingat kalau melakukan perjalanan ke wilayah Sumatera Barat, jangan lupa mencari dan menikmati makanan khasnya. Tidak berkunjung ke sana tanpa mencoba olahan masakannya.

Baca juga: Manfaat Protein Hewani dari Daging Sapi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close