Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Memulai Kebiasaan Hidup Sehat itu Sulit, Kenapa Harus Dilakukan?

Kamu punya kebiasaan yang buruk selama hidup jalani saja, toh memulai kebiasaan hidup sehat itu tidak mudah. Kalau mencobanya saja sulit, kenapa harus memulainya? Tetapi kan… Bangun pagi, mandi, kerja 8 jam, mengabiskan waktu ditransportasi massal. Sampai di rumah terkulai lemas dan tidur. Lalu mulai bangun pagi lagi, dan memulai rutinitas seperti hari sebelumnya.

Kalau waktu begitu sibuknya, apa sempat membuat hidup sehat itu menjadi kebiasaan. Apalagi menurut berbagai artikel kebiasaan hidup sehat adalah kegiatan rutin yang di ulang. Kebiasaan hidup sehat adalah pola kehidupan untuk menjaga tubuh tetap sehat yang diulang-ulang. Lah, kalau ndak ada waktu begitu, mau hidup sehat begimana?Katanya Rajin Berdiri Adalah Kebiasaan Hidup Sehat

Bagi orang yang waktunya habis buat mencari uang dan menjadi pegawai kantor, hidupnya mungkin kebanyakan duduk. Lah kalau kayak pelayan toko, kasir rumah makan, dan tukang parkir. Mereka tidak perlu lagi diajari pola hidup sehat dengan cara berdiri. Mereka justru lelah menghabiskan setengah hari dari 24 jam waktu hidupnya dengan berdiri.

Maka, duduklah lebih baik dibanding berdiri. Tidak semua aktivitas berdiri itu menyehatkan. Tenaga terkuras dan tubuhmu bisa lemas. Bagi mereka yang keseringan duduk, ad ariset yang menunjukkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama menjadi prusak kesehatan. Maka berdirilah setidaknya 5 menit per 1 jam. Itu penting dilakukan demi melancarkan peredaran darah.

Bergerak untuk Membakar Kalori Tetapi Kan Malas Juga ya Biar Jadi Kebiasaan Hidup Sehat

Bagi kamu yang malas bergerak ketahuilah kalau olahraga itu penting sepeti pergi ke gym setiap hari. Manfaatnya dapat membakar kalori di tubuh kamu. Kalau malas pergi ke gym, ada siasat lain meski tampak kurang kerjaan. Cobalah memarkirkan kendaraan lebih jauh dari kantor. Agar kamu bisa berjalan dulu demi menggerakkan tubuh. Coba juga rajin-rajin naik tangga daripada naik lift. Namun kalau ruang kantormu berada di lantai 15 itu lain persoalan. Jangan bikin penyakit naik tangga ke lantai setinggi itu.

Cara paling murah untuk rajin bergerak demi kebiasaan hidup sehat adalah jalan-jalan pagi atau sore dikala liburan. Jadi tidak mengganggu aktivitas kerjaan kamu. Kalau ada kerjaan waktu weekend, bawa aja kerjaannya juga jalan-jalan. Apes banget ya hidup, kalau akhir pekan juga harus berkerja. Tetapi kalau rajin bergerak juga ogah dilakukan ya mau bagaimana coba?

Mengatur Pola Makan itu Sulit Tapi Katanya Bikin Tubuh Sehat

Sebagian orang membuktikan kalau mengatur pola makan membuat tubuhnya lebih sehat. Pola makan yang diterapkan tentu saja dengan gizi seimbang, seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mineral yang penting bagi tubuh. Makan sayur dan buah juga disarankan. Namun itu teorinya, kalau kita biasa makan seenaknya, beli apa saja, dan kunyah semaunya bagaimana mau mengatur pola makan.  Apalagi enggak tahan godaan makanan cepat saji. Siapa yang kuat coba menahan godaan harum makanan cepat saji. Pokoknya hajar las makan sekenyang-kenyangnya.

Tergoda Minuman Manis Dibandingkan Air Putih

Banyak saran yang mengatakan lebih baik minum air putih. Namun, kalau minuman manis begitu menggoda, kenapa harus minum air putih? Kita semua tahu minuman manis itu nikmat rasanya, meski dihantui oleh kandungan gula yang aduhai dan memiliki risiko jantung, obesitas, dan diabetes. Tetapi mana tahan. Himbauan minum air putih 6-8 gelas per hari pun dihiraukan. Apapun alasannya, walau air putih dikatakan bisa mengurangi kadar racun dalam tubuh. Tetapi apapun makanannya kan minumannya tetap… (isilah titik-titik dalam hati saja).

Praktik Paling Mudah Kebiasaan Hidup Sehat itu ya Mencuci Tangan

Tangan yang bersih berperan penting dalam menjaga kesehatan. Tubuh senantiasa sehat kalau tangan bersih. Apalagi mencucinya dengan sabun dapat terhindar dari penularan penyakit infeksi. Meski begitu tetap saja sering lupa. Abis ngupil, garuk selangkangan, megang pantat, sering kelupaan cuci tangan setelah itu malah makan. Kalau sudah begitu bisa gagal juga. Maka ingatlah cuci tangan setiap kali kamu melakukan apapun termasuk setelah mengupil.

Kesimpulan

Maka dari itu wahai pembaca budiman, kebiasaan hidup sehat itu sepertinya mudah. Namun kita tidak memulainya dan malah melupakannya. Padahal itu penting sekali bagi hidup kita. Ingat, sayangi diri dan berikan yang terbaik bagi tubuh kamu. Kalau pun sulit memulainya, ya mau bagaimana lagi.

Baca juga : 4 Cara Membuat Pagi Lebih Produktif

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close