5 Tips Bangun Pagi Sehat Demi Menjemput Mentari

tips bangun pagi sehat 3
tips bangun pagi sehat 3

Banyak orang ingin menjemput mentari, namun tidak mengetahui tips bangun pagi sehat. Sementara, alarm tidak cukup ampuh untuk memulai hari lebih awal. Ada pula orang bela-belain beli alarm dengan niatan dapat mengubah jam tidurnya. Tetapi apa daya godaan tidur masih lebih kuat dibandingkan gangguan suara alarm. Akhirnya ya telat bangun juga.

Padahal kunci bangun pagi itu, bukan soal kerasnya bunyi alarm, tetapi kuncinya pada tubuh kamu. Kalau kata peneliti tentang “tidur” bernama Leon C. Lack dari school of psychology at Flinders University in Adelaide, Australia, “faktor penting tips bangun pagi sehat dengan mudah itu adalah ritme atau “jam tubuh” seseorang.

Beberapa hal yang perlu dilakukan seperti bangun tepat waktu, merencanakan jadwal tidur, hingga membuat pagi lebih berarti. Kata bung Rhoma juga, begadang jangan begadang kalau tiada artinya.

Catatan penting dari National Institutes of General Medical Sciences (NIGMS) menyatakan bahwa jam internal tubuh terletak di otak yang mengatur ritme dan membantu menentukan pola tidur selama periode 24 jam. Perubahan waktu siang dan malam mempengaruhi pola hidup kita setiap hari.

Namun, ada kok caranya mengatur ulang sistem jam tubuh untuk memperoleh waktu tidur yang lebih baik dan bangun pagi lebih sehat.  Faktor fisiologis dan psikologis ikut berperan dan kamu harus mematuhi jadwal tidur yang konsisten tidur, agar bangun pada waktu yang sama setiap hari. Nah, saatnya mencoba tips bangun tidur sehat yang diuraikan dalam penjelasan berikut ini.

Baca juga: Tips Menghindari Penuaan Dini dan Menjaga Kulit Halus Wajah Kamu

Ketahui Alasan Anda Ingin Meningkatkan Rutinitas Bangun Anda

Menikmati pagi dengan bersenandung bersama semesta.
Menikmati pagi dengan bersenandung bersama semesta. Model: Toed

Hidup selalu mempunyai tujuan, termasuk ketika mengatur jadwal tidur. Kamu mungkin tidak punya alasan yang jelas kenapa bangun pagi menjadi penting bagi hidup  Anda. Maka bangun motivasi bangun tepat waktu, misalnya agar bisa sarapan bersama keluarga, berolahraga, ingin melihat mentari pagi.

Setelah memiliki alasan yang jelas, katakan pada orang di sekitar atau keluarga kamu kalau ingin mengubah jadwal tidur dan ingin bangun lebih pagi. Secara tidak langsung, orang terdekat kamu akan membantu untuk mengingatkan agar rajib bangun lebih awal. Ya bisa dibilang menjadi “Alarm Kehidupan” buat kamu.

Tips Bangun Pagi Sehat dengan Kenali Jam Tubuh kamu Lebih Baik

Menikmati Pagi Bersama Teman-Teman
Menikmati Pagi Bersama Teman-Teman oke juga: Foto: Sabumi Volunteer.

Tubuh memiliki kemampuan untuk mengatur perubahan jam tidur yang sedang dilakukan, seperti mengatur suhu tubuh, detakan jantung, hingga mengatur aliran darah sebelum waktu tidur reguler kamu. Dr. Lack menjelaskan bawah siklus tidur akan mulai membuat perubahan bangun pagi secara bertahap.

Salah satu cara mencari tahu “jam tubu” kamu adalah dengan mencari cara paling cocok untuk mengatur waktu tidur yang konsisten. Tetaplah berupaya bangun pada waktu yang sama dalam beberapa minggu, begitu pula pada akhir pekan. Untuk mengetahui seberapa baik tubuh Anda merespons perubahan pola jam tidur. Pada awal-awal, kamu akan merasa kesulitan mengatur waktu mulai tidur dan membuat diri kamu harus bangun lebih awal.

Matikan Semua Perangkat Digital Termasuk Televisi Sebelum Tidur

Bagian penting jika ingin bangun lebih awal adalah memulai tidurnya juga diatur lebih cepat. Upayakan mematikan semua peralatan yang kamu miliki, seperti handphone, laptop, dan televisi. Hingga, tidur kamu lebih aman tanpa gangguan suara apapun. Matikan semuanya setidaknya satu jam sebelum tidur. Berlama-lama di depan televisi sebelum tidur dapat menyulitkan kamu untuk memulai waktu tidur.

Nah, setelah dapat bangun tidur awal. Lalu keluar dari rumah dan berjalan kaki menyambut sinar matahari pagi untuk membangun suasana hati dan waktu tidur yang lebih baik.

Waktunya Mengatur Ulang Kebiasaan Malam kamu

Cara kamu menghabiskan malam dapat mempengaruhi jam tidur. Kamu perlu mengatur ulang beberapa kegiatan pada malam hari. Buang kegiatan yang mengakibatkan kurang tidur. Kamu dapat memilih lebih baik menghabiskan malam sampai laurt atau memulai tips bangun pagi sehat dan membuat tubuh lebih sehari.

Sebagian pekerja keras atau terbiasa kerja mungkin takut kehabisan waktu, tetapi malah membuat waktu tidur tidak cukup. Cobalah mengatur beban pekerjaan dan berhenti berkerja hingga laurt malam. Bagi pekerjaan kamu dengan rekan kantor, sehingga berkerja tidak menjadi beban hidup kamu.

Baca juga: Harapan Hampa yang Memainkan Rasa

Periksa Ke Dokter Jika Memiliki Gangguan Tidur

Apabila kamu memiliki gangguan tidur atau  masalah kesehatan yang bisa membuat kurang tidur. Cobalah periksa ke dokter. Tidak peduli seberapa keras kamu mencoba tidur tepat waktu dan bangun awal waktu namun terlalu dipaksakan, kamu akan tetap merasa kelelahan pada pagi hari karena memiliki gangguan pada pola tidur Anda. Ceritakan ke dokter bahwa kamu memiliki masalah yang membuat kesulitan tidur.

Setelah membaca tips bangun pagi sehat di atas, coba satu per satu strategi tersebut selama satuminggu dan lakukan secara konsisten. Apbila kamu berhasil melakukannya, maka pertahankan hingga menjadi kebiasaan dan pola bagi jam tubuh kamu. Kalau gagal, cobalah beberapa cara dan kuatkan niat untuk bangun tidur lebih pagi. Yakinlah bangun tidur lebih awal akan baik bagi tubuh kamu.

 

Baca lebih lengkap di link berikut ini: Tricks for Waking Up Earlier in the Morning

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Berbuat Baik dalam Islam Melapangkan Dada - Sabumi Sukabumi
  2. 5 tips Jitu Mengisi Waktu Luang Pengangguran - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.