10 Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan Tradisional yang Cocok Dibawa Setelah Pulang Liburan

Talas Bogor Makanan Khasdan Tradisional Kota Hujan. Sumber: https://dermeva.com/

Makanan khas bogor yang terkenal berbeda dengan daerah lainnya. Wisata Bogor tidak bisa dilepaskan dari kulinernya dan bisa dijadikan oleh-oleh dibawa pulang setelah berkunjung ke Bogor. Bahkan rasanya pun beraga, dari asin, manis, asam, dan gurih.

Kuliner Bogor bisa dicari denagn mudah di berbagai tempat. Jadi, ketika berkunjung ke bogor jangan lupa berburu kuliner yang memiliki citarasa dan kelezatan yang berbeda. Apa saja makanan khas tersebut?

Makanan Khas Bogor yang Terkenal: Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan makanan khas dengan rasa asin yang sangat terkenal. Buah-buahan beragam dari berbagai jenis buah-buahan, antara lain Mangga Muda, Jambu Air, Kemang, Menteng, Anggur Bogor, Kedondong, Bengkuang, Nanas dan Pala. Asinan Bogor biasanya yang olah dengan kuah cuka yang asam, manis dan pedas,dan  ditaburi dengan kacang goreng. Ketika dimakan, rasanya luar bisa segar ketika di mulut, yaitu asem-asem segar.

Makanan Khas Bogor yang Terkenal: Toge Goreng yang Enak

Makanan Khas Toge Goreng sebenarnya bukan digoreng, melainkan direbus dengan air panas. Lalu, dicampur mie, potongan tahu, oncom, dan ketupat. Setelah itu semua barulah di siram dengan bumbu olahan yang terbuat dari kacang, oncom dan tauco.

Soto Kuning dengan Campuran Kunyit dan Santan

Soto Kuning adalah makanan khas Bogor yang berwarna kuning. Warna tersebut berasal dari kunyit dan kuah santan. Selain itu, dicampurkan beberapa bumbu rempah sebagai bumbu. Isi soto kuning bisa sesuai pilihan, seperti Babat, kikil, daging sesuai campuran yang diinginkan.

Makanan Khas Bogor: Doclang

Doclang adalah makanan yang biasanya menjadi sarapan. Kuliner khas Bogor ini dibuat dengan irisan lontong ukuran besar dan dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Makanan ini disiram dengan bumbu kacang dan dibuat dengan aneka macam rempah. Bagi yang suka rasa pedas, doclang biasanya umumnya ditambah kecap dan sambal.

Makanan Khas Bogor Soto Mie

Soto Mie tidak hanya terkenal di Bogor saja, di beberapa daerah sudah ada yang berjualan Soto Mie ini. Adapun isi dari Soto Mie ini adalah campuran dari Mie Kuning dan Bihun ditambahkan dengan potongan daging sapi, jeroan dan risol. Kuah untuk soto mie ini seperti kuah soto bening.

Laksa Bogor

Makanan Khas bogor bernama laksa ini biasanya disantap untuk sarapan. Kuliner yang lebih enak dimakan dalam kondisi panas. Sehingga membuat efek tubuh terasa lebih segar. Isi dari laksa Bogor adalah ketupat, bihun, toge, tahu, telur rebus yang disiram kuah kuning  dan ditambah daun kemangi.

Makanan Khas Bogor yang Terkenal: Cungkring

Makanan khas Bogor dengan nama Cungkring ini dibuat dari potongan kikil dan kepala sapi. Cara mengolahnya dengan dimasak dengan bumbu kuning dan bumbu kacang. Bentuk makanan Cungkring ini seperti sate. Orang biasanya memakannya dicampur dengan tempe atau oncom goreng tepung dan disajikan di atas daun pisang.

Dodongkal yang Dibuat dari Beras

Makanan Bogor Dodongkal dibuat dari beras dan digiling sampai seperti tepung. Setelah itu, tepung digabungkan dengan parutan kelapa dan gula aren. Dodongkal umumnya dijual pada pagi hari sebaai makanan pelengkap sarapan. Bahan beras dibuat menjadi tepung dan akan membuat makanan ini menjadi lembut ketika sudah matang.  Kuliner tradisional Bogor ini biasanya dicampur gula aren dan serutan kelapa yang membuat rasanya enak di mulut.

Artikel menarik lainnya: Makanan Khas Jawa Barat yang Enak Pisan

Makanan Khas Ubi Cilembu

Ubi Cilembu adalah makanan yang rasanya khas seperti semanis madu. Setelah dibakar, ubi cilembu menghasilkan cairan lengket seperti gula. Cairan tersebutmenghasilkan rasa manis pada ubi. Di Kawasan Puncak Bogor, makanan tradisional bogor ini sangat mudah ditemukan. Ubi ini bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Puncak.

Talas Bogor

Makanan khas talas adalah umbi-umbian yang umumnya dimakan ketika ngopi di sore hari. Cara memasak talas bisa digoreng, rebus dan dikukus. Selain itu, talas juga bisa diolah menjadi panganan seperti bolu yang rasanya enak sekali.

Demikian penjelasan mengenai makanan khas Bogor yang terkenal dan Tradisional yang Cocok untuk Dibawa Pulang Setelah Liburan. Tidak afdol rasanya tidak membeli kuliner setelah melakukan wisata di Kota Bogor.

Artikel menarik lainnya: 9 Makanan Khas Sumatera Utara Rasanya Enggak Kaleng-Kaleng

Leave a Reply

Your email address will not be published.