Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan dan Penyakit Covid-19

Manfaat minum air kelapa muda dapat diminum tanpa diolah dan juga bisa diperoleh dari daging buahnya yang langsung dikonsumsi. Gizi yang terkandung dalam buah kelapa cukup baik, antara lain memiliki kandungan asam lemak dan asam amino esensial yang sangat baik bagi tubuh.

Jadi dapat dikelompokkan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Daging buah kelapa muda ternyata memiliki kadar air cukup tinggi sekitar 80% dan kadar lemak di atas sektar 5%.

Sehingga banyak orang yang percaya air kelapa muda sebagai minuman alami berkhasiat. Apalagi higienis serta memiliki komposisi gizi yang cukup baik. Jadi selain bisa mengurangi rasa haus dan dapat mengurangi rasa lapar sementara waktu, buah kelapa muda bisa untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Air kelapa muda bermanfaat bagi penyakit Covid-19 memang belum terbukti kebenarannya. Namun, minuman alami ini banyak gunanya seperti membunuh cacing perut, baik bagi penderita kolera, mengurangi rasa gatal-gatal penyakit cacar, dan lainnya.

Manfaat tersebut bisa dirasakan, karena beberapa hal berikut ini:

  • Air kelapa memiliki kandungan mineral dan gula yang menghasilkan elektrolit yang sempurna.
  • Memiliki unsur kalium (K) yang tertinggi, mencapai 7.300 mg/l.
  • Berperan untuk meningkatkan frekwensi buang air kecil dan membantu mengeliminasi obat-obat dan antibodi-antibodi lain.
  • Membantu dalam mengurangi pengaruh obat-obat dengan cara mempercepat konsentrasinya dalam darah.
  • Sebagai penangkal penyakit-penyakit karena candu alkohol dan merokok.
  • Air kelapa muda dicampur dengan satu sendok teh madu juga efektif dalam menguatkan pusat-pusat saraf seks.
  • Air kelapa muda bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, bintik-bintik hitam, dan mencegah munculnya keriput.
  • Bisa menjadi solusi batu kemih dan melindungi infeksi saluran pencernaan.
  • Membantu dalam menggantikan kehilangan cairan yang mengalami dehidrasi parah akibat diare. ​
  • Berguna bagi olahraga, karena air kelapa memberikan dampak hidrasi seperti minuman olahraga karbohidrat-elektrolit.
  • Mempunyai banyak khasiat layaknya obat, termasuk antioksidan, kardioprotektif, hipokolesterolemik, antihipertensi, hipoglikemik, dan lainnya.

Tahukah kamu, air kelapa  yang bening, steril, tidak berwarna, manis, beraroma alami, sedikit asam, memiliki pH berkisar antara 4,2 dan 6,0. Minuman yang menjadi yang banyak digunakan dengan tujuan pengobatan di Indonesia. Jadi tidak heran, begitu banyak manfaat yang telah dirasakan dari meminumnya ketika sakit atau demi menjaga kesehatan.

Benarkah Manfaat Minum Air Kelapa Bisa Menyembuhkan Peyakit Covid-19?

Pernah beredar pesan berantai yang menyatakan campuran air kelapa muda, garam, dan air jeruk nipis bisa membunuh virus corona. Faktanya dari penjelasan Guru besar Departemen Penyakit Dalam/ Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam, menjelaskan ramuan seperti dalam pesan berantai tidak terbukti secara medis.

Sifat pesan yang terkirim hanya berupa testimony dan tidak belum ada pembuktian medis, karena harus teruji secara uji klinis. Jadi campuran air kelapa dan bahan lainnya belum tentu menghasilkan efek yang sama jika dikonsumsi oleh orang-orang yang berbeda. Pengobatan atau vaksin dinyatakan efektif apabila melewati serangkaian metode uji klinis.

Walaupun begitu, meminum campuran air kelapa muda, air jeruk nipis, dan garam dipersilakan. Air kelapa muda hijau adalah meniman sehat yang mengandung elektrolit dan vitaminnya. Begitu pula jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C.

Artikel menarik lainnya:

Alasan Oximeter Penting Bagi Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri

Apa itu Telemedicine dan Manfaat Bagi Kesehatan Pasien Covid-19

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close