Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Kesehatan Masyarakat

Obat Tradisional dari Rempah yang Terdapat di Dapur Rumah Anda

Indonesia begitu kaya dengan obat tradisional dari rempah dan sebagian berada di dapur Anda. Sebagian dari Anda mungkin biasa menggunakannya untuk obat, bagian dari bumbu masakan, hingga minuman. Jamu adalah contoh racikan minuman tradisional yang sangat terkenal dan berkhasiat diolah dari rempah-rempah.

Sayangnya sebagian dari kita sudah lupa penggunaan obat tradisional dari rempah. Meski, bahan rempah itu terdapat di dapur Anda. Rempah-rempah tersebut bisa menjadi obat yang bisa diperoleh dengan cepat karena terdapat di dapur. Ada beberapa rempah yang umumnya terdapat di dapur dan berkhasiat bagi kesehatan.

Kunyit Obat Tradisional dari Rempah Sekaligus Menjadi Bahan Masakan di Dapur Anda

Kunyit biasanya digunakan untuk masakan, seperti untuk membuat gulai, kari, soto kuning, pepes ayam, dan perendam ikan goreng.

Ramuan kunyit yang terdapat dalam masakan Anda tersebut dapat menjadi obat untuk mencegah dan memperbaiki luka lambung. Kunyit mengandung kurkumin merupakan zat kuning yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Para wanita juga biasa menggunakan kunyit untuk obat haid sejak dulu.

Jahe Selalu Menjadi Bumbu Masakan

Sama halnya denga kunyit, jahe kerap digunakan sebagai bumbu penting untuk memasak gulai, rendang, soto, hingga minuman hangat seperti wedang.

Jahe mengandung senyawa camphene, bisabolene, curcumene dan lainnya yang baik bagi stimulan pernapasan dan jantung. Obat tradisional dari rempah ini dapat digunakan untuk menyembuhkan rematik, disentri, malaria, batuk, dan merangsang nafsu makan.

Kencur Ampuh untuk Batuk

\r\nBagi yang suka masakan urap, pecel, rempeyek, dan nasi goreng biasanya menggunakan kencur jadi bumbunya. Kencur sangat ampuh untuk menghilangkan batuk dan menghangatkan badan. Selain itu, dapat membantu membuang angin dari lambung dan membuat pernapasan lega.

Daun Serai Baik Bagi Pencernaan

\r\nDaun serai merupakan rempah yang digunakan untuk masakan soto, rendang, gulai, dan lodeh. Kandungan dari daun serai seperti Citranelal, Citral geraniol dan eugenol menjadi senyawa yang bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, sakit ngilu, nyeri lambung, diare dan lain-lain.

Ekstrak daun serai juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah perut kembung, dan mengurangi tekanan darah.

Merica Bahan Wajib untuk Masak Sup dan Sapi Lada Hitam

Bumbu merica menjadi bahan wajib membuat aneka sup dan masakan sapi lada hitam. Merica terdiri dari dua jenis, yaitu merica hitam dan merica putih. Bedanya, merica putih kulitnya sudah dikupas dan merica hitam masih memiliki kulit.

Merica hitam memiliki aroma lebih kuat. Minyak atsiri pada merica hitam bermanfaat untuk mencegah haid tidak teratur, masuk angin, demam, dan tekanan darah rendah.

Kesimpulan

Rempah dapat digunakan untuk bumbu masakan sekaligus bermanfaat bagi kesehatan. Ketika bumbu-bumbu masakan tradisional tersebut digabungkan dalam makanan dan dicerna, maka memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Sayangnya, sebagian dari kita sudah melupakan bumbu khas Indonesia ini. Apalagi mulai tidak mengetahui manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan kita.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close