Kesehatan

Kenapa sabun Lebih Disarankan Digunakan untuk Membunuh Virus Corona?

Tenaga kesehatan menyarankan kita untuk mencuci tangan menggunakan sabun untuk membunuh virus corona dibandingkan disinfektan atau hand sanitizer. Menariknya, produk pembersih yang habis di toko malah hand sanitizer. Lebih aneh lagi tentu saja ketika tubuh manusia disemprot disinfektan seolah mereka mau mandi. Dikutip dari nationalgeographic.com, Jane Greatorex, seorang ahli virus di Universitas Cambridge menyatakan cairan pembersih seperti disinfektan dan hand sanitizer dapat menyebabkan masalah kesehatan pernapasan, jika sering terhirup.

Disinfektan hanya disarankan untuk digunakan pada permukaan benda yang kotor dan hand sanitizer dipakai karena lebih efisien ketika berada di luar rumah. Maka, Lalu, kenapa tenaga kesehatan selalu menyarankan mencui tangan pakai sabun untuk mencegah penyebaran virus corona?

Sabun Dapat Membunuh Virus Corona dari Tanganmu

Tahukah kamu, salah satu cara orang terinfeksi virus karena penularan dari orang ke orang. Ketika seseorang melakukan Kontak dekat dengan berpelukan, jabat tangan, atau berada di ruang publik dengan kerumunan. Orang yang terinfeksi menjadi lebih mudah menyebarkan tetesan dari mulut melalui bersin atau batuk. Virus dapat menyebar dan mendarat di tubuh orang lain melalui tangan, kemudian virus terbawa ke hidung atau mulut. Lalu, mulailah virus menyerang sistem pernapasan manusia.

Semua virus merupakan bagian dari potongan kode genetik yang terkumpul di dalam lipid dan protein, dan ada yang mempunyai pelindung berbasis lemak. Sehingga, membasmi virus yang terbungkus membutuhkan upaya lebih sedikit ekstra dibandingkan virus yang tidak terbungkus. Virus corona disebut memiliki pembungkus lemak yang menjadi kekuatannya bertahan hidup. Beberapa penelitian menyebutkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti tangga, gagang pintu, dan lainnya terdapat jumlah virus lebih tinggi dan menyebabkan risiko infeksi yang lebih besar.

Nah, sabun dan air adalah cara terbaik untuk menyingkirkan potensi virus yang menempel di tangan. Virus Corona tidak dapat menyebar melalui pori-pori kulit. Sabun bekerja sangat efektif untuk merusak pelindung luar virus corona. Molekul sabun menjebak fragmen kecil virus yang tersapu air. Jadi sabun lebih efektif menyerang virus di tangan, sebelum dia menyebar masuk melalui mulut, mata, dan hidung. Ingat jangan menyentuh wajah sebelum cuci tangan. Bersihkan mencuci tangan dengan cara yang benar dan sedikitnya dalam waktu 20 detik.

Baca juga : KENAPA TIDAK SEMUA ORANG IKUT RAPID TEST, JANGAN-JANGAN TERJANGKIT VIRUS CORONA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *