Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Manfaat Kandungan Madu Hutan Asli Bagi Kesehatan, Kamu Perlu Mengetahuinya

Madu Hutan Asli adalah cairan kental yang diproduksi oleh lebah madu dari beragam sumber nektar. Bahan alami madu memiliki rasa manis yang berasal dari bagian-bagian tanaman hidup yang dikumpulkan, diubah dan diikat dengan senyawa yang bermanfaat bagi manusia.

Zat yang dapat menjadi agen antibakteri bisa merawat luka, dan infeksi akibat luka bakar maupun luka lainnya. Sehingga, bisa mempercepat proses penyembuhan disebabkan oleh adanya aktivitas anti bakteri.

Kandungan madu hutan asli terdiri dari 17,1% air; 82,4%, karbohidrat total, 0,5% protein, asam amino, vitamin dan mineral.

Selain itu, terdapat mineral antara lain natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Madu hutan juga memiliki karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak, serta gula mencapai 80%. Dari semua kandungan tersebut, tak madu dinilai memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Manfaat Madu Hutan Asli Bagi Tubuh Kita

Adapun manfaat madu hutan asli bagi tubuh manusia antara lain:

  1. Pengganti Gula: Madu hutan dapat menjadi pengganti gula dan lebih sehat. Rasa manisnya bisa diperoleh dari susu yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  2. Gampang dicerna oleh organ tubuh yang paling sensitive, karena kandungan gula pada madu bisa diubah menjadi jenis gula lain (fruktosa menjadi glukosa).
  3. Sebagai Sumber vitamin dan mineral yang memiliki vitamin dan mineral. Madu hutan biasanya memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan zat besi.
  4. Menyembuhkan Luka. Madu hutan mampu membantu dalam membersihkan infeksi, mengobati luku, dan mengurangi peradangan. Selain itu, tidak membuat iritasi, tidak beracun, steril, memiliki sifat bakterisida dan terdapat nutrisi.
  5. Antioksidan pada madu hutan terjadi karena adanya senyawa fitokimia seperti asam organik, vitamin, dan enzim. Jenis madu yang lebih gelap memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi.
  6. Berperan sebagaiAnti Mikroba. Madu hutan bermanfaat sebagai antic mikroba terdiri dari bakteri gram positif. Kandungannya memiliki sifat bakteriostatik maupun efek bakterisida berguna melawan melawan bakteri patogen. Gula yang terkonsentrasi tinggi pada madu hutan berperan sebagai antibakteri.

Tahukah kamu, madu hutan terdiri dari  madu hitam pahit dan madu hitam manis dihasilkan oleh lebah Apis dorsata yang belum bisa dibudidayakan dengan baik. Jenis spesies yang terdapat di desa kawasan hutan seperti di Muara Teweh Kalimantan dan Sumbawa.

Manfaat madu hutan asli digunakan sebagai bahan pengobatan luka yang juga banyak digunakan di Australia dan Eropa. Sehingga, ada banyak dikembangkan produk-produk perawatan luka. Karena khasiatnya sebagai antimikroba dan kemampuannya menyembuhkan luka lebih cepat.

Tidak heran banyak digunakan hingga saat ini, karena madu menjadi jenis minuman yang manis, sehat dan dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Artikel menarik lainnya:

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan dan Penyakit Covid-19

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close