Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kuliner Nusantara

Makanan Khas Indramayu dari Nasi Lengko, Pedesan Entog, Hingga Bubur Gintir

Makanan Khas Indramayu menyimpan banyak ciri khas yang begitu nikmat terasa di lidah. Kuliner khas saat harus dicoba ketika berkeliling di Indramayu. Harga masalah tidak perlu khawatir. Ada banyak makanan khas dengan hargai murah dan ringan di kantong.

Wisatawan dapat merencanakan liburan di Indramayu pada akhir pekan atau musim liburan dan lebih menarik jika mencoba ragam kuliner dari wilayah ini.

Nasi lengko Makanan Khas Indramayu

Nasi Lengko adalah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambahkan dengan sayuran. Di Indramayu sendiri, kuliner digunakan sebagai menu sarapan. Bahan-bahan tambahan yang umumnya ditambahkan ke kuliner ini, antara lain tahu goreng, tempe goreng dan beberapa jenis sayuran lainnya. Sayuran seperti mentimun mentah dan toge rebus.

Selain itu, ditambah daun bawang kucai yang dipotong menjadi potongan-potongan kecil menjadi penguat rasa. Bumbu atau saus yang digunakan adalah saus kacang yang mirip dengan rujak atau pecel.

Tingkat pedasnya dapat disesuaikan dengan setiap rasa. Nasi Lengko dapat dikonsumsi secara langsung tanpa makanan pendamping atau ditambahkan dengan sate kambing untuk membuatnya lebih lezat.

Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung adalah makanan khas Indramayu dengan bahan utama yang digunakan adalah banyak ikan. Kuliner ini seperti gulai. Bahan utama yang digunakan adalah kepala ikan manyung.

Kepala ikan manyung ditempatkan di saus bumbu. Kuliner ini cukup kaya akan rasa. Bahan-bahan yang umumnya digunakan untuk hidangan ini adalah kunyit, jahe, lilin, bawang putih, bawang, dan beberapa jenis bumbu lainnya. Untuk menambah rasa segar masakan ini, belimbing wuluh sengaja ditambahkan.

Pedesan Entog Makanan Khas Indramayu

Bahan-bahan dasar pedesan Entog adalah itik atau orang Indramayu menyebutkan Mentog atau Entog. Meskipun penggunaan Entok sebagai ciri khas hidangan ini. Rempah-rempah sangat banyak.

Penggunaan ketumbar, sereh tomat, daun jeruk, kecap manis, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, garam dan cabai merah. Rempah-rempah berhasil menyajikan aroma wangi dari masakan pedas ini.

Seperti yang kita ketahui dengan Entog adalah jenis bebek yang memiliki tekstur daging yang cukup tebal. Serta terkenal dengan daging ikannya. Tetapi jika memasaknya dengan benar, aroma ikan tidak terasa.

Manisan Mangga Makanan Khas Indramayu

Indramayu memiliki mangga dengan kualitas yang enak sekali. Melampaui mangga di daerah lain. Selain itu, umumnya mangga dibuat manisan dengan rasa manis. Sekarang dengan rasa berbeda yang layak untuk dicoba. Rasa pedas cukup menarik di coba dari mangga Indramayu ini.

Metode bumbu dan pengolahan bisa dikatakan sederhana. Campur semua bahan, yaitu mangga, garam, cabai, air jeruk nipis, gula dan air sampai rata. Diamkan selama 4 jam di lemari es, lalu siap untuk dinikmati.

Mi Ragit Enak Sekali

Mi ragit adalah makanan tradisional yang khas dari Indramayu yang terdiri dari mie, terlur dadar, udang dan santan yang ditambah sambal kacang pedas. Rasa ini memang khas karena rasa kaldu santan yang lezat.

Ada sesuatu yang unik dengan mie indramayu ini, mi Ragit dibuat dengan bahan mie yang sama, tetapi kuah yang digunakan berbeda. Mie ragit ini, menggunakan kuah santan, dengan udang Sebagai bahan pelengkap. Lebih lezat saat dikonsumsi dalam kondisi yang masih hangat. Hidangan Indramayu yang khas ini, dapat disebut sebagai makanan yang sering muncul selama bulan Ramadhan.

Bubur Gintir Makanan Khas Indramayu

Bubur gintir ini mirip seperti bubur Candil di daerah Jawa Tengah. Tetapi yang membedakan antara kedua jenis bubur ini adalah bahan dasar yang dipergunakan. Bubur Gintir ini dibuat daripada tepung beras dan bukan dari ubi. Tepung beras ini selanjutnya dicampur dengan air yang cukup sehingga terlihat kalis. Kemudian dibentuk bulat,dan direbus, menggunakan gula merah dan santan.

Kuliner ini biasanya dihidangkan pada masa penen padi dari para petani. Sebagai satu bentuk penghargaan atau rasa sukur dari hasil yang diperoleh. Bubur ini biasanya dibagikan kepada tetangga terdekat. Tetapi sekarang tidak perlu menunggu panen tiba, kerana masakan ini dengan mudah diperoleh.

Cimplo Makanan Penolak Bala

Orang Indramayu percaya bahwa Cimplo adalah makanan untuk menolak Bala. Sebelumnya, makanan khas Indramayu hanya diproduksi di acara-acara tertentu. Makanan cimplo terbuat dari tepung beras ketan, tapai singkong, gula putih dan ragi. Kemudian, dicetak hingga bulat kemudian dicampur dengan gula merah cair, kelapa parut dan santan.

Artikel menarik lainnya: Wisata Kuliner Angkringan Jogja : Menemukan Simbol Keramahan Masyarakat Di Tempat Makan

Burbacek Makanan Bubur Rumah dan Cekek

Burbacek adalah singkatan dari bubur, rumbah dan cecek. Ini berarti bahwa kuliner ini terdiri dari 3 jenis kuliner, yaitu bubur, rumbah dan cecek. Cecek ini adalah kikil daging sapi, yang dimasak menggunakan kelapa parut ditambah dengan bumbu cabai merah.

Kuliner ini kaya akan rasa, rasa pedas dan asam pedas dari rumbah, serta rasa gurih pedas dari cecek. Kuliner ini tepat dikonsumsi di siang hari. Dalam mencari kuliner, karena kuliner ini dijual di hampir semua wilayah Indramayu.

Liburan di Indramayu akan lebih menyenangkan dan berkesan jika merasakan makanan khusus. Bukan rahasasia lagi berbagai daerah di Indonesia sangat kaya kuliner. Hampir semua wilayah, dapat menemukan makanan khusus bagian kuliner nusantara yang masing-masing berbeda.

Artikel menarik lainnya: Kuliner Danau Toba Khas Batak dengan Campuran Bumbu dan Pedas yang Menggoda

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close