Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Obat Tradisional Menjaga Imun Tubuh Tercatat di Buku Saku dari BPOM

Obat tradisional menjaga imun karena beberapa jenis tumbuhan dipercaya berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh. Pengobatan alami dapat digunakan apabila telah dibuktikan secara empiris dan penelitian ilmiah. Terutama telah digunakan turun temurun dan dibuktikan kepada manusia.

Beberapa tumbuhan yang menjadi obat tradisional terbukti bermanfaat bagi imun tubuh. Tahukah kamu, sistem imun (daya tahan tubuh) adalah sistem kompleks yang terdiri dari sel, jaringan, organ, dan mediator terlarut yang berperan dalam mempertahankan tubuh dari serangan asing yang mengancam.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari kekebalan alami dan kekebalan adaftif. Kekebalan alami aktivasinya melibatkan sel-sel pembunuh alami yaitu neutrofil (leukosit) yang sering dikenal sebagai makrofag.

Sedangkan,  sistem kekebalan adaftif yang melibatkan limfosit dan menghasilkan antibodi sebagai respon imun. Ketika tubuh sedang dalam kondisi baik, imun alami dan imun adaftif akan bereaksi dalam mempertahankan kekebalan tubuh.

Tumbuhan yang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Obat Tradisional untuk Menjaga Imun Tubuh Kita

Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional antara lain:

  1. Sambiloto bermanfaat mengurangi infeksi saluran pernapasan bagian atas. Gunanya juga dapat meringankan gejala flu, antara lain seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek. Karena memiliki kandungan zat yang berperan sebagai antiradang, antibakteri, dan antivirus.
  2. Meniran mampu mengatasi batu ginjal, meredakan nyeri, mengobati diabetes, malaria, dan hepatitis B.
  3. Jahe memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat bagi lambung, usus, mengatasi nyeri, dan mengurangi mual. Zat dalam jahe berguna baik di otak dan sistem saraf untuk mengurangi rasa mual.
  4. Jambu Biji mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, dan antioksidan seperti likopen. Terdapat pula nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, dan folat. Manfaat konsumsi jambu biji dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperbaiki saluran pencernaan, berguna bagi dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu dapat mengurangi tekanan darah, kolesterol, mencegah diabetes, dan demam berdarah.
  5. Kunyit bermanfaat memiliki kandungan, protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C dan zat besi. Selain itu, terdapat sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang baik bagi kesehatan.
  6. Temulawak berguna memiliki kandungan zat yang baik bagi tubuh, antara lain protein, serat, mineral, dan kurkumin. Manfaatnya bisa sebagai antiradang, menghambat pembengkakan, dan sebagai antimikroba.

Bagaimana Membuktikan Obat Tumbuhan Tradisional  Menjaga Imun?

Khasiat obat tradisional dibuktikan data empiris yaitu telah digunakan secara turun-temurun oleh masyarakat. Selain itu, didukung dengan data ilmiah yaitu dengan uji in-vitro (skala laboratorium), in-vovo (uji ke hewan) dan uji klinik (ke manusia).

Obat tradisional dikelompokkan dalam beberapa jenis, antara lain:

  • Jamu yang pembuktian kehasiatannya dibuktikan secara turun-temurun.
  • Obat herbal dengan standar, yang khasiatnya dibuktikan secara ilmiah di laboratorium dan ke hewan. Bahan bakunya telah memiliki standarisasi.
  • Fitofarmaka yang dibuktikan khasiatnya dengan uji praklinik dan uji klinik yang bahan baku dan produk telah terstandarisasi.

Cara pengolahan obat tradisional biasanya dengan cara perebusan. Adapula tumbuhan tradisional diolah dan diambil sarinya untuk memperoleh khasiatnya. Larutan dari rebusan obat alami disaring dan diminum dengan air hangat.

Pada masa pandemi, ada banyak orang juga yang percaya obat tradisional untuk covid dan mampu membantu penyembuhan pasien. Pastikan mengonsumsinya sesuai aturan pakai dan tidak berlebihan.

Artikel menarik lainnya:

Ikut Tandatangani Petisi “Vaksinasi Mandiri Gak Adil” di change.org Yuk

Manfaat Kandungan Madu Hutan Asli Bagi Kesehatan, Kamu Perlu Mengetahuinya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close