Wed. May 15th, 2024
    Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat BadanOlahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

    Tanpa banyak kegiatan, tips olahraga menurunkan berat badan perlu diketahui setiap orang. Selain melakukan diet, berolahraga menjadi cara membakar kalori untuk mengurangi berat badan. Olahraga juga memiliki banyak manfaat termasuk menjaga suasana hati, tulang menjadi lebih kuat, dan pengurangan risiko penyakit kronis. Jadi berikut 8 latihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

    Berjalan Kaki Menjadi Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

    Jalan Menjadi latihan untuk menurunkan berat badan tanpa merasa kewalahan dan tidka usah membeli peralatan. Dari studi Harvard Health, jalan kaki  bagi orang dengan  berat 70 kg dapat membakar sekitar 167 kalori per 30 menit. Bahkan studi lainnya menyebutkan berjalan kaki selama 50-70 menit  dalam 3 kali per minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang.

    Jalan sangat mudah dilakukan menjadi kebiasaan sehari hari. Cobalah berjalan kaki saat makan siang, naik tangga, atau di sekitar tempat tinggal. Upayakan berjalan selama 30 menit 3-4 kali seminggu. Anda bisa menaikkan waktu berjalan secara bertahap agar tubuh menjadi lebih bugar.

    Jogging atau Lari Bisa Menjadi Tips Olahraga Menurukan Berat Badan

    Olahraga jogging dan lari membantu menurunkan berat badan. Jogging biasanya dilakukan dengan kecepatan sekitar 4-6 mph (6,4-9,7 km / jam), sementara lari biasanya dengan kecepatan 6 mph (9,7 km / jam). Jogging dan berlari dapat membantu membakar lemak visceral yang berbahaya atau lemak perut. Karena membungkus organ internal dan terkait beragam penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

    Olahraga joging dan berlari meruakan olahraga menurunkan berat badan yang dilakukan di mana saja dan mudah. Sehinggi, bisa menjadi kegiatan rutinitas Anda. Tidak usah lama-lama, coba memulaijogging selama 20–30 menit sekitar 3–4 kali per minggu. Kalau merasa jogging atau berlari di luar rumah menjadikan persendian Anda keras. Bisa dicoba cara lain, coba berlari di permukaan yang lebih lembut seperti rumput. Tidak ada salahnya juga, lari dengan treadmill yang memiliki bantalan yang membuat persendian lebih nyaman.

    Bersepeda

    Banyak orang menyukai olaraga sepeda. Olaraga sepeda sangat digemari karena dapat meningkatkan kebugaran tubuh dna menurunkan berat badan. Selain di luar ruangan, olahraga juga bisa dilakukan di gym dan pusat kebugaran. Tidak ada salahnya bersepeda sambil tetap berada di dalam ruangan. Menurut Harvard Health, bagi orang dengan berat 70 kg, bersepeda dapat membakar sekitar 260 kalori per 30 menit dengan kecepatan sedang menggunakan sepeda statis.

    Manfaat olahraga sepeda lainnya, seseorang dapat memiliki kebugaran, peningkatan sensitivitas insulin, dan lebih renda risiko penyakit jantung, dan kanker. Bersepeda sangat bagus bagi orang-orang yang ingin membuat tubuh bugar. Olahraga sepeda juga memiliki risiko rendah dan dapat menghilangkan stres.

    Yoga

    Latihan yoga dikenal sebagai olahraga menurutkan berat badan yang dapat menghilangkan stres. Meski tidak dikenal sebagai latihan penurunan berat badan. Namun, olahraga ini dapat membakar banyak kalori dan mendorong penurunan berat badan. Harvard Health menyebutkan seseorang dengan berat badan 70 kg dapat membakar 149 kalori dalam 30 menit berlatih yoga.

    Yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Selain membakar kalori, penelitian menyatakan bahwa yoga dapat mengajarkan kewaspadaan, mengontrol makan berlebih, dan lebih mengenal sinyal kebutuhan makanan pada tubuh. Ada banyak pusat kebugaran menawarkan kelas yoga, tetapi dapat dilakukan di mana saja termasuk di rumah sendiri.

    Olahraga Mengangkat Beban

    Orang yang melakukan latihan mengangkat beban dapat menurunkan berat badan. Diperkirakan oleh Harvard Health bahwa seseorang dengan berat badan 70 kg dapat  membakar sekitar 112 kalori  dalam waktu 30 menit latihan beban. Latihan beban dapat membangun membangun kekuatan dan pertumbuhan otot. Kondisi metabolisme pun terjaga. Beberapa penelitian menyebutkan setelah melakukan latihan beban, kalori tubuh akan terbakar lebih baik dibandingkan dengan latihan aerobik.

    Baca juga : 3 ALASAN KENAPA BILIK DISINFEKTAN DILARANG DIGUNAKAN OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *