Kesehatan

Minuman Herbal Menyembuhkan Covid-19 ini Cuma Mitos!

Minuman herbal menyembuhkan covid-19 ini ternyata cuma mitos, dikutip dari website covid19.go.id. Begitu banyak informasi mengenai minuman yang dinyatakan dapat mencegah atau mengobati penyakit virus corona.

Bayangkan saja paling tidak ada 9 mitos mengkonsumsi teh herbal, bawang, atau probiotik, sampai minum dan menghirup uap panas. Berikut informasikan mengenai minuman herbal yang sering dikaitkan dengan pengobatan Covid-19. Bahkan sering dibagikan dalam postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi pesan WhatsApp.

Berikut Mitos Minuman Herbal yang Diyakini Mampu Menyembuhkan Covid-19

Ada banyak obat herbal yang biasanya disarankan ketika mengetahui seseorang tertular Covid-19. Persoalannya, diberikan tanpa pengetahuan yang cukup tentang mengobati orang yang tertular virus corona. Berikut obat herbal yang menjadi mitos dapat sebagai alternatif pengobatan untuk menyembuhkan Covid-19.

  1. Teh herbal tidak mampu menyembuhkan Covid-19.
  2. Konsumsi Probiotik tidak dapat mencegah penularan Covid-19. Probiotik adalah jenis mikroorganisme hidup yang ditambahkan ke makanan.  Tujuannya untuk memberikan manfaat kesehatan. Namun belum ada bukti probiotik menolong dan menyembuhkan penyakit tertular virus corona.
  3. Jahe adalah jenis tumbuhan yang mengandung beberapa sifat antimikroba dan anti-imflamasi. Sayangnya belum ada bukti kalau jahe bisa melindungi orang yang tertular Covid-19.
  4. Bawang putih belum mempunyai bukti bisa bisa menyembuhkan orang yang terkena Covid-19.
  5. Menambahkan cabai pada sup bisa mencegah dan menyembuhkan Covid-19 sama sekali belum bisa dibuktikan.
  6. Campuran kelapa muda, garam, jeruk nipis, tidak memiliki bukti medis berguna bagi pasien Covid-19. Sayangnya bisa berdampak negatif bagi orang yang memiliki penyakit lambung.
  7. Berkumur air garam dan minum air yang hangat berlum dapat dibuktikan mampu mengobati orang yang  tertular virus corona.
  8. Air panas ditambahkan lemon dapat mengobati pasien Covid-19 belum pernah dibuktikan dalam penelitian.
  9. Konsumsi air panas dan menghirup uapnya tidak pernah terbukti menyembuhkan orang dengan virus corona.

Pengobatan Covid-19 Sebaiknya Atas Saran Dokter atau Tenaga Kesehatan

Dikutip dari who.int, tindakan bagi orang yang tertular Covid-19, sebaiknya melakukan cara berikut:

  1. Menghubungi pusat pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, klinik dan rumah sakit. Saat ini, penderita dapat melakukan telemedicine sebagai cara konsultasi untuk penyembuhan Covid-19.
  2. Melakukan tes swab dan mentaati prosedur pelacakan orang-orang yang melakukan kontak erat.
  3. Apabila tidak memungkinkan melakukan tes swab, maka wajib di rumah saja dan hindari melakukan kontak dengan orang lain selama 14 hari.
  4. Pada masa isolasi mandiri, penderita dilarang pergi ke kantor, sekolah, atau tempat-tempat umum. Jangan lupa kontak orang yang dikenal, seperti keluarga dan teman untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  5. Selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter tidak terkecuali anggota keluarga Anda.
  6. Pakailah masker medis agar dapat melindungi orang lain, terutama ketika membutuhkan perawatan di pelayanan kesehatan.
  7. Harus mencuci tangan secara rutin.
  8. Menggunakan ruangan berbeda dengan anggota keluarga lain. Ingat selalu memakai masker medis walaupun di rumah.
  9. Tinggal di ruangan dengan ventilasi yang baik.
  10. Apabila terpaksa berbagi kamar dengan orang lain, selelu jaga jarak tempat tidur setidaknya 1 meter.
  11. Perhatikan kondisi kesehatan apakah terjadi gejala apapun itu selama 14 hari.
  12. Apabila mengalami hal bahaya, seperti sulit bernapas, sulit berbicara atau bergerak, dan merasakan nyeri di dada, segera hubungi pelayanan kesehatan.
  13. Tidak lupa selalu berpikir positif dan tetap berhubungan dengan orang terdekat lewat telepon atau internet, dan selalu olahraga di rumah.

Pasien isolasi mandiri tidak disarankan untuk menggunakan obat tanpa rekomendasi dokter, termasuk penggunaan antibiotik. Sedangkan, bagi pasien Covid-19 yang berisiko tinggi dan sakit parah maka harus mendapatkan penanganan tindak lanjut. Pasien harus dibawa ke rumah sakit agar mendapat alat bantu pernapasan ventilator.

Bagi orang yang tertular virus corona sebaiknya konsumsi makanan bergizi dan air yang cukup. Agar meningkatkan imun tubuh dalam melawan virus di dalam tubuh.

Artikel menarik lainnya: Manfaat Kopi Dicampur Madu Ternyata Memiliki Khasiat Luar Biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *