Tue. Apr 16th, 2024
    Chiki Ngebul Nitrogen CairChiki Ngebul Nitrogen Cair

    Akhir-akhir ini banyak kasus CHIKI NGEBUL yang menyebabkan banyak anak harus dirawat di rumah sakit. Mari kita bahas apa yang menyebabkan semua ini. Berikut thread dari Dr. Shela P. Sundawa, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dan Tenaga Kesehatan @primayahospital Depok.

    Bahkan Kementerian Kesehatan telah menghimbau semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya mengkonsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kasus keracunan makanan yang lebih serius akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan.

    Penjelasan Mengenai Chiki ngebul

    Chiki Ngebul adalah makanan ringan yang dicampur dengan nitrogen cair untuk memberikan efek asap (ngebul) pada makanan. Nitrogen cair adalah bentuk nitrogen yang jernih, tidak berbau dan tidak berwarna.

    Nitrogen cair berwarna jernih, tidak berwarna dan tidak berbau, sehingga tidak mengubah rasa saat digunakan pada makanan. Dengan perasaan ini, makanan kecil yang suka menarik banyak perhatian, sekaligus menjadi populer di kalangan masyarakat, terutama anak-anak.

    Nitrogen cair telah digunakan dalam industri makanan untuk mempercepat pembekuan makanan. Penggunaannya bukan tidak pernah menimbulkan masalah. FDA telah memperingatkan bahaya jika tidak menyajikannya sebagai proses yang aman.

    Meskipun nitrogen cair tidak beracun, dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan organ dalam. Ada 2 mekanisme yang menyebabkannya:

    1. Kerusakan selaput lendir organ pencernaan pada suhu yang sangat dingin
    2. Peningkatan volume organ pencernaan akibat terbentuknya gas nitrogen

    Penjelasan mekanisme 1:

    Nitrogen cair dalam makanan mungkin tidak sepenuhnya menguap saat makanan sampai ke tangan konsumen. Hal ini dapat mengakibatkan cedera pada kulit atau organ dalam yang terpapar akibat suhu ekstrem (cedera termal).

    Penjelasan mekanisme 2:

    Ketika nitrogen cair menjadi gas, bisa membuat terjadi eksppansi volumenya tiba-tiba meningkat. 1 liter nitrogen cair menjadi 700 liter gas nitrogen. Meskipun penurunan dalam tubuh dapat menyebabkan volume yang sangat besar dan memperluas organ dalam saat berubah menjadi gas.

    Kedua mekanisme ini dapat menyebabkan kebocoran organ pencernaan dan akumulasi udara yang masif di rongga perut. Gejala yang terlihat adalah mual, muntah, sakit perut, diare dan begah di perut.

    Pertolongan Pertama Jika Terpapar Chiki Ngebul

    Jika nitrogen cair telah tertelan:

    • Hentikan konsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair
    • Jangan memaksakan muntah
    • Bawa segera ke Puskesmas terdekat

    Jika nitrogen cair bersentuhan dengan kulit:

    • Bawa anak ke tempat yang hangat
    • Rendam area yang terkena dengan air hangat (37ºC hingga 39ºC).
    • Bawa segera ke Puskesmas terdekat

    Artikel menarik lainnya: Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan

    Peringatan Kementerian Kesehatan Terhadap Chiki Ngebul

    Kementerian Kesehatan menerbitkan imbauan melalui Surat Edaran No. KL.02.02/C/90/2023. Isinya tentang Pengendalian Penggunaan Nitrogen Cair dalam Makanan Jadi yang ditandatangani pada 6 Januari 2023 oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu.

    Petisi ini bertujuan untuk mencegah dan meningkatkan kesadaran akan penggunaan nitrogen cair dalam makanan olahan. Harapannya untuk mencegah keracunan makanan.

    Penggunaan dan penambahan nitrogen cair yang berlebihan pada makanan siap saji, serta penggunaan jangka panjang. Hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ini termasuk radang dingin, luka bakar atau luka bakar dingin di jaringan kulit, tenggorokan terasa seperti terbakar, dan bahkan kerusakan organ dalam dapat terjadi.

    Hal tersebut karena suhu yang sangat dingin dan kontak langsung yang lama dengan organ tubuh. Selain itu, menghirup uap nitrogen dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius.

    Untuk mencegah dampak chiki ngebul, dilakukan pemeriksaan dan penertiban, termasuk menginformasikan kepada masyarakat, sekolah, dan anak-anak tentang bahaya mengkonsumsi ciki ngebul. Selain itu, restoran yang menggunakan nitrogen cair dalam makanan siap saji harus memberikan informasi kepada konsumen tentang penggunaan yang aman.

    Artikel menarik lainnya: Mental Health Menurut WHO dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *