Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Kesehatan Masyarakat

Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Artikel ini menguraikan tips menambah berat badan dengan cepat dan cara yang sehat. Tahukah Anda berdasarkan data Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun  2016, 20,7 persen penduduk dewasa di atas umur 18 tahun mengalami kegemukan atau obesitas.

Obesitas adalah kondisi kronis dalam tubuh terjadinya penumpukan lemak yang sangat tinggi, karena asupan kalori lebih banyak dibandikan membakar kalorinya. Sehingga, kalori berlebihan itu semakin menumpuk berupa lemak dalam tubuh.

Namun, kebalikan dari obesitas, ada banyak orang memiliki tubuh yang terlalu kurus. Kekurangan berat badan sama saja buruknya bagi kesehatan.

Baca juga: Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Sudah tahu belum?

Apa Maksud Sebenarnya dari Kekurangan Berat Badan?

Kekurangan berat badan adalah kondisi manusia memiliki indeks massa tubuh (BMI) di bahwa ukuran normal. Beberapa orang memang memiliki postur tubuh sangat kurus, namaun tetap sehat. Konsekuensi dapat meningkatkan risiko kematian dini, mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, menyebabkan osteoporosis, dan patah tulang.

Kekurangan berat badan terjadi, disebabkan, antara lain:

Gangguan makan: seperti anoreksia nervosa, gangguan mental yang serius.

Masalah tiroid: Memiliki tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

  • Diabetes: Memiliki diabetes yang tidak terkontrol (terutama tipe 1) dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah.
  • Kanker: Tumor kanker sering membakar sejumlah besar kalori dan dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak berat badan.
  • Infeksi: Infeksi tertentu dapat menyebabkan seseorang menjadi sangat kurus, antara lain seperti terkena parasit, TBC dan HIV / AIDS.
  • Jika Anda kekurangan berat badan, Anda mungkin ingin ke dokter untuk mengesampingkan kondisi medis yang serius.

Sehingga, orang yang mengalami kekurangan berat badan sepatutnya memeriksakan diri ke dokter, sebelum terjadi penyakit yang serius. Selain itu, penambahan berat badan harus dilakukan dengan serus agar melakukannya dengan benar.

Kekurangan berat Badan Mengganggu Kesehatan. Apabila Anda mengalami kekurangan berat badan, maka perlu upaya menikkannya dengan cara yang benar. Anda misa memulai hidup lebih baik dengan makan makanan nan sehat dan menjalankan kebiasaan hidup sehat secara konsisten.

Baca juga: Katamu Cinta Adalah Pintu Kebahagiaan, Tidak Bagiku…

Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat tanpa Merusak Kesehatan

Anda perlu mengetahui tips menambah berat badan lebih efektif dengan cara cepat, namun tidak merusak kesehatan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti mengonsumsi makanan dengan asupan kalori tinggi dan membiasakan olahraga seperti angkat beban untuk menambah kekuatan otot. Beberapa cara menambah berat badan lainnya, antara lain:

  • Jangan minum air sebelum makan. {Perut yang diisi air lebih dulu membuat tubuh kesulitan memperoleh kalori yang cukup.
  • Makan lebih sering. Sediakan makanan tambahan atau camilan dan konsumsi seperlunya.
  • Minum susu. Susu murni untuk menjadi cara cepat untuk memperoleh protein dan kalori berkualitas tinggi.
  • Makan dengan piring yang lebih besar. Pirang yang ebih besar sebagai upaya unuk makan demi mendapatkan lebih banyak kalori. Piring yang kecil membuat orang otomatis makan lebih sedikit.
  • Tambahkan krim ke kopi Anda untuk menambah lebih banyak kalori.
  • Tidurlah secukupnya dengan benar, karena sangat penting untuk pertumbuhan otot.
  • Konsumsilah proteinlebih dahulu dan sayuran dimakan selanjutnya.  Apabila Anda mengonsumsi makanan kaya kalori dan padat protein sangat baik bagi tubuh Anda.
  • Jangan merokok. Perokok cenderung memiliki berat badan lebih rendah daripada bukan perokok. Orang yang berhenti merokok sering mempengaruhi kondisi berat badan.

Beberapa tips menambah berat badan dengan cepat, sepertiminum susu, latihan mengangkat beban, makan lebih sering. Namun, Anda perlu memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close