Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kesehatan

6 Khasiat Jahe yang Bermanfatat untuk Kesehatan Tubuh

Jahe adalah salah satu tanaman rempah yang memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan yang berasal dari Asia Selatan ke seluruh dunia. Jangan heran kalau jahe sudah dimanfaatkan masyarakat China bagai penyedap makanan sejak abad ke 6 S.M. Para pedagang Arab telah mengenalkan jahe dan rempah-rempah lainnya sebagai bumbu masakan ke kawasan Mediterania sebelum abad pertama. Lalu, diperkenalkan ke Eropa.

Di Indonesia, ada tiga jenis jahe (jahe sunti, jahe gajah dan jahe emprit) yang dibudidayakan secara intensif di berbagai daerah. Jahe dimanfaatkan untuk bumbu masakan, bahan obat herbal dan bahan minuman. Sebagai bumbu masakan, kandungan zat gizi dalam jahe menjadi menu utama dan membantu melancarkan proses pencernaan. Ada berbagai khasiat jahe yang perlu kau ketahui.

Khasiat Jahe untuk Mengobati Rematik

Tahukah kamu rimpang jahe, rimpang lengkuas, rimpang kunyit, dan rimpang bangle dinyanyah, ditambah rempah-rempah. Lalu digerus dengan ditambahair dan diaduk sampai merata. Ramuanya dapat dipakai boreh.

Impoten

Dari rimpang jahe merah (pahit) dengan ditambah merica putih dan daun sirih tua (kakap) digerus. Lalu ditambah madu dan kuning telur. Setelah itu, ramuan siap untuk dihidangkan.

Batuk

Penyakit batuk dapat disembuhkan dengan jahe. Dari 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, dicuci bersih, dan direbus dengan 2 gelas air. Lalu dididihkan sampai tinggal 1 gelas.Lalu, hasil dari jahe yang direbus dan diminum 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

Khasiat Jahe Bisa Mengurangi Pegal-pegal

Silakan ambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari dan 2 gelas susu segar. Rimpang jahe dicuci bersih dan dibakar. Selanjutnya dikuliti dan dimemarkan. Jahe direbus bersama susu segar. Ramuan tersebut diminum 2 kali sehari daripagi dan sore hari dengan takaran masing-masing 1 gelas.

Kepala Pusing

Jahe diambil 3 rimpang sebesar ibu jari. Lalu, dicuci bersih, dibakar, dan dimemarkan. Setelah itu, diseduh dengan 1 gelas air dan ditambahkan sedikit madu atau gula aren. Lanjutkan dengan meminum jahe tersebut.

Khasiat Jahe untuk Mengobati Masuk Angin

Jahe diambil 3 rimpang sebesar ibu jari dan dimemarkan. Selanjutnya, masukkan ke dalam 2 gelas air bersih dan diberi sedikit gula aren. Kemudian, didihkan sekitar 15 menit sampai airnya tinggal separuh dan disaring. Ramuan jahe tersebut diminum saat kondisi hangat 2 kali sehari.

Selain itu, Jahe sebagai obat herbal memiliki khasiat dan manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Seperti : mual-mual, mabuk perjalanan, sakit saat menstruasi, nyeri lambung, asma, nyeri otot, impoten, kanker, diabetes, bronchitis, dan lainnya.

Jahe memiliki khasiat sebagai bahan obat disebabkan memiliki kandungan minyak atsiri dengan senyawa kimia aktif dalam jahe. Adapula kandungan zat gingerol dan oleoresin. Kandungannya juga digunakan untuk terapi penyakit.

Simak informasi lainnya: 5 Cara Mengenali Tubuh Kamu Sedang Mengalami Kelelahan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close