Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Tips Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan Tanpa Kelaparan

Semua orang memiliki tubuh ideal, namun tidak mengetahui tips sehat dan menurunkan berat badan yang baik. Diet bisa menjadi cara yang efektif membuat tubuh lebih kurus, namun tetap dilakukan dengan cara yang sehat. Bukan dengan menyiksa diri menahan rasa lapar dalam waktu yang lama dan minum obat diet berbahan kimia.

Program diet dapat dilakukan sambil menjaga kesehatan tanpa menimbulkan efek samping seperti sakit. Jadi tidak perlu membut diri tersakiti dengan mengurangi porsi makan secara drastis, rela mengonsumsi makanan yang tidak enak, ataupun membuat diri sendiri kelaparan.

Tips Menjalankan Progam Diet Sehat Tanpa Kelaparan

Tips Menjalankan Program Diet
Tips Menjalankan Program Diet

Cobalah tips berikut ini untuk menjalankan program diet secara sehat dan tidak membuat perut kelaparan.

  • Memakai piring yang Lebih Kecil. Piring lebih kecil dapat mengurangi asupan kalori hingga 22%. Jadi pilih piringnya jangan terlalu besar.
  • Minum Dulu Sebelum Makan. Tubuh kita terkadang salah mengartikan antara rasa lapar dan haus. Jadi, minumlah segelas air terlebih untuk mengantisipasi hal tersebut.
  • Makan Secara Perlahan. Tahukan kamu bahwa otak membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit sebelum menyadari bahwa kita sudah kenyang. Apabila makan dilakukan terlalu cepat, maka kamu bisa  makan terlampau banyak makanan diandingkan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Makan Sebelum Berbelanja. Sebaiknya sebelum berbelanja makan dulu, agar tidak kalap dan ingin makan banyak ketika berbelanja atau saat makan di luar rumah.
  • Hindari Makan Cemilan Tak Sehat. Hal ini bisa jadi sangat sulit, karena sering menumpan menyimpan makanan ringan tak sehat di rumah. Tolonglah kurangi jenis makanan tidak sehat dan hindari niat mengunyahnya setiap hari.
  • Porsi Sayuran Diperbanyak. Sayuran adalah jenis makanan rendah kalori dan tinggi serat. Manfaatnya dapat membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

Tips Menurunkan Berat Badan yang Baik

Tips Menurunkan Berat Badan
Tips Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, kamu juga harus mencintai tubuh dengan cara konumsi makanan dan minuman sehat. Gaya hidup juga harus ikut dijaga. Berikut ini tips menurunkan berat badan sambil menjaga kesehatan.

  • Menurunkan berat badan yang baik menurut Kementerian Kesehatan adalah maksimal 2 kg per bulan atau 1/5 kg perminggu. Kurangi asupan energi 500 kkal per hari. MIsal: apabila kebutuhan kalori 2283 kal  dapat dikurangi 500 kal. Sehingga, asupan menjadi 1783 kalori per hari.
  • Aktivitas fisik ditingkatkan dengan cara berjalan lebih jauh atau olahraga lari pada akhir minggu bisa dilakukan bersama keluarga.
  • Tidak perlu mengurangi jumlah konsumsi makanan sehari-hari secara drastis. Menurutkan berat badan bukan berarti membuat tubuh lemas, keringat dingin, pusing kepala atau gejala lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Jangan andalkan jenis makanan formula saja untuk menurunkan berat badan.
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan atau bahan penurunan berat badan, apalagi tanpa diawasi tenaga kesehatan.

Agar berat badan semakin berkurang, jalani tips diet sehat secara konsisten. Coba perbaiki pola makan dan gaya hidup menjadi lebih baik. Sehingga, mampu mengurangi berat badan yang diinginkan sambil menjaga kesehatan tubuh.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close