Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Kamu merasa Gerah? Tenang Inilah Cara Mengatasi Panas Matahari

Cuaca sering kali berada panas dengan suhu yang tinggi dan membuat gerah, kalau sudah begini kamu harus tahu cara mengatasi panas matahari.

Panas yang tak menentu sering membuat tak nyaman. Suhu yang sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit, seperti sakit kepala, kelelahan, dan lain-lain. Sebelum kamu terserang penyakit karena suhu tinggi, ada baiknya baca tips-tips berikut ini agar tidak terus-menerus merasa kegerahan dan tahu cara mengatasi panas matahari.

Faktor gaya hidup juga dapat meningkatkan risiko kegerahan, termasuk tempat tinggal yang sangat panas, berpakaian yang tak tepat, dan tidak memahami kondisi cuaca.

Ketahui Cara Mengatasi Panas Matahari Agar Hari Tak Terasa Gerah

Cuaca yang bikin gerah dan panas matahari yang menyengat bukan berarti membuat kamu tidak bisa kemana-mana. Hal yang penting kamu tahu menyiasasti cuaca panas ketika ingin berkegiatan di luar rumah.

Minumlah Banyak Cairan. Minum dapat membuat suhu tubuh stabil saat terpapar sinar matahari. Sebaiknya hindari minuman dengan kafein, alkohol, atau banyak gula.

Kenakan Pakaian Longgar, Ringan, dan Berwarna Muda. Pakaian juga berpengaruh terhadap kenyamanan kamu saat cuaca panas di luar rumah. Cobala pertimbangkan untuk mengenakan pakaian yang dapat menyerap kelembapan ekstra dan membantu tubuh Anda menjadi dingin.

Beristirahat Secupnya. Batasi aktivitas di luar ruangan dan Sering beristirahat di tempat teduh. Jangan memaksakan dirimu sendiri berkegiatan di bawah terik matahari. Kamu harus mengikuti kemampuan tubuhmu ketia waktunya beristirahat.

Kenakan Kacamata Hitam dan Topi Longgar. Kulit terbakar karena panas matahari dapat memengaruhi kondisi tubuh Anda dan menyebabkan dehidrasi.

Konsumsi Makanlah Ringan. Makanla lebih sering dengan konsumsi ringan. Bukan mengunyah makanan berat, karena dapat menambah panas pada tubuh Anda yang harus mencerna lebih sulit.

Perhatikan Orang di Sekitar Anda dan Juga Hindarkan hewan kesayangan dari terik matahari. Jangan meninggalkan hewan peliharaan di luar atau di dalam mobil. Periksa orang yang kamu sayangi kalau sedang sakit/ sudah jompo ketika matahari sedang panas-panasnya. Mereka mungkin tidak mengerti cara mengatasi panas matahari.

Apabila suhu terlihat sangat panas, cobalah untuk tetap berada di dalam ruangan dan nikmati penyejuk udara. AC atau kipas angin dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Mandilah dengan air dingin untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Baca juga :

Jika Tak Mampu Menahan Panas Matahari Ya Lebih Baik Berada di Rumah Saja

Apabila kamu tidak sanggup menahan panas manatahi, tetaplah berada di dalam rumah saat Anda menghindari aktivitas di bawah sinar matahari langsung.

Berikan perhatian khusus pada orang tua, bayi, dan siapa saja dengan penyakit kronis, karena mereka dapat mengalami dehidrasi dengan mudah dan lebih rentan terhadap penyakit terkait panas.

Orang yang lebih tua beresiko tinggi terkena penyakit yang berhubungan dengan panas matahari. Mereka memiliki kemampuan merespons panas yang tidak sama dengan orang yang berusia lebih muda. Panas matahari bisa mengakibatkan Stres, kelelahan, dan berbagai penyakit lainya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close