Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Kesehatan

Jangan Menghalanginya Biarkan Lewat Bila Mendengar Sirine Ambulan

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Apa yang Anda harus lakukan ketika mendengar sirine ambulan di belakang kendaraan Anda? Biarkan kendaraan medis tersebut lewat dan jangan sekalipun coba menghalanginya, apalagi mendahului ambulan.

Di atas ambulan itu, ada orang yang sedang sakit, hidup bertarung nyawa, cedera parah, dan mungkin sebenar lagi meninggal dunia. Apakah Anda tega menghalangi laju ambulan yang harus segera menuju rumah sakit. Maka, wahai pembaca yang budiman, mengertilah ambulan membutuhkan ruang di jalan raya agar bisa melaju lebih cepat.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika mendengar sirine ambulan, sebagai berikut:

Baca juga: Masalah Pendidikan Pelosok Indonesia Harus Viral Karena Jarang Dikampanyekan oleh Calon Presiden dan Para Caleg

Gunakan Spion untuk Memastikan darimana Arah Datangnya Ambulan Saat Mendengar Sirine Ambulan

Sosialisasi Apabila Mendengar Suara Ambulan
Sosialisasi Apabila Mendengar Suara Ambulan

Apabila mendengar suara ambulan, langsung cari darimana sumber suara. Lihat dari spion untuk memastikan asal laju ambulan. Jangan sampai kendaraan Anda malah menjadi penghalang jalan mobil rumah sakit tersebut. Kalau bisa bantu membuka jalan bagi ambulan yang mau lewat tersebut.

Utamakan sisi kemanusiaan diri Anda, daripada ego kepentingan sendiri. Iya semua orang punya urusan masing-masing, tetapi membiarkan ambulan lewat lebih penting.

Segera Berikan Jalan dan Jangan Lupa Menggunakan Lampu Sein Sebagai Tanda ke Mana Akan Bergerak

Adakalanya ambulan melewati jalan yang padat dan macet. Berupayalah segera menepi memberi ruang. Segera berikan jalan dan beri tanda dengan lampu sein ke mana kendaraan Anda bergerak. Bagaimanapun perjalanan ambulan lebih penting daripada perjalanan Anda sendiri.

Dari aturan berkendara di jalan raya pun, ambulan menjadi prioritas nomor kedua setelah pemadam kebakaran yang harus dibiarkan melaju dengan alasan urgent dan demi rasa kemanusiaan dari pasien ada di dalamnya. Menurut pasal 65 PP No.43 Tahun 1993, kendaraan pertama yang harus didahulukan adalah pertama kali mobil Pemadam Kebakaran dan kedua ambulan.

Jangan Segan Menegur Kendaraan Lain yang Menghalangi Ambulan

Tegurlah kendaraan lain yang tidak mengingkir saat mendengar sirine ambulan. Berikan peringatan dengan lampu diam. Kalau masih ngeyel menghalangi ambulan ya klakson saja. Ada banyak pengendara yang tidak memahami betapa pentingnya membiarkan ambulan lewat dan segera bergegas menuju rumah sakit.

Bayangkan kalau orang yang sedang sakit atau butuh perawatan medis segera di dalam mobil ambulan itu adalah keluarga Anda. Anda mungkin juga ingin kendaraan lain mengerti kondisi nasib pasien yang butuh pengobatan segera.

Baca juga: Persyaratan Perpanjangan SIM yang Mudah dan Mengurusnya Bisa Sambil Membaca Buku

Jika Ambulan Telah Lewat, Kembali ke Barisan Semula dengan Hati-Hati

Pastikan ambulan lewat terlebih dulu, barulah kendaraan Anda kembali ke barisan jalan semula. Ingat selalu hati-hati dan perhatikan kendaraan lain dan lajukan kendaraan dengan pelan-pelan saja.

Jika kendaraan ambulan sudah lewat, jangan ikuti ambulan, karena lajunya sangat kencang dan bisa membahayakan keselamatan Anda kalau sopirnya mengerem mendadak.

Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada keluarga, teman, komunitas dan lingkungan Anda. Agar lebih banyak orang yang memahami kalau mendahulukan ambulan sangat penting dan harus dimengerti oleh banyak orang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close