Thu. May 30th, 2024
    Cara Mengatasi Stres Karena Wabah Virus CoronaCara Mengatasi Stres Karena Wabah Virus Corona

    Wabah penyakit virus corona (COVID-19) bisa membuat stres, ketakutan, dan kecemasan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa, kita perlu tahu cara mengatasi kondisi tersebut. Maka coba kenali dan upayakan mengatasi stres yang terjadi pada  orang-orang yang kita sayangi. Stres yang terjadi karena virus corona dapat ditandai beberapa hal, seperti takut dan khawatir kondisi kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar.

    Hal itu mempengaruhi perubahan kebiasaan makan dan pola tidur. Sehingga, awalnya tidak sakit menjadi mempengaruhi kondisi kesehatan secara fisik dan mental. Setiap orang menghadapai kondisi darurat virus corona dengan cara berbeda, tergantung pada latar belakang Anda pribadi dan latar belakang kehidupan  sosial seseorang. Sehingga, sangat penting untuk menjadi diri agar tidak stres.

    Menjaga Diri dan Lingkungan Sekitar dari Stres Akibat Wabah Virus Corona

    Kamu mungkin terlalu sering membaca dan memantau berita tentang penyebaran virus corona, tanpa sadar membuat stres dan berdampak pada kondisi kesehatan. Maka, rawat diri sendiri, perhatikan keluarga, dan teman juga, jangan-jangan merea tidak mampu menghadapi kondisi darurat yang tampaknya tidak sebentar. Pastikan orang disekitar dan mereka yang kita kenal kondisi mentalnya lebih kuat.

    Maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi stres, antara lain:

    Berhenti menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk mengecek media sosial. Terlalu sering mendengar mengenai berita pandemi dapat membuat kesal.

    • Jaga tubuh kamu agar tetap sehat.
    • Tarik dan hela napas dalam-dalam, regangkan, atau renungkan agar lebih tenang dan jernih menghadapi situasi.
    • Cobalah makan makanan sehat dan seimbang.
    • Tidak lupa Berolahraga secara teratur dan tidur yang cukup.
    • Jangan minum alkohol dan obat yang tidak disarankan dokter.
    • Luangkan waktu untuk bersanta dan melakukan kegiatan yang kamu sukai.

    Memahami Fakta Tentang Virus Corona Sebagai Cara Mengatasi Stres

    Berbagai informasi yang benar tentang COVID-19 dapat mebantu dalam mengurangi stres. Jelaskan berdasarkan informasi yang dipercaya bahwa virus bisa disembuhkan dan tetap berada di rumah untuk memperkecil angka penyebaran. Tidak semua orang mengerti apa sebenarnya yang terjadi dan kenapa semua orang tidak boleh banyak melakukan kegiatan di luar rumah.

    Luangkan waktu untuk berbicara dengan orang tua dan anak-anak dengan  cara yang mudah dipahami. Batasi akses keluarga terhadap berita dan akses media sosial agar tidak terus memantau mengenai isu virus corona. Setiap orang mempunyai pemahaman yang berbeda terkait informasi yang mereka terima. Upaya-upaya tersebut dapat mencegah dan mengatasi stres selama masa pandemi saat ini.

    Baca juga : Bukan dengan Google, Inilah Cara Belajar Efektif untuk Kecerdasan Anda’

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *