Kesehatan

Manfaat Kopi Dicampur Madu Ternyata Memiliki Khasiat Luar Biasa!

Manfaat kopi dicampur madu sering menjadi pertanyaan para penikmatnya. Apalagi madu bisa menjadi pengganti untuk membuat rasa manis minuman. Tetapi apakah benar-benar ada manfaatnya madu ditambahkan ke dalam secangkir kopi? Tahukah kamu bahwa madu ditemukan sekitar 8000 tahun yang lalu. Namun, tidak diketahui kapan tren kopi dicampur madu dimulai.

Eksperimen manusia dengan rasa manis membuat madu menjadi salah satu pemanis rasa minuman. Gula sangat jelas membuat rasa manis dalam kopi, tetapi gula memiliki efek negatif bagi kesehatan. Sehingga banyak orang yang mengatakan, “Jangan campurkan gula, karena malah merusak cita rasa dan manfaat minuman kopi.”

Manusia mencari alternatif zat yang bermanfaat bagi kesehatan, madu adalah salah satu pilihan untuk membuat rasa kopi tidak terlalu pahit.

Manfaat Kesehatan Madu  Dicampurkan di dalam Secangkir Kopi

Berbagai budaya telah menggunakan madu selama ribuan tahun yang membuat makanan dan minuman menjadi lebih manis. Madu dikenal sebagai disinfektan yang efektif, dan anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Madu mengandung glukosa dan fruktosa. Glukosa merupakan gula dasar yang mudah diserap oleh tubuh melalui enzim di saluran pencernaan, hormon insulin, dan hormon glikogen. Lalu diubah menjadi energi yang menguatkan imun tubuh.

Sehingga tidak heran kalau madu dapat membantu tubuh melawan penyakit dan alergi seperti sakit kepala atau pilek. Berikut adalah beberapa manfaat madu dicampur ke secangkir kopi:

Manfaat Kopi Dicampur Madu Memiliki Banyak Nutrisi

Madu memiliki nilai nutrisi yang jauh lebih tinggi daripada gula biasa. Kandungan gula hanya memberi kalori, sedangkan madu memiliki manfaat tambahan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, riboflavin dan banyak lainnya.

Madu juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dan seng yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, madu dapat dikatakan sebagai alternative pemanis dibandingkan terlalu sering konsumsi gula.

Berfungsi Sebagai Antimikroba

Tahukah sobat Sabumi, bahwa madu pernah digunakan sebagai komponen obat selama ribuan tahun? Madu adalah senyawa antimikroba yang efektif. Berbagai budaya kuno telah mengoleskan madu ke berbagai luka, luka bakar atau bisul dan membantu mereka sembuh lebih cepat dari biasanya.

Madu yang ditambahkan ke kopi bisa bertindak sebagai obat batuk alami. Jika kamu sedang batuk, madu bisa menjadi alternatif yang baik, untuk pengobatan tanpa bahan kimia dan sebagai cara yang baik untuk meredakan sakit tenggorokan.

Manfaat Madu Kaya Antioksidan

Madu juga dikenal kaya antioksidan. Madu yang ditambahkan ke secangkir kopi dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Jadi, bisa mencegah risiko lebih rendah terkena kanker, terkena penyakit Alzheimer atau Parkinson, dan bahkan memperlambat proses penuaan.

Madu Memiliki Manfaat Antiinflamasi

Sifat penyembuhan madu tidak berhenti pada sifat antimikroba, melainkan juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang efektif. Sehingga, membuat madu sebagai zat yang berguna tidak hanya mengelola peradangan kronis, seperti aterosklerosis dan diabetes mellitus. Sehingga, sangat berbeda dengan gula biasa yang dapat membuat reaksi peradangan jauh lebih buruk.

Manfaat Kopi Dicampur Madu Lebih Mudah Dicerna Organ Tubuh

Madu lebih mudah dicerna dan bisa dikonsumi bagi kamu yang memiliki perut yang sensitif. Tidak seperti gula rafinasi, madu itu muda dicerna selama proses pencernaan. Karena zat dalam madu sudah diproses oleh lebah dari nektar.

Madu juga mengandung enzim khusus yang memecah kandungan gula sebelum dicerna. Hal itu membuat madu diproses dengan lebih mudah pada sistem pencernaan Anda.

Demikian Manfaat Kopi dicampur Madu dan tidak ada salahnya kamu mencobanya. Berbeda dari pemanis biasa, kopi dan madu adalah perpaduan yang menarik dan cobalah sebagai perpaduan minuman yang berguna bagi tubuh.

Artikel menarik lainnya: Manfaat Kandungan Madu Hutan Asli Bagi Kesehatan, Kamu Perlu Mengetahuinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *