Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Cara Pendaftaran Vaksinasi Lansia untuk Mencegah Penyebaran COVID-19,  Netizen Harus Tahu!

Cara pendaftaran vaksinasi lansia yang dilakukan oleh pemerintah dilakukan melalui fasilitas kesehatan masyarakat dan kegiatan massal yang dilakukan organisasi. Saat ini, pemerintah melaksanakan vaksinasi tahap 2 dengan target kelompok Lansi (lanjut usia di atas60 tahun) dan Pekerja Publik.

Pelaksanaan vakasinasi dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi seluruh di Indonesia. Fase awal akan dilaksanakan di Jawa dan Bali yang menjadi tempat penyebaran sekitar 65 persen kasus Covid-19 nasional. Ada dua cara pendaftaran vaksinasi untuk lansia yang perlu diketahui:

Cara pendaftaran vaksinasi lansia Melalui Fasilitas Kesehatan Seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Pemerintah

Peserta mendaftarkan diri melalui situs resmi Kementerian Kesehatan www.kemkes.go.id dan sehatnegeriku.kemkes.go.id. Serta melalui situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.

  • Dari ketiga situs resmi di atas disediakan link atau tautan untuk sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Ada beberapa pertanyaan yang harus diisi.
  • Untuk pengisian data, perseta lanjut usia bisa dibantu anggota keluar atau lewat kepala RT atau RW setempat.
  • Setelah peserta mengisi daftar isian di website. Maka data peserta akan dimasukkan ke Dinas Kesehatan di masing-masing provinsi. Kemudian akan ditentukan jadwal hari dan lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada para lansia.

Cara pendaftaran vaksinasi lansia dengan Mengikuti Program Vaksinasi Massal yang Dilakukan Organisasi dan Instansi

Lansia bisa mengikuti vaksinasi secara massal yang dilakukan organisasi/ instansi yang bekerjasama dengan Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Nantinya organisasi tersebut akan membuat jadwal hari dan lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada para lanjut usia.

Contoh organisasi dan institusi yang bisa melaksanakan vaksinasi misalnya organisasi pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia.

Selain itu, Organisasi lain yang bisa mengadakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Semua organisasi tersebut harus bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota. Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan secara massal.

7 Juta Vaksin Telah Didistribusikan Pemerintah

Pemerintah telah mendistribusikan 7 juta vaksin ke 34 provinsi. Jubir Vaksinasi COVID-19 dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menjelaskan jumlah vaksin yang terbatas membuat vaksinasi diutamakan bagi Lansia di atas 60 tahun.

Vaksinasi COVID-19 yang difokuskan di Jawa-Bali mempetimbangkan jumlah Lansia dengan tingkat penularan COVID-19 yang tinggi. Tetapi, sebagian Lansia yang akan divaksinasi.

Sebagai langkah antisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), tempat pelaksanaan vaksinasi harus ada contact person dari vocal Point. Sehingga, mudah menghubungi pihak penyelenggara dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut.

Bagi lansia yang telah mengikuti vaksinasi harus tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak). Karena kemungkinan terpapar virus tetap, kemungkinan pada penderita gejala parah akan semakin kecil.

Informasi menarik lainnya: Ketua RT Dusun Cijati Bersihkan Jalan Kabupaten Sukabumi, Kok Bisa?

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close