Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Kesehatan

Cara Mengatasi Imsomnia Demi Menjaga Kesehatan Anda

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Anda pasti Tahu kalau kurang tidur di malam hari berdampak pada kondisi kegiatan keseharian kita, maka perlu mencari cara mengatasi Imsomnia. Apabila Anda tidur dapat tidur pada malam hari, Anda mungkin akan merasa lesu dan lelah pada hari berikutnya. Kalau kebiasaan kurang tidur itu diteruskan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Sebagian besar dari kita tahu betapa pentingnya tidur bagi kesehatan kita, banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka mempraktikkan kebiasaan tidur yang buruk. Berikut ini adalah kebiasaan tidur yang buruk untuk dihindari sesegera mungkin.

Baca juga: Hal Penting yang Perlu Diingat Sebelum Bercinta Malam Pertama

Hindari Makan Terlalu Dekat dengan Jam Tidur Sebagai Cara Mengatasi Imsomnia

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur Anda, sebagian besar karena membuat asam lambung Anda turun. Ketika Anda berbaring dapat menyebabkan asam-asam naik ke tenggorokan Anda.

Jika Anda benar-benar menginginkan camilan larut malam, cobalah makan semangkuk sereal dengan susu atau keju dan kerupuk. Jenis makanan ini kaya akan mineral, seperti mengandung triptofan dan kalsium yang membantu meningkatkan tidur.

Hindari Kafein dan Nikotin Mendekati Waktu Tidur

Kafein dan nikotin adalah stimulan sebaiknya tidak diminum dalam waktu 3 jam sebelum tidur. Kafein dan Nikotin dapat membuat sulit tidur sampai bahan kimia hilang. Banyak orang mungkin menyadari bahwa minuman seperti soda, teh, dan kopi mengandung kafein, namun malah meminumnya sebelum tidur.

Hindari Alkohol Sebelum Tidur

Banyak orang salah percaya bahwa alkohol membantu meningkatkan tidur, karena membuat mereka mengantuk dan lebih mudah tertidur lebih cepat. Tetapi alkohol juga bisa membuat Anda malah terjaga dan mengganggu waktu tidur.

Menghindari Teknologi di Tempat Tidur

Untuk alasan yang sama, Anda tidak perlu menyimpan TV atau komputer di kamar Anda. Kalau pun memiliki ponsel, tablet, laptop, konsol game portabel, atau e-reader sebaiknya dijauhkan dari ruang tidur. Sebagian besar perangkat tersebut memancarkan cahaya yang mengganggu waktu tidur. Hindari melihat konten yang menarik agar tidak mengganggu jam tidur anak Anda.

Baca juga: Obrolan Subuh dengan Pedagang : Mengaku Berjalan Kaki dari Sukabumi ke Sumbawa, Apa Anda Percaya?

Hindari Menekan Tombol Menunda Bunyi Alarm

Atur alarm Anda dan jauhkan dari tempat tidur. Kalau alarm diatur di handphone lebih diletakkan agak jauh dari kasur. Kalau tidak, Anda akan terus berinternet dan berselancar di dunia maya. Percuma mengatur alarm kalau sebelum tidur masih memegang handphone.

Upayakan segera tidur setelah mengatur alarm. Ketika bangun di pagi hari karena mendengarkan alarm, segera bangkit dari kasur. Jangan menekan tombol menunda bangun tidur, karena Anda malah menjadi pemalas dan menunda pekerjaan dipagi hari. Ingat, cara terbaik bangun pagi adalah tidur lebih cepat dan dalam waktu secukupnya.

Menghindari Waktu Tidur yang Tidak Teratur

Cobalah membuat waktu tidur yang teratur setiap hari, misalnya wajib tidur pukul 21.00 wib. Waktu tidur teratur akan membuat Anda akan bangun tepat waktu. Pengaturan waktu tidur menjadi cara mengatasi imsomnia.

Menjaga rutinitas tidur yang sehat dan terus melakukannya dapat menghidari imsomnia. Lakukan hal tersebut, meskipun di waktu hari libur, agar menjaga waktu tidur yang teratur. Siklus tidur yang teratur akan bermanfaat bagi kebaikan kesehatan tubuh Anda.

Jika upaya untuk mengatasi imsomnia tidak dapat mengubah waktu tidur Anda dan terus terpejam hingga larut malam. Anda mungkin memang mengalami gangguan tidur. Periksalah ke dokter untuk mendiagnosa kondisi kesehatan tubuh Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close