Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

Cara Alami Menghilangkan Ketombe Bikin Kamu Enggak Garuk-Garuk Kepala

Cara alami menghilangkan ketombe yang tidak menyenangkan bisa dilakukan. Ketombe adalah gangguan kulit yang terjadi ketika terbentuk skuama atau sisik putih pada rambut kepala. Jumlah bisa berbeda dan ukuran bervariasi.

Ketika serpihan putih itu rontok pada pakaian pasti terlihat tidak enak dipandang dan bisa bikin kamu merasa malu saat dilihat orang lain. Belum lagi rasa gatal ketombe membuat seseorang menjadi salah tingkah dan bingung mengatasinya.

Masalah ketombe pada kulit kepala tidak bisa diremehkan dan harus segera diatasi sebelum bertambah parah. Apesnya, sampo anti ketombe belum tentu dapat mengatasi masalah. Sel-sel kulit mati tetap menempel di batok dan kulit kepala. Kemudian terus menumpuk secara berlebihan yang mengakitkan muncul rasa gatal.

Ketika ketombe kering muncul serpihan putih dan jatuh di pakaian. Sedangkan, ketombe basa akan terus menempel dan menimbun. Rasanya sama enggak enaknya bakal terasa gatal luar biasa. Kalau digaruk malah membuat luka di kulit kepala.

Bukannya sembuh malah mengakibatkan infeksi. Oleh sebab itu, segeralah tangani masalah ketombe sebelum bertambah parah. Bagaimana cara mengatasi ketombe secara alami?

Garam Bisa Menjadi Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Seperti banyak diketahui garam banyak digunakan untuk membunuh kuman. Kandungan sodium atau natrium klorida (NaCl) dan klorin akan terpecah setelah dilarutkan.

Klorin berguna bagi tubuh untuk menghasilkan asam klorida (HCl). Sedangkan sodium berfungsi menjaga syaraf tubuh untuk mengirimkan pesan ke seluruh organ dan menguatkan otot. Garam juga bermanfaat untuk mengobati luka pada kulit kepala.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan garam sangat sederhana. Balurkan haram secara merata pada kulit kepala sebelum keramas. Kemudian gosok dengan lembut kulit kepala yang telah diberi garam. Lalu, cuci rambut dengan sampo sampai bersih.

Selanjutnya, rambut dan dan kulit kepala dikeringkan. Jangan sampai membuat kulit kepala menjadi lembab. Karena malah dapat memicu munculnya ketombe. Cobalah merawat kulit kepada dengan garam seminggu seminggu sekali.

Tetapi, harus diketahui kalau pemakaian garam dapat menimbulkan rasa rasa gatal yang berlebihan dibandingkan sebelumnya, maka segera hentikan penggunaannya. Garam belum tentu cocok bagi semua jenis kulit kepala dan masalah ketombe setiap orang.

Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Mengkudu

Vitamin, protein dan mineral yang terkandung pada mengkudu berfungsi memelihara dan mempertahankan kebersihan kulit kepala. Di dalamnya juga terdapat zat antiperadangan dan alergi (scopoletin). Mengkudu dapat membasmi kuman penyebab ketombe dan mengganti sel kulit mati.

Caranya juga mudah. Ambil buah mengkudu, bersihkan, dan parut. Lalu, oleskan di batok atau kulit kepala secara merata. Pijat dengan lembut di seluruh bagian batok kepala. Selanjutnya, didiamkan sampai kering dalam waktu 10 – 15 menit.

Cuci dan bilas bersih bersih kulit kepala. Keringkan dengan baik dan benar agar kulit kepala tidak menjadi lembab.Rawatlah dengan rutin kepala kamu setidaknya seminggu sekali. Kalau ingin maksimal bisa dicoba tiga kali seminggu.

Gejala Terjadinya Ketombe di Kulit Kepala

Ketombe dapat dengan mudah dikenali, di kulit kepala, yaitu muncul serpihan kulit kepala. Warnanya bisa putih keabu-abuan atau kekuningan yang berminyak. Serpihan itu muncul di permukaan kulit kepala, di antara rambut, bahkan di bahu. Orang sering merasakan gejala ketombe dengan merasakan gatal, radang, dan merasakan kulit kepala menjadi kering.

Ketombe biasanya muncul karena kurang menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Karena terjadi penumpukan minyak di kulit kepala dan muncul jamur. Selain itu, gangguan kulit kepala sering dikaitkan dengan ketombe.

Ketombe juga bisa muncul karena salah menggunakan produk perawatan atau penataan rambut. Hal itu terjadi karena, kulit kepala sangat peka terhadap kandungan produk rambut dan membuat  kepala memerah, gatal, dan bersisik.

Artikel menarik lainnya: Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Perlu Diketahui

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close