Kesehatan

Anda Mungkin Salah Cara Memberikan Disinfektan untuk Membasmi Virus Corona Selama ini

Hidup pada masa pandemi global seperti wabah COVID-19 dapat berbahaya kalau tidak menjaga jarak dan menjaga kebersihan, seperti cara memberikan disinfektan. Maka, kita harus berperan mengendalikan dan melindungi diri sendiri dan keluarga untuk selalu hidup bersih dan sehat. Caranya yang dapat dilakukan, antara lain memberikan disinfektan pada permukaan yang sering disentuh secara teratur. Tujuannya agar virus tidak menyebar. Mari bersihkan permukaan benda di rumah atau tempat kerja untuk menghilangkan virus setiap hari. Selain mencuci tangan, cobalah rajin mencuci baju setelah bertemu dan bersentuhan dengan orang sakit.

Cara Memberikan Disinfektan Permukaan Sentuhan Tinggi

Membersihkan disinfektan pada permukaan benda yang sering disentuh  di rumah dan di kantor menjadi upaya mencegah penyebaran COVID-19. Apabila seseorang di rumah Anda menderita sakit atau terpapar virus corona, maka sangat penting memberikan disinfektan pada permukaan dipegang setiap hari. Beberapa benda yang perlu dibersihkan, antara lain :

  • Sakelar lampu
  • Gagang pintu
  • Kursi
  • Penghitung dan permukaan meja
  • Toilet
  • Remot kontrol
  • Ponsel dan tablet
  • Keyboard komputer

Gunakan Sarung Tangan Karet Sekali Pakai

Sarung tangan dapat melindungi Anda dari virus dan dari disinfektan yang mengandung zat kimia tinggi dan berbahaya. Setelah itu, buang sarung tangan setelah menggunakannya untuk mencegah kontaminasi dari virus yang mungkin menempel. Kalau mengenakan sarung tangan yang bisa dipakai lagi, cuci permukaannya agar dapat menghilangkan virus yang mungkin masih bertahan di sarung tangan.

Bersihkan juga Permukaan Benda dengan Sabun dan Air Tidak Hanya dengan Cara Memberikan Disinfektan

Cuci permukaan benda yang kotor dengan sabun dan air. Gunakan produk pembersih rumah tangga, seperti sabun cuci dan air atau pembersih serba guna, dan kain atau spons. Jangan lupa periksa label kandung sabun pembersih untuk memastikannya aman dan sesuai untuk permukaan benda dan ikuti petunjuk penggunaan dengan hati-hati. Kalau membersihkan perangkat elektronik, cabut dan matikan terlebih dahulu. Jangan sampai air atau larutan pembersih merusak komponen peralatan elektronik.

Setelah permukaan benda bersih, gunakan spons, kain, lap, atau lap disinfektan yang sudah dibasahi sebelumnya. Larutan disinfektan harus membahasi permukaan benda, agar zatnya berfungsi membunuh virus. Biarkan disinfektan berada di permukaan benda sesuai waktu disarankan. Sebagian besar disinfektan harus tetap di permukaan benda selama beberapa menit untuk membunuh kuman. Biarkan disinfektan tetap selama 3-5 menit, atau jumlah waktu yang disarankan pada label petunjuk penggunaan. Lalu, dibersihkan dengan cara di lap atau bilas.

Buang sarung tangan dan cuci tangan dengan sabun dan air

Setelah selesai, lepaskan sarung tangan dan buanglah. Cuci tangan setidaknya 20 detik dengan sabun dan air. Cuci tangan Anda untuk menghilangkan residu kimia dari desinfektan serta virus yang tersisa. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air untuk sebagai salah satu cara terbaik untuk meminimalkan penyebaran virus corona. Ingat, basahi tangan dengan air dingin atau hangat yang mengalir, lalu basuh dengan sabun.

Pastikan untuk memeriksa semua permukaan tangan , termasuk punggung, pergelangan tangan, dan ruang di antara jari-jari. Gosok setidaknya selama 20 detik sebelum membilas sabun dengan air mengalir. Mari jadikan  mencuci tangan pakai sabun menjadi kebiasaan hidup kita sehari-hari.

Baca juga : KETIKA VIRUS CORONA MENDEKAT DAN PASIEN ITU ADALAH KELUARGA, TETANGGA, TEMAN DEKAT KITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *