Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Hari Kopi Internasional Mari Rayakan Membuat Kopi Baik Bagi Kesehatan Anda

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling pupuler, bahkan dirayakan dengan Hari Kopi Internasional. Tanggal 1 Oktober dirayakan sebagai Hari Kopi Internasional pertama kali dicetuskan oleh International Coffee Organization (ICO) di London, Inggris. Ada 77 negara anggota dan Indonesia termasuk di dalamnya.

Tujuan perayaan Hari Kopi Internasional sebagai gerakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi. Indonesia memiliki kepentingan untuk mempromosikan hasil kopi yang diproduksi oleh para petani nusantara.

Nah, untuk merayakan Hari Kopi Internasional mari menikmati segelas kopi demi kesehatan tubuh kita. Bukan rahasia lagi kan, kopi menjadi sumber antioksidan yang baik bagu tubuh. Kopi menghasilkan kafein alami terkaya di setiap bijinya.

Tetapi, Sudah tahu belum bagaimana cara membuat kopi benar-benar baik bagi kesehatan tubuh Anda?

Hari Kopi Internasional, Sebaiknya Tidak Meminum Kopi Pada Sore Hari

Kafein adalah stimulan yang menjadi alasan utama kopi menjadi begitu populer. Zat tersebut membuat kita menjadi lebih berenergi yang membuat tubuh tetap terjaga ketika merasa lelah. Tetapi, Anda harus menjaga pola minum kopi, agar tidak mengganggu tidur Anda.

Alih-alih kopi membuat tubuh sehat, kalau jam tidur menjadi berkurang akibatnya merugikan diri sendiri. Oleh karena itu sebaiknya, jangan meminum kopi menjelang sore hari, antar Pukul 15.00-17.00. Karena kafein dapat membuat anda terjaga sekitar 6-8 jam.

Sebaiknya hindari minum kopi pada jam-jam tersebut, apalagi jika Anda sangat sensitif pada kafein. Kalau minum kopi sekitar jam tiga hingga jam lima akan membuat anda terlelap hingga tengah malam. Untuk menjadi kualitas tidur, ide yang bagus menghindari minum kopi pada sore hari.

Enggak Perlu Minum Kopi Ditambahkan Gula

Sebagian peminum kopi, ada yang suka menambahkan dengan gula. Padahal, gula bisa berbahaya bagi tubuh, karena tingginya jumlah fruktosa yang mengakibatkan penyakit berisiko tinggi, seperti obesitas dan diabetes.

Hindari menambahkan gula di kopi Anda. Jika Anda secara teratur membuat kopi menjadiminuman manis, Anda malah menghilangkan manfaat kesehatan dari kandungan kopi.

Pilih Merek Kualitas dan Direkomendasikan Pecinta Kopi

Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak pernah dimaksudkan untuk konsumsi manusia. Zat kimi dapat membuat kerusakan pada tingkat rendah dalam produk kopi.

Pertimbnagkan juga memilih untuk membeli biji kopi organik. Setidaknya menghindari kandungan pestisida sintetis dalam jumlah tinggi. Tanyakan pada teman-teman pecinta kopi jika ingin membeli produk kopi. Anda mungkin bisa mendapatkan jenis kopi terbaik untuk diminum.

Hindari Minum Kopi Terlalu Banyak

Cinta kopi, bukan berarti meminumnya secara berlebihan. Asupan kafein terlalu banyak berdampak buruk bagi kesehatan. Mengingat bahwa segelas kopi rata-rata mengandung sekitar 95 mg kafein,dua cangkir kopi sudah cukup untuk dikonsumsi perhari.

Ada juga yang memberi saran dnegan jumlah yang lebih tinggi, konsumsi kopi maksimal hingga 4-6 gelas per hari. Minum kopi berkaitan dengan risiko dan manfaatnya. Anda mengetahui kesehatan Anda dan konsumsi tidak lebih dari yang dapat ditoleransi oleh tubuh Anda. Minum kopi tergantung pada jumlah kafein yang dapat dikonsumsi dan ditoleransi setiap individu.

Hindari Creamer Rendah Lemak dan Buatan

Krim komersial rendah lemak dan buatan cenderung mengandung bahan-bahan yang dapat dipertanyakan. Sayangnya, tidak banyak penelitian tentang efek kesehatan dari creamers kop. Pilihan yang terbaik minum kopi alami tanpa creamers rendah lemak dan buatan.

Pilihlah krim penuh lemak yang asli berasal dari susu sapi murni. Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Misalnya, susu adalah sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

Selain itu, susu sapi yang diberi makan rumput mengandung beberapa vitamin K dan penting bagi kesehatan tulang. Jadi, hati-hati memiliki creamer untuk kopi.

Baca juga :

Danau Batu Karut Sukabumi Cerita Mitos Hingga Keindahan Gunung Gede Pangrango

Curug Sodong Geopark Ciletuh Sukabumi, Antara Keindahan dan Kisah Mistisnya

Tambahkan Beberapa Kakao ke Kopi Anda

Kakao mengandung antioksidan dan terkait dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung. Coba tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi Anda untuk beberapa rasa tambahan.

Sebagai peminum kopi, anda dapat menggabungkan manfaat kopi dan cokelat hitam dengan menambahkan sedikit bubuk cokelat ke kopi Anda.

Wahai peminum kopi, mari rayakan Hari Kopi Internasional dengan meminumnya sembari memikirkan manfaat kesehatan. Ingat, membuat kopi dengan tambahan gula. Anda harus pertimbangkan juga untuk tidak minum kopi pada sore dan malam hari, karena dapat merusak kualitas tidur Anda. Yuk ah, cheers untuk segelas kopi yang lebih sehat bagi tubuh Kita

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close