Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Menggunakan Masker Kain itu 4 Jam Bukan 24 Jam

Masker kain  dapat digunakan 4 jam dan tidak disarankan lebih dari waktu tersebut. Setelah itu, bisa dicuci dan digunakan ulang. Apabila sudah dipakai langsung rendam dengan air sabun dan dicuci hingga bersih. Penggunaan masker disarankan oleh Pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona dan diminta untuk dipakai masyarakat terutama setiap keluar rumah. Jadi, jangan sampai digunakan hingga seharian atau 24 jam.

WHO pun yang awalnya menyarankan masker digunakan oleh orang sakit dan tenaga medis saja, kemudian menggunakan semua orang harus menggunakannya. Kalau masker kain digunakan untuk masyarakat umum, masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga kesehatan. Bagi mereka yang bertugas untuk merawat pasien Covid-19. Masker kain sebagai alternatif pencegahan menyebarkan virus kepada orang lain, apalagi masker bedah dan N-95 sulit dicari di pasaran.

Masker Kain Digunakan 4 Jam Sebagai Langkah Antisipasi Penyebaran COVID-19

Sebagai langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19,  masker kain wajib digunakan oleh setiap orang ketika beraktivitas di luar rumah. Adanya masker kain dapat membuat jenis  masker bedah dan masker N-95 tidak langka dan dapat digunakan oleh tenaga kesehatan. 

Masker kain digunakan maksimal 4 jam
Masker kain digunakan maksimal 4 jam

Masker kain tidak hanya digunakan oleh orang yang sakit saja. Penggunaannya ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Orang yang tidak mempunyai keperluan mendesak sebaiknya di rumah saja seperti yang disarankan oleh pemerintah sebelumnya.

Masker Kain Harus Digunakan Ketika Ke Luar Rumah
Masker Kain Harus Digunakan Ketika Ke Luar Rumah

Karena banyak orang tanpa gejala (OTG) yang dengan mudah menularkan virus, maka sebaiknya masker terus digunakan ketika berpergian keluar rumah. Meski sudah menggunakan masker kain, setiap orang tetap harus menjaga jarak ketika berbicara dan rajin mencuci tangan sebelum dan setelah berada di rumah. Hal itu, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan semua anggota keluarga.

Aku, kamu, atau mereka yang dari luar rumah mungkin tidak menyadari sebagai pembawa virus corona. Seseorang merasa sehat, namun malah menularkan COVID-19 kepada orang tua. Oleh karena itu, penggunaan masker dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari risiko terjangkin virus corona.

Baca juga : Kamu Bisa Mencegah Pelecehan Seksual di KRL dan Tempat Umum Lainnya Dengan 5 Cara ini

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close