Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Cara Menolong Luka Bakar, Jangan Sampai Menjadi Lebih Parah

Orang tua perlu mengetahui cara menolong luka bakar yang terjadi pada anak-anak ataupun orang dewasa. Tujuannya, agar luka tidak semakin parah dan tidak membayahakan bagi korbannya.

Kalau menemukan orang yang terkena luka bakar, Anda harus segera hentikan pembakaran memasukkan bagian yang terbakar ke dalam air dingin. Lanjutkan untuk mendinginkan luka bakar tersebut sedikitnya 20 menit. Untuk mengurangi rasa sakit, obati dengan aspirin pengurang rasa sakit Iainnya.

Menolong Luka Bakar Karena Bahan Kimia

Apabila luka bakar disebabkan oleh bahan kimia, radiasi, atau listrik, dan menyebabkan munculnya gelembung karena melepuh, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan, seperti:

Jangan pindahkan segala sesuatu yang menempel di luka bakar. Upayakan tidak mengoleskan losyen, minyak, atau mentega. Kalau gelembung sudah sudah muncul, janan dipecahkan dan jangan membuang kulit yang mengelupas. HIndari memberikan sesuatu pada luka bakar kimia.

Bahan kimia yang menempel di luka bakar harus dibersihkan dengan air putih dan tutupi bagian yang terbakar dengan kain basah yang steril (misalnga perban yang bersih).

Hal lain yang perlu dilakukan saat terjadi luka bakar adalah cuci dengan lembut menggumakan air dingin dan bersih. Luka bakar hanya boleh dibiarkan terbuka jika sedang berada di lingkungan yang bersih dan tidak ada kotoran atau kuman yang menggangu luka.

Celana dan pakaian yang terpapar bahan kimia juga perlu dibersihkan atau cuci pakaian tersebut secara terpisah dari pakaian Iain.

Luka yang kecil bisa dioleskan dengan madu untuk mengendalikan infeksi dan mempercepat pengembuhan. Bilaskan madu yang lama dan oleskan setidaknya dua kali dalam 1 sehari. Untuk mencegah risiko yang lebih berbahaya, bawalah korban ke klinik atau rumah sakit.

Luka Bakar Jangan sampai mengganggu Pernafasan

Opsi membawa korban ke rumah sakit menjadi penting, apabila diduga saluran pernafasannya ikut terbakar. Luka bakar ringan bisa saja mengenai sekitar mulut atau hidung.

Luka bakar juga bisa mengganggu rongga mulut. Ada banyak kejadian orang menjadi kebingungan, tidak sadar/pingsan, batuk berat, ketika menghirup udara akibat kebakaran.

Korban tersebut harus dibawa ke rumah sakit, jika orang yang mengalami luka bakar serius di bagian muka, mata, tangan, kaki, dan bagian kemaluan.

Luka bakar menggelembung yang parah bisa mengakibatkan syok disebabkan rasa nyeri, rasa takut, dan hilangnya cairan tubuh. Buatlah orang tersebut ngaman dan merasa aman, ringankan nyerinya, tangani syoknya, dan beri cairan sebanyak-banyaknya.

Baca juga :

Gejala Penyakit Malaria Menginfeksi Darah Anda, Waspadalah!

Menggunakan Handphone Di SPBU Bikin Meledak? Ini Faktanya!

Tingkat Derajat Luka Bakar

Berdasarkan informasi dari doktersehat.com, luka bakar merusak lapisan kulit, bahkan bagian lain dari tubuh, seperti otot, pembuluh darah, dan saraf. Luka bakar memiliki tingkat risiko yang ditimbulkan, seperti derajat pertama, kedua, ketiga, atau keempat. Luka bakar ringan atau berat.

Tingkat bahayanya sesuai dengan jumlah lapisan kulit dan jaringan yang terkena luka bakar. Luka bakar bisa mengenai lapisan kulit pertama kulit dan lebih dalam lagi.

Untuk derajat luka bakar yang lebih parah, korban bisiaa mengalami kerusakan semua lapisan kulit dan jaringan di bawah kulit. Luka bakar yang paling parah ketika meluas merusak otot, ligamen, tendon, saraf, dan pembuluh darah.

Ingat sekali lagi cara menolong luka bakar harus dihindari langsung mengoleskan dengan odol, mentega, kecap, atau minyak. karena hal yang dilakukan tersebut tidak tepat dan bisa membuat luka menimbulkan infeksi. Dari pada salah dan mengakibatkan risiko lebih para, segera hubungi dokter.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close