Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Saran dari Ahli Gizi UGM Jangan Makan Daging Merah Berlebihan Saat Merayakan Idul Adha

Hari Raya Idul Adha tahun 2020 yang dirayakan umat Islam bukan berarti bebas makan daging berlebihan, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dr. Susetyowati, DCN., M.Kes., Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) menyatakan asupan protein yang dibutuhkan sekitar 100 gram dalam sehari.

Protein bisa diperoleh dari daging merah, ikan, susu, keju, dan telur, serta dari tanaman kacang-kacangan. Fungsinya bagi tubuh untuk memenuhi kalori, memperbaiki sel rusak, dan menguatkan daya tahan tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebihan, protein dapat mengakibatkan gangguan lemak dalam darah atau dislipidemia. Termasuk dari protein hewani daging merah seperti daging kambing dan sapi.

Makan Daging Merah Tidak Berlebihan yang Disarankan Oleh Ahli Gizi Termasuk Ketika Hari Raya Idul Adha

Susetyowati memberi rekomendasi mengonsumsi protein sekitar 50-100 gram dalam sehari. Nah, konsumsi daging sapi dan kambing menjadi jauh lebih banyak saat perayaan Hari Raya Idul Adha. Orang yang memiliki masalah kolesterol harus lebih waspada karena kadarnya bisa menjadi sangat berlebihan. Bagi orang yang tidak memiliki masalah kolesterol harus juga menjaga asupan daging merah.

Ada persoalan lain yang bisa berpengaruh bagi tubuh mengakibatkan masalah pencernaan seperti sembelit. Jika dilakukan dalam jangka yang panjang, maka risiko hipertensi semakin meningkat. Makan daging merah dapat memicu penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

Untuk diketahui, kandungan protein dan kolesterol pada sapi dan kambing sebenarnya tidak jauh berbeda. Daging kambing justru mempunyai kandungan kalori, lemak, dan kolesterol lebih rendah daripada sapi. Tidak seperti mitos yang selama ini dipikirkan masyarakat, kalau kandungan kolestrol kambing malah dikatakan lebih tinggi.

Perbandingan Kandungan Nutrisi Dalam Daging Sapi dan Kambing

Kandungan nutrisi dalam 100 gram daging kambing, sebagai berikut:

  • Kalori: 154 kkal
  • Lemak: 9 gram
  • Kolestrol: 63 mg
  • Protein: 16,8 gram

Kandungan nutrisi dalam 100 gram daging sapi, sebagai berikut

  • Kalori: 207 kkal
  • Lemak: 14 gram
  • Sapi: 73 mg
  • Protein: 18,8 gram

Jadi, makan daging sapi belum tentu lebih baik dibandingkan dari daging kambing. Asalkan diperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Disarankan boleh makan sate daging merah maksimal 10 tusuk per hari. Dagingnya juga diolah dengan cara yang sehat.

Pengolahan daging merah disarankan sebaiknya menghindari penambahan bahan masakan yang secara berlebihan. Misalnya tambahan minyak dan santan yang dapat menaikkan kadar kolesterol. Kecap dan saos juga digunakan secukup saja. Bahan-bahan mengandung natrium yang digunakan secara berlebihan dapat berisiko untuk memunculkan hipertensi.

Selama merayakan Idul Adha disarankan juga untuk konsumsi sayur dan buah. Sehingga, dapat menyeimbangkan kandungan kolestrol dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ingat tidak makan daging merah secara berlebihan.

Informasi kesehatan lainnya: Tips Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan Tanpa Kelaparan

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close