Sun. May 26th, 2024
    Belanja di Supermarket Tidak Menggunakan Masker, Jangan Ditiru!Belanja di Supermarket Tidak Menggunakan Masker, Jangan Ditiru!

    Belanja tidak menggunakan masker masih banyak dilakukan warga ketika berbelanja di supermarket. Padahal, ditulis dengan jelas beberapa aturan  di pintu masuk, antara lain mencuci tangan pakai sabun, dicek suhu tubuh, dan pelanggan disarankan mengenakan masker. Entah karena sekedar saran, satpam membiarkan membiarkan saja setiap pengunjung memmasuki gedung meski tanpa penutup wajah yang berfungsi untuk melindungi mulut dan hidung.

    Perilaku berbelanja masa wabah COVID-19 tersebut membuktikan kalau aturan pemerintah tentang wajib mengenakan masker kain terbukti tidak dijalankan semua warga. Mereka yang tidak pakai masker pun belanja dengan santai saja dan tidak juga menjaga jarak. Seolah-olah kota tempat tinggalnya aman dari virus corona. Enggak kebayang kan, andai salah satu dari pengunjung supermarket ternyata oh ternyata adalah orang tanpa gejala. Orang yang tanpa sadar sebagai agen pembawa virus dan dapat menularkannya kepada orang lain.

    Kalau enggak perlu-perlu amat, rasanya enggak pengen pergi ke luar rumah, namun apa daya harus membeli bahan makanan yang habis setiap minggu. Kita mesti tetap waspada jangan sampai malah menjadi penyebar virus dan berhati-hati pula tertular dari orang lain. Salah satu yang harus perlu diingat, setiap orang berisiko terpapar virus corona dari droplet yang dikeluarkan dari mulut orang di sekitar kita. Oleh sebab itu, setiap kali pergi belanja ke suparmarket wajib hukumnya mengenakan masker.

    Belanja Tidak Menggunakan Masker di Supermarket Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan dari Virus Corona

    Kalau dipikir-pikir penggunaan masker itu bermanfaat bagi diri sendiri dan melindungi orang lain juga. Enggak rugi kok memakainya sebentar saja ketika sedang berbelanja. Aman dari droplet dan berbagai bakteri selama membeli kebutuhan pokok rumah tangga. Penggunaan masker itu sangat penting sebagai salah satu langkah pencegahan yang harus dilakukan oleh setiap orang.

    Saat ini, penggunaan masker kain disarankan untuk digunakan oleh masyarakat umum. Sedangkan masker madis hanya digunakan untuk dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya. Jadi, enggak ada alasan lagi tidak menggunakannya, karena barangnya sedang langka. Ada masker kain yang banyak dijual dimana-mana dan malah bisa dibuat sendiri.

    Walaupun diri kita merasa sehat wal afiat tak merasa sakit tanpa gejala apapun, tetap perlu menggunakan masker. Jangan sampai menularkan virus secara tidak sadar kepada orang lain. Ingat semua orang bisa bermanfaat bagi orang lain dan terlibat memutus mata rantai penyebaran virus corona.

    Jangan sampai kita pergi berbelanja tanpa menggunakan masker. Kalau terjangkit virus bisa ribet urusannya. Nah, apabila pernah berpergian keluar rumah dan merasakan kondisi tidak enak badan. Maka coba kenalilah gejala corona, apakah merasakan hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan demam. Jika sakit berlanjut ingin berkonsultasi dengan dokter. Ingat tidak perlu langsung ke rumah sakit, seperti yang disarankan pemerintah konsultasi dapat dilakukan secara online. Agar tenaga medis rumah sakit tidak kewalahan menangani pasien.

    Kita bisa bertanya konsultasi langsung kepada dokter online dari website Halodoc

    Halodoc adalah layanan kesehatan online yang memiliki daftar dokter pilihan terbaik sesuai bidang masing-masing. Para dokter umum bisa membantu untuk jawab dari keluhan ringan hingga bisa pula  berkonsultasi dengan dokter spesialis yang berpengalaman. Saat ini enggak susah, kita bisa chat dengan dokter bila mengeluh sakit, lalu mendapatkan penjelasan dan saran medis yang akurat dan dapat dipercaya. Selain itu, enggak perlu takut privasi kita dijamin. Enggak bakal ada orang yang tahu, kecuali kamu dan Tuhan jika terindikasi mengalami sakit tertentu.

    Jadi, bagi kamu yang harus berbelanja kebutuhan pokok ingat wajib menggunakan masker kain. Jangan ragu dan bimbang menggunakannya, daripada terserang COVID-19 kan berabeh. Konsultasikan ke dokter bila sakit, tidak perlu ke rumah sakit karena bisa dilakukan secara online. Dengarkan saran dokter dan anjuran pemerintah. Jaga kesehatan, tetap di rumah, dan cuci tangan pakai sabun.

    Baca juga : Kenapa Pemerintah Membuat Perintah Pakai Masker Setiap Hari

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *