Fri. May 17th, 2024
    Cara menjaga kuku yang sehat dan kuatCara menjaga kuku yang sehat dan kuat

    Cara menjaga kuku yang sehat dan kuat harus diperhatikan yang bisa dlihat ketika terdapat tonjolan, bentuknya tidak rapih, atau warnanya menjadi tidak biasa. Untuk memperoleh kuku sesuai yang diinginkan, maka diperlukan perawatan kuku yang tepat.

    Lalu, bagaimana cara mengetahui kuku normal atau tidak? Kuku terdiri dari lapisan protein yang disebut keratin yang tumbuh di area di dasar kuku di bawah kutikula. Kuku yang sehat halus, tanpa lubang atau lekukan, dan warnanya seragam.

    Namun, ada kalanya kuku terlihat seperti ada garis putih atau bintik-bintik yang biasanya karena cedera dan jika biarkan saja akhirnya tumbuh bersama kuku. Oleh karena itu kita perlu mengetahui dan mengambil tindakan jika kuku terlihat tidak normal.

    Konsultasikan Ke Dokter Jika Kuku Tampak Seperti ini dan Ketahui Cara Menjaga Kuku yang Sehat

    Kondisi kuku tidak setiap saat normal dan sering tampak tidak sehat, terutama karena cedera. Konsultasikan ke dokter atau dokter kulit Anda jika Anda melihat kondisi seperti di bawah ini:

    • Terjadi Perubahan warna kuku, seperti perubahan warna seluruh kuku atau garis gelap di bawah kuku.
    • Perubahan bentuk kuku, seperti kuku melengkung.
    • Penipisan atau penebalan kuku.
    • Kuku Terpisah dari kulit sekitarnya.
    • Pendarahan di sekitar kuku.
    • Pembengkakan atau nyeri di sekitar kuku.
    • Kegagalan kuku untuk tumbuh.

    Apabila kuku terjadi seperti kondisi di atas, maka lakukan langkah berikut ini:

    1. Jaga kuku tetap kering dan bersih. Tujuannya Untuk mencegah bakteri tumbuh di bawah kuku Anda. Kontak berulang atau berkepanjangan dengan air dapat menyebabkan kuku terbelah. Makan sebaiknya gunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau saat membersihkan sesuatu yang menggunakan bahan kimia keras.
    2. Biasakan menjaga kebersihan kuku yang baik. Gunakan gunting kuku atau gunting manikur yang tajam. Potong kuku dan perhatikan bentuk ujungnya dengan cara yang lembut.
    3. Gunakan pelembab. Saat Anda menggunakan lotion tangan, gosokkan juga lotion ke kuku dan kutikula Anda.
    4. Oleskan lapisan pelindung. Menggunakan pengeras kuku dapat membantu memperkuat kuku.

    Jangan Lakukan Hal ini untuk Mencegah Kerusakan Kuku

    • Menggigit Kuku Atau Kutikula. Kebiasaan ini dapat merusak kondisi kuku. Bahkan luka kecil di sepanjang kuku bisa membuat bakteri atau jamur dan menyebabkan infeksi.
    • Jangan potong kuku terlalu pendek dan lakukan dengan hati-hati.
    • Pakailah produk perawatan kuku dan membatasi penggunaan penghapus cat kuku. Saat menggunakan penghapus cat kuku, pilihlah formula bebas aseton.
    • Jika memiliki masalah kuku yang tidak hilang dengan sendirinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau dokter kulit yang terpercaya.

    Lakukan manikur dan pedikur teratur agar tampak sehat. Sebaiknya pergi ke salon yang sudah berijin atau mendapat lisensi. Jangan sampai menghilangkan kutikula ketika sedang manikur dan pedikur, karena berfungsi untuk menutup kulit ke lempeng kuku.

    Pastikan pegawai salon membersihkan kuku dengan alat steril. Alat yang bersih harus sesuai prosedur untuk mencegah penyebaran infeksi. Demikian cara menjaga kuku yang sehat dan kuat. Jangan sampai mengabaikan kondisi kuku dan lakukan cara-cara yang tepat agar tetap dalam kondisi yang diinginkan.

    Artikel menarik lainnya: Cara Keramas yang Tepat untuk Mencegah Kerontokan Rambut

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *