Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Kesehatan

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Kamu, Bukan Soal Bugar dan Enggak Mudah Lemas Semata

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Kamu harus memahami manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh, seperti membuat tetap bugar, aktif secara fisik, dan menjadi cara mencegah munculnya penyakit serius. Itu loh penyakit serius seperti obsesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi. Menaiki sepeda secara teratur adalah cara terbaik mengurangi risiko masalah kesehatan, terutama bagi Anda yang mager alias males gerak.

Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat dinikmati orang dari segala usia, mau nenek-nenek, emak-emak, anak-anak juga bisa melakukannya. Ya tentu saja bersepada juga sangat bermanfaat bagi kaum pria. Olaraga sepeda itu enggak bakal rugi, karena enggak perlu beli bensin, tanpa biaya, dan baik bagi lingkungan. Tidak ada dampak terhadap lingkungan dari mengayuh sepeda.

Nah, bagi kamu yang sering olahraga sepeda dengan rutin mungkin sudah tahu manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun, sebagian besar orang di luar sana mungkin tidak mengerti gunanya bersepeda, apalagi harus mengayuhnya berkilo-kilo meter.

Baca juga: Kebiasaan yang Sering DiLanggar, Padahal Berpengaruh Besar Bagi Hidupmu

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Terutama  Sangat Mempengaruhi Kebugaran

Menaiki Sepeda Hingga Ke Pelabuhan Ratu Biar Tambah Sehat
Menaiki Sepeda Hingga Ke Pelabuhan Ratu Biar Tambah Sehat. Foto: Sabumi Volunteer.

Olahraga menggunakan sepeda adalah cara melatih otot yang baik dan rendah risiko cedera dengan cara mengayuh pedal. Orang dapat olahraga sepeda tanpa tanpa perlu perlu melatih fisik dengan keras terlebih dulu seperti olahraga kebugaran lainnya.

Bersepeda bedampak baik bagi kekuatan stamina dan kebugaran tubuh tanpa tuntutan latihan yang terlalu intens. Sebaliknya, orang yang menyukai olahraga sepeda melakukannya karena menimbulkan perasaan yang penyenangkan, dapat dilakukan di luar ruangan, dan tanpa harus mengatur waktu khusus untuk melakukannya.

Ketika olahraga sepeda dilakukan secara teratur, maka akan berdampak baik bagi jantung, pembuluh darah, dan paru-paru kamu. Bersepeda adalah olahraga dengan aktivitas aerobik dayang membuat kamu bernafas lebih dalam, berkeringat dan mengalami peningkatan suhu tubuh. Sehingga menimbulkan dampak positif bagi tingkat kebugaran tubuh.

Beberapa manfaat lain bersepeda dengan teratur, antara lain:

  • Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.
  • Menambah mobilitas sendi.
  • Menurunkan tingkat stres.
  • Memperbaiki koordinasi gerak anggota tubuh.
  • Tingkat kadar lemak dalam tubuh berkurang.
  • Mencegah Mengurangi kecemasan dan depresi.

Bersepeda Dapat Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental Kamu.

Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, maka olahraga sepeda sangat baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Karena tingkat metabolisme, kemampuan kerja otot membaik dan dapat membakar lemak tubuh. Namun, kalau mau menurunkan berat badan jangan cuma besepeda saja, tetapi harus diiringi dengan rencana makan sehat.

Orang yang bersepeda dengan rutin akan merasakan bahwa mengayuh pedal adalah bagian olahraga yang nyaman dan dapat dilakukan sesuai waktu luang dan kesempatan kamu. Tahu enggak, kalau penelitian pernah menunjukkan bahwa bersepeda mampu membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam.

Kerennya lagi, bersepeda secara teratur  dapat merangsang dan meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bagi orang yang bersepeda ke tempat kerja dapat mengurangi risiko paparan polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada penumpang mobil, sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat.

Manfaat lainnya bersepda bagi kesehatan fisik adalah mengurangi risiko cidera tulang dan radang sendi. Orang rajin bersepeda mempengaruhi meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi gerak tubuhnya. Mengendarai sepeda adalah cara olahraga yang ideal bagi kamu mencagah osteoartritis, karena berdampak rendah terhadap tekanan pada persendian.

Baca Puisi ini: Para Bedebah Serakah dan Nestapa Semesta

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Mental

Orang yang bersepeda dapat mengurangi rasa depresi, stres dan kecemasan. Mengendarai sepeda secara teratur membuat orang mengalihkan pikiran buruk, karena menikmati mengayuh pedalnya.

Sebuah penelitian dari Stanford Calming Technology Lab menyebutkan bahwa orang yang mengendarai kendaraan bermotor membuat pernafasan cenderung lebih dangkal. Apabila dibandingkan pernafasan orang yang menggunakan sepeda.

Padahal, orang yang memiliki nafas dangkal mempengaruhi peningkatan denyut jantung sebagai tanda stress atau depresi. Olahraga yang mudah ini ternyata memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close