Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Kick Off Vaksinasi Dosis Ketiga Dilakukan di Kota Sukabumi

Kick Off vaksinasi dosis ketiga dilakukan di Kota Sukabumi. Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menyatakan pemberian vaksin tersebut sesuai arahan Pemerintah Pusat dilakukan serantak mulai Rabu, 12 Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih, menjelaskan bahwa Kota Sukabumi menjadi salah satu Kota yang bisa melakukan vaksinasi booster, karena menjadi salah dari sepuluh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat telah memenuhi syarat. Syarat vaksinasi dosis ketiga adalah capaian vaksinasi covid–19 dosis pertama telah mencapai lebih dari 70 % dan dosis kedua diatas 60 %.

“Hari ini (12/01/2022) adalah kick off  untuk pemberian booster dosis ketiga dan ini dilakukan di seluruh Indonesia. Khusus untuk Jawa Barat dilaksanakan di 10 kabupetan/ kota. Karena syarat dan ketentuannya adalah telah melakukan vaksinasi dosis 1 sebanyak 70 % dan vaksinasi dosis 2 sudah 60 %. Kota Sukabumi termasuk salah satu yang telah memenuhi syarat tersebut dan dilaksanakan pada 8 puskesmas. Targetnya adalah 269.834 orang.,” certus Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.”

Vaksin Booster Ketiga di Kota Sukabumi yang Diberikan adalah Jenis Astrazeneca

Saat ini, Dinas Kesehatan sedang mengejar target pelaksanaan vaksinasi covid – 19 bagi anak usia 6 – 11 tahun. Targetnya adalah 141 Sekolah Dasar dan masih mencapai 20 % dari 35 ribu orang anak. Jumlah vaksin yang ada di Kota Sukabumi dinyatakan lebih dari cukup.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi juga merasa senang masyarakat menyambut baik pelaksanaan vaksinasi covid – 19 dosis ketiga. Hal itu telihat di Puskesmas Cipelang, karena warga yang antri cukup panjang. Begitu pula, Vaksinasi Dosis Ketiga di Puskesmas Tipar.

Kepala UPT Puskesmas Tipar, Eri Kurniawati, menyatakan bahwa orang yang berhak mendapatkan dosis ketiga adalah peserta vaksinasi telah berusia 18 tahun keatas dan telah menerima dosis kedua dengan jarak lebih dari 6 bulan.

Vaksinasi dosis ketiga diberikan secara gratis dan tanpa biaya.  Lokasi vaksinasi ketiga lainnya di Kota Sukabumi adalah Puskesmas Selabatu, Nanggeleng, Baros, Benteng dan Cibeureum Hilir. Setiap orang diharapkan dapat mengikuti vaksinasi dosis ketiga, agar imunitas tubuh menjadi lebih kuat.

Presiden  Memastikan Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga Gratis

Keputusan dari Presiden Joko Widodo adalah pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) diberikan gratis. Pelaksanaannya dimulai pada 12 Januari 2022. Orang yang diprioritaskan menerima adalah para lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

“Saya sudah memutuskan vaksin ketiga diberikan secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah menjadi hal yang utama,” kata Presiden. Pemerintah terus berupaya meningkatkan kekebalan tubuh warga Indonesia dari paparan virus korona.

Beliau juga memberi imbauan agar masyarakat selalu waspada dan disiplin protokol kesehatan. “Saya mengingatkan masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, dengan cara memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan adalah merupakan kunci untuk menghadapi pandemi Covid-19.”

Jadi, bagi kamu yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua enam bulan lalu, segera pergi ke Puskesmas atau tempat layanan kesehatan untuk diberikan vaksinasi dosis ketiga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close