Kesehatan

Cara Keramas yang Tepat untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Cara keramas yang tepat menjadi cara paling sederhana untuk melakukan perawatan dan bisa mencegah kerontokan rambut. Jika mencuci rambut secara teratur bisa membuat rambut tetap bersih dan indah. Tetapi apabila salah menerapkannya malah bisa merusak rambut.

Tetapi, faktanya tidak semua orang bisa melakukannya, terutama perempuan sering ketakutan terlalu sering atau malah kurang dalam melakukan keramas. Karena rambut adalah mahkota yang berfungsi untuk menjaga kulit kepala agar tidak terkena langsung terik matahari yang panas. 

Berikut Cara Keramas yang Tepat Bagi Rambut Anda

Rambut rontok terjadi karena rambut mulai rapuh dan tidak sehat, karena berbagai faktor lingkungan dan perawatan diri sendiri. Berikut adalah beberapa cara keramas yang tepat untuk mengatasi kerusakan rambut, antara lain:

  • Cobalah membasahi seluruh rambut sebelum menggunakan shampo. Tujuannya agar membuat bahan kimia tidak diserap langsung oleh rambut.
  • Gunakan shampo tidak berlebihan untuk membersihkan rambut. Ingat pakailah shampo secukupnya agar rambut tidak menjadi kering setelah keramas.
  • Letakkan shampo pada rambut sembari memijit rambut dan kepala secara lembut menggunakan jari. Sehingga bisa mengatasi kotoran dan minyak yang ada di kulit kepala. Selain itu manfaatnya bisa melancarkan peredaran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.
  • Apabila mencuci rambut dengan shampo, bilaslah dengan air bersih untuk membuat bahan kimia tidak menempel di rambut.
  • Apabila kondisi rambut sangat kotor, gunakan shampo dengan takaran yang lebih sedikit. Rambut yang kotor dapat diketahui ketika shampo pertama kali dioleskan di rambut tidak terlalu berbusa.
  • Jika tersedia, pakailah kondisioner di ujung rambutnya saja dan biarkan sejenak dalam 3-5 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih.
  • Jika telah bersih, rambut biarkan tetap lurus dan tidak dipelintir untuk mencegah kerontokan.
  • Lalu keringkan rambut dengan handuk dengan cara ditekan dan tidak digesekan karena membuat rambut menjadi rontok.
  • Kalau rambut sedang basah, sebaiknya tidak disisir lebih dulu, sedang rapuh. Apabila telah setengah kering, rapikan rambut dengan sisir yang besar dengan tujuan menghindari kerontokan.
  • Kurangi mengeringkan rambut dengan hairdryer karena lebih baik dilakukan secara alami.
  • Apabila ingin mem-blow dry rambut, cobalah dilakukan dengan hati-hati. Hindari menarik rambut terlampau keras dengan sisir blow.

Untuk menghindari rambut rontok dan kulit kepala tetap sehat, maka sangat penting untuk mencuci secara teratur. Agar tidak merusak rambut, kurangi memakai catokan dengan suhu tinggi, mengingat rambut dengan kencang, dan merapikan rambut terlalu keras.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Selain mengikuti cara membersihkan rambut yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan rambuat, antara lain:

1. Memberikan nutrisi dengan tujuan untuk memperkuat rambut. Gunakan shampo dan kondisioner dengan rutin agar bisa memberi nutrisi, menguatkan, dan melindungi rambutmu. Sehingga tidak rontok.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat. Kondisi rambut sehat biasanya dari faktor asupan gizi dan protein yang sehat pula. Makanan yang kita konsumsi bisa memperbaikidan merangsang pertumbuhan rambut dari dalam tubuh. Jadi, tidak hanya perawaan dari luar saja.

3. Gunakan Produk Perawatan rambut yang tepat. Perhatikan shampo yang digunakan untuk membersihkan rambut. Karena kalau salah malah bisa mengganggu kesehatan hingga kulit kepala.

Demikian cara keramas yang tepat untuk mencegah kerontokan rambut. Jadi perlu memperhatikan kesehatan dan melakukan keramas dengan semestinya.

Artikel menarik lainnya: Ucapan Natal Dalam Bahasa Inggris yang Bisa Dituliskan di Kartu Natal Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *