Sun. May 26th, 2024
    Manfaat Daun Kelor untuk Penyakit Apa Saja. Sumber kesekolah.comManfaat Daun Kelor untuk Penyakit Apa Saja. Sumber kesekolah.com

    Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) sangat kaya untuk kesehatan dan digunakan sebagai pengobatan tradisional. Tanamannya memiliki ciri bentuk daun berukuran kecil dan tumbuh dengan mudah di tanah yang tidak terlalu subur.

    Menariknya, tanaman kelor (Moringa oleifera) banyak tumbuh dan terdapat di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki tinggi bisa sampai 7-11 meter dan bisa berkembang di dataran rendah hingga pada ketinggian 700 mdpl.

    Karena manfaat tumbuhan ini, terutama daun kelor memiliki julukan The Miracle Tree, Tree For Life dan Amazing Tree. Kandungannya yang bermanfaat membuat pohon kelor sangat berpotensi dipakai sebagai bahan pangan, kosmetik dan industri. Di tulisan ini ingin membahas manfaat daun kelor sebagai bahan pangan.

    Manfaat Daun Kelor Sebagai Bahan Pangan Terutama Bagi Ibu Menyusui dan Balita

    Tanaman kelor sudah dimanfaatkan untuk untuk mengatasi masalah malnutrisi balita dan ibu menyusui. Daun kelor bisa dimakan dalam kondisi segar, dimasak lebih dulu, atau diproses dalam bentuk tepung. Sehingga, sudah menjadi biasa dikonsumsi sebagai sayuran untuk menu sehari-hari.

    Daun kelor yang segar umumnya dipetik dan dimasak dengan air yang dicampur terong dan daun kemangi. Bisa pula diolah dengan santan atau dicampur dengan kacang hijau yang sudah dimasak. Jamaknya masyarakat menjadikannya menu sehari-hari yang dihidangkan dengan nasi. Beberapa Manfaat daun kelor lainnya, sebagai berikut:

    1. Menurunkan berat badan dengan melancarkan metabolisme yang bisa membakar kalori lebih cepat.
    2. Anti diabetes: mempunyai sifat anti diabetes karena kandungan seng tinggi seperti mineral yang menghasilkan memproduksi insulin.
    3. Mencegah penyakit jantung: dari lipid terosi yang melindungi jaringan jantung dari kerusakan struktural.
    4. Membuat sehat rambut: daun kelor bisa membuat pertumbuhan rambut dari asupan nutrisi.
    5. Membuat mata lebih sehat: Daun kelor mempunyai kandung vitamin A yang tinggi.
    6. Dapat mengobati rematik: hal itu terjadi karena kekurangan nutrisi. Daun kelor bisa memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tulang.
    7. Mengobati Herpes/Kurap: Penyakit kulit herpes akibat virus golongan famili hepertoviridae bisa diobati karena menyiapkan 3-7 tangkai daun kelor. Lalu ditumbuk sampai halus dan letakkan di kulit yang terkena.
    8. Mengobati penyakit dalam. Contohnya penyakit luka lambung, luka usus dan batu ginjal yang disebabkan penyumbatan saluran kemih. Manfaat daun kelor adalah memperlancar pencernaan dan dijadikan masakan secara rutin.
    9. Bisa mengobati Kanker: Kandungan antioksidan dan potasium di daun kelor berguna untuk mengobati kanker. Daun kelor bisa mengatasi perkembangan sel-sel kanker, seperti potasium bermanfaat bisa menyingkirkan sel-sel kanker. Asam amino bisa meningkatkan sistem imun.

    Jadi, daun kelor sebagai tanaman yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan bisa mencegah serta mengobati penyakit tertentu.

    Artikel menarik lainnya: Manfaat Kopi Dicampur Madu Ternyata Memiliki Khasiat Luar Biasa!

    Daun Kelor Bisa Diolah Menjadi Apa Saja

    Daun kelor bisa diolah bisa dihaluskan menjadi tepung untuk kebutuhan farmasi (contohnya moringa capsul, moringa tablets, moringa tea). Selain itu, bisa sebagai bahan kosmetik (contohnya moringa oil, moringa soap, moringa face wash, moringa cream) dan olahan siap saji (pudding kelor, cake, biskuit, crackers, jus, minuman prebiotik).

    Pada kawasan Indonesia Timur, Manfaat daun kelor bisa menjadi masakan sayuran dicampur dengan sayur lainnya. Tidak hanya menjadi sayuran, daun  kelor juga dapat diolah menjadi tepung, ekstrak, atau teh herbal.

    Manfaat daun kelor (Moringa oleifera) juga bisa untuk pengobatan penyakit saraf pusat, kardiovaskular, pernapasan, pencernaan, genitourinari, dan system kekebalan tubuh. Beberapa studi membuktikan daun kelor mempunyai beberapa sifat spesifik, antara lain antiinflamasi, antimikroba, antihiperglikemik, antioksidan, dan antikanker.

    Bahan Bacaan:

    Potensi Terapi Moringa oleifera (Kelor) pada Penyakit Degeneratif,  Khairun Nisa Berawi dan kawan-kawan.

    Manfaat Daun Kelor di situs http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1228-manfaat-daun-kelor-bagi-kesehatan.

    Ragam Manfaat Tanaman Kelor (Moringa oleifera Lamk.) Bagi Masyarakat , Wahyudi Isnan dan Nurhaedah M.

    Artikel menarik lainnya: Manfaat Air Tajin untuk Ibu Hamil dan Bayi, Sudah Tahu Belum?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *