Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Mari Cari Tahu Cara Menghadapi Stres Karena Pandemi Virus Corona Yang Entah Kapan Berakhir

Menghadapi stres karena pandemi virus corona yang menyebar cepat ke seluruh dunia dan tampaknya belum segara berakhir. Secara sadar atau tidak, wabah virus corona memicu ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran. Intinya banyak orang menjadi stres. Kebijakan mencegah penyebaran virus, seperti melakukan semua kegiatan di rumah aja, PSBB, dan larangan mudik sangat berdampak pada kehidupan kita sehari-hari.

Ada banyak orang yang terbiasa berada di luar rumah menjadi tidak bisa kemana-mana. Dampak bisa berbeda pada setiap orang, dari merasa kesepian, depresi, dan kebosanan yang tinggi tanpa melakukan aktivitas rutin yang biasanya dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi stres sesuai yang disarankan oleh WHO (World Health Organization).

Menghadapi Stres Karena Masa Pandemi Virus Corona dengan Curhat dengan Orang Terdekat

Menurut WHO, orang yang merasa sedih sedih, stres, bingung, takut, dan marah selama masa darurat kesehatan adalah normal. Stres terjadi karena dampak perubahan dari kegiatan dan kondisi yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Cobalah untuk terus menjaga komunikasi dengan orang terdekat, seperti teman dan keluarga. Setidaknya kalau ada uneg-uneg ada tempat menucurahkan isi hati. Hubungi orang tua, kakak, adik, teman-teman yang mungkin merasakan kondisi yang sama dan ingin berbagi pengalaman juga.

Kurangi Rokok, Minum Alkohol dan Obat-Obatan untuk Mengatasi Stres

Tidak hanya kondisi secara psikologi dan sosial yang perlu dijaga, kondisi fisik juga harus diperhatikan. Jika kamu terlalu lama tinggal di rumah, pertahankan gaya hidup sehat. Termasuk diet, pola tidur, dan olahraga. Kurangilah rokok, alkohol, atau jangan minum obat-obatan untuk mengatasi stres Anda. Jika merasa stres dan semakin cemas, ajak orang lain bicara seperti penjelasan poin sebelumnya.

Ketahui Fakta Sebenarnya Tentang Kondisi Saat ini Agar Bisa Menghadapi Stres Karena Pandemi Virus Corona

Dapatkan faktanya yang benar. Kumpulkan informasi yang tepat dari sumber yang benar untuk mengurangi risiko stres. Temukan sumber yang dapat dipercaya berkaitan dampak dari pandemi COVID-19, seperti dari WHO, Kemenkes, dan lembaga pemerintah. Kurangimenonton, membaca, atau mendengarkan berita tentang penyebaran yang menyebabkan rasa emas dan membuat tertekan. Cari informasi dari sumber tepercaya, agar dapat membuat diri lebih tenang, sehingga mampu melindungi diri sendiri dan orang yang dicintai. Untuk apa mendengarkan dan membaca berita yang hanya membuat kamu stres.

Bangun Solidaritas Sosial Selama Masa Pandemi COVID-19

Kamu mungkin sudah banyak melihat dan mendangar orang yang kondisi ekonominya semakin sulit. Daripada stres sendiri, cobalah untuk membantu orang lain yang membutuhkan dan berbuat manfaat bagi orang lain. Misalnya, terlibat komunitas untuk mengumpulkan donasi untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Bekerja bersama sebagai bagian komunitas dapat menciptakan solidaritas dalam menangani virus corona bersama-sama.

COVID-19 telah mempengaruhi kondisi banyak orang, tidak hanya di Indonesia. Cobalah Bersikap empati terhadap semua orang yang terkena dampak dan beri dukungan bagi orang yang terdampak virus corona. Tidak hanya dirimu, orang lain juga merasakan stres terhadap berbagai perubahan yang terjadi beberapa bulan belakangan ini. Jangan biarkan stres membuat hidup menjadi semakain sulit. Jagalah komunikasi dengan orang yang kita cintai.

Apalagi sangat muda terhubung dengan orang lain dengan di era digital. Jadilah orang yang memberi dukungan, bukan menjadi penambah stres bagi orang lain. Apabila kamu memiliki kemampuan untuk memberi dukungan, mau itu secara moral, sosial, atau bantuan secara materi. Lakukan saja secepatnya untuk hal-hal positif yang bisa dilakukan saat ini.

Baca juga: Jangan Sampai Tenaga Kesehatan Mengatakan, Indonesia Terserah Suka-Suka Kalian Saja!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close