Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Baik Bagi Kandungan

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil penting diketahui untuk menjaga kesehatan dan gizinya tercukupi. Karena bisa berdampak jangka panjang bagi anak yang dilahirkan. Oleh karena itu perlu memilih makanan yang menyehatkan bayi di dalam kandungan.

Ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak melakukan diet dan sebaiknya konsumsi makanan yang berbeda, agar memperoleh asupan nutrisi seimbang bagi bumil dan bayi.

5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Berikut ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Baik Bagi Kandungan, antara lain:

  1. Karbohidrat.  Berguna untuk menambah energi  dan penting bagi kekuatan fisik ibu hamil. Karbohidrat terkadung dalam Nasi putih,  Roti,  Jagung, Sagu, Kentang . Namun, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan.
  2. Protein. Susu adalah salah satu sumber protein yang tinggi dan kebutuhan semakin meningkat ketika ibu hamil. Protein berguna bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Jenis makanan mengandung protein, antara lain: kacang polong, telur, susu, daging dan kacang kedelai. Begitu pula, tempe memiliki kandungan protein nabati yang tergolong sangat tinggi. Manfaat konsumsi tempe dengan nilai gizi yang tinggi  adalah untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan anemia (kekurangan darah).
  3. Sayuran. Jenis bahan makanan dengan bahan sayuran bermanfaat untuk ibu hamil. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, C,  D,  E, dan vitamin K. Adapun sayuran yang berguna untuk meningkatkan kandungan ASI adalah daun katuk. sebaiknya dikonsumsi sejak hamil. Manfaat daun katuk adalah memperlancar Asi kelak saat waktunya menyusui bayi. Cara konsumsinya dengan dimasak menjadi sayur.
  4. Kalsium. Berguna bagi pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Apabila kurang kalsium berdampak tidak baik bagi pertumbuhan janin. Kalsium terdapat pada jagung muda, udang atau kepiting. Konsumsi seafood penting bagi ibu hamil, karena berguna untuk pertumbuhan otak bayi dan bisa membuat anak sehat dan cerdas pada masa pertumbuhannya.
  5. Buah-buahan segar. Berbagai jenis buah segar umumnya bagus bagi ibu hamil. Cara konsumsi buah dengan diolah menjadi jus. Buah yang sagar memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

Meski begitu, ibu hami perlu memperhatikan juga makanan apa yang tidak bisa dimakan ibu hamil. Sebaiknya konsultasi ke dokter makanan apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Karena setiap ibu memiliki kondisi kesehatan yang berbeda dan memiliki pantangan yang tidka boleh dimakan. Terutama ibu hamil yang kondisi kesehatannya lemah, sehingga perlu memperhatikan makanan yang dimakan.

Artikel menarik lainnya: Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan dan Penyakit Covid-19

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Berikut adalah pantangan ibu hamil yang perlu diketahui:

  • Tidak makan buah-buahan yang memiliki kandungan alkohol seperti durian. Karena bisa menaikkan tekanan darah. Sementara ibu yang sedang mengandung bayi harus menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.
  • Menghindari makanan Fast Food . Karena tidak mengandung serat, terdapat bahan pengawet, dan penguat rasa di dalamnya. Sehingga kurang bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Jadi, ada baiknya tidak konsumsi yang tidak alami pada makanan.
  • Kurangi minuman bersoda atau soft drink, karena bisa mengganggu kesehatan ibu hamil.
  • Kurangi jenis makanan seafood, seperti jenis kerang, karena ditakutkan terlalu banyak mengandung  zat kimia dan mengandung merkuri. Selain itu, sudah tercampur logam berat dan tidak baik bagi perkembangan janin.

Demikian Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Baik Bagi Kandungan karena mengandung nutrisi yang baik bagi janin. Sehingga, perlu dipikirkan selalu mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang tinggi.

Artikel menarik lainnya: Manfaat Kandungan Madu Hutan Asli Bagi Kesehatan, Kamu Perlu Mengetahuinya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close